September 18, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Selasa

Ini adalah bagian terbesar dari Mars yang telah jatuh ke Bumi

Jakarta

Bagian Selasa Yang terbesar jatuh ke bumi, dipamerkan untuk pertama kalinya ke publik. Bagian Mars ini memiliki berat 14,5 kg dan lebar 25 cm.

Inventaris bahan ini dirilis minggu ini di Museum Mineral dan Permata Tambang di Bethel, AS. Situs ini juga berisi sekitar 6.000 batuan luar angkasa, termasuk area batuan bulan terbesar dan batuan vulkanik tertua yang terbentuk dari aktivitas vulkanik di tata surya.

Dikutip dari live science, formasi batuan berakhir di Bumi setelah meletus dari permukaan asteroid atau komet besar Selasa.

“Batu Mars jatuh ke Bumi sebagai meteorit. Mereka dikeluarkan dari Mars oleh peristiwa dampak energi yang besar,” kata Carl AG, direktur Institut Meteorologi di Universitas New Mexico.

Mars Rock, bernama Dwight Denny 002, adalah meteorit Mars pertama yang belum dipotong dan dipotong di Bumi. AG melibatkan dirinya dalam memastikan bahwa batu itu berasal dari planet merah.

Fragmen meteorit Mars. Foto: Museum Mineral dan Permata Maine

“Ada sekitar 300 batuan Mars di Bumi, totalnya 227 kg. Namun, kolektor sering memecahnya untuk menjualnya secara terpisah, sehingga jumlah sebenarnya meteorit Mars yang diketahui di Bumi antara 100 dan 150,” kata AG.

Setelah memancarkan batu dari Mars, mereka mengalir ke luar angkasa dan akhirnya mengorbit Bumi mengelilingi Matahari.

Sebelum dealer meteorit terkenal di dunia Daryl Pitt membelinya untuk Maine Mineral and Gem Museum pada April 2021, seorang pemburu meteor lokal menemukan Taoudenni 002 di dekat tambang garam gurun di Mali.

“Kejatuhan meteorit belum diamati, tetapi mungkin terjadi baru-baru ini, mungkin karena kondisi yang terpelihara dengan baik selama 100 tahun terakhir,” kata AG.

READ  Ketahuilah bahwa inilah proses terjadinya hujan, lengkap dengan penjelasannya

Pitt, yang menerima meteorit di Mali, mengirim sampel kecil batu itu ke Aji untuk memastikan penampilannya. Meteorit Mars mengandung beberapa tanda kimia, dan bijih serta elemen di Dowdney 002 kompatibel dengan bijih Mars yang terkenal.

“Itu jenis utama meteorit Mars, Sherkotite. Batuan ini mengandung mineral olivin, piroksen, dan feldspar, yang berasal dari tumbukan Mars,” kata AG.

Komposisi meteorit menunjukkan bagaimana batu itu dibuat. Kemungkinan besar terbentuk dalam episode vulkanik di Mars 100 juta tahun yang lalu.

“Bahkan bebatuan Selasa Yang lebih besar mungkin tersembunyi di dalam tanah, terkubur di bawah bukit pasir di Sahara atau jauh di dalam es di Antartika, atau mungkin di dasar lautan.

Tonton video “Saat traveling ke Mars, kemana saja tujuannya?
[Gambas:Video 20detik]
(rns / fyk)