Desember 5, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Ingin lebih banyak lalu lintas di Google Penelusuran? Fokus pada Data Web Inti!

Google Penelusuran iPhone

Memiliki trafik yang banyak tentu menjadi keinginan semua pemilik website. Salah satu caranya adalah dengan tampil di hasil pencarian Google Untuk kata kunci yang berhubungan dengan konten website.

Setiap hari, Google menampilkan 8,5 miliar pencarian dari pengguna di seluruh dunia. Dengan memastikan performa website bisnis dioptimalkan untuk customer experience, Google membuka peluang besar bagi website untuk muncul di pencarian teratas.

Pada acara WordCamp Grecian pada 9 November 2022, Ian Hung, konsultan lingkungan Google, mengatakan, “Google secara aktif membantu pengguna, termasuk pemilik situs web, memahami cara kerja berbagai hal. Cari di Google Pastikan situs web mereka disertakan dalam cantuman penelusuran menggunakan data vital web inti.

Pada Mei 2020, Google memperkenalkan Data Web Inti sebagai panduan untuk menilai aspek utama situs web yang harus disertakan dalam penelusuran Google. 3 aspek tersebut adalah Large Content Paint (LCP) atau kecepatan loading website, First Input Latency (FID), yaitu respon elemen halaman website baik atau buruk, dan Overall Layout Shift (CLS) atau kestabilan tata letak halaman website.

Pentingnya Mengikuti Panduan Bios Internet Esensial

Google, melaporkan dari blog Niagahoster, mengatakan bahwa jika pemilik situs web meningkatkan tiga aspek vital web inti, pengunjung 24 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggalkan situs web. Tidak hanya itu, core web vitals juga mempengaruhi performa SEO sebuah website.

“Dari sudut pandang pengguna web, tentu saja mereka berharap memiliki pengalaman web yang cepat dan efisien. Mereka menjelajahi web karena ingin menghindari antrean offline, sehingga tidak harus berurusan dengan ‘antrian’ online,” kata Ian Hung di Gresik WordCamp 2022.

Core Web Vitals membantu pemilik situs, termasuk situs bisnis, menyelaraskan pengoptimalan situs dengan pengalaman pengguna sehingga memenuhi persyaratan untuk muncul di penelusuran Google. Alhasil, website akan berkembang dengan baik dan menghasilkan konversi yang menguntungkan bagi website bisnis tersebut.

READ  Talent show MLBB terbaru resmi dibatalkan, apa?

Setiap fitur di Core Web Vitals memiliki indikator peringkatnya sendiri yang dikumpulkan Google sebagai peringkat untuk menempatkan situs web di hasil penelusuran penggunanya.

Membangun situs web yang sehat

Ian menjelaskan core web vitals juga menjadi metrik penting untuk menentukan website yang sehat sehingga Google dapat mempercayai website tersebut untuk tampil sebagai salah satu hasil pencarian pengguna Google.

“Ketika kita membuka sebuah website, kita tentu tidak ingin menunggu lama untuk loading. Jika elemen utama di website membutuhkan waktu lebih dari 4 detik untuk muncul, Google menilai website tersebut buruk untuk dimuat. Loading main website element (LCP) kurang bagus seperti FID dan CLS, akan berdampak pada aspek lain,” ujarnya.

Google menawarkan SiteKit untuk menyederhanakan pengoptimalan situs web menurut Core Web Vitals untuk pengguna WordPress. Site Kit adalah plugin resmi dari Google yang membantu pengguna WordPress memahami bagaimana kinerja situs web mereka dan perlu dioptimalkan, serta menawarkan opsi monetisasi konten.

Bagi pengguna WordPress yang menggunakan layanan Nyagahoster, tidak perlu bingung karena Nyagahoster memiliki Akselerator WordPress yang membantu situs web mendapatkan skor Core Web Vitals lebih dari 90 setelah mengaktifkan fitur tersebut. Sehingga website tersebut akan muncul di pencarian google.




Konten yang dipromosikan


Video khusus