Mei 29, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Inilah perbedaan antara sistem penggerak AWD dan 4WD

Jakarta, KOMPAS.com – Di kendaraan roda empat, biasanya ada empat Sistem impuls Roda yang digunakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan Mobil Itu.

Menurut Managing Coordinator Divisi Technical Services PT Astra Daihatsu Motor (ADM), saat ini ada empat sistem operasi yang umum digunakan.

Ada empat sistem operasi Penggerak roda depan (FWD), Penggerak roda belakang (RWD), Penggerak semua roda (AWD), Dan Penggerak empat roda (4WD)

Baca selengkapnya: Cari tahu keunggulan mobil dengan sistem penggerak roda depan

“FWD adalah mobil dengan penggerak dua roda yang menggunakan penggerak roda depan,” kata Bambang kepada Kompas.com. Menurut RWD, tenaga yang dihasilkan oleh mesin ditransmisikan ke roda belakang melalui persneling.

AWD dan 4WD seringkali dianggap identik karena kedua sistem penggerak tersebut dapat menggerakkan keempat roda mobil secara bersamaan. Namun, ternyata ada perbedaan cara kerja kedua sistem impuls ini.

Kompas.com/Setyo Adi Kompas.com menjajal SUV Hyundai Polyset Signature AWD. Hyundai menawarkan kenyamanan dan fitur unik dari kendaraan premium

1. AWD

Pada mobil AWD, sistem menggerakkan semua roda saat mobil berjalan. Sistem penggerak AWD beroperasi di semua roda, apa pun medannya.

Karena berjalan di semua roda, mobil yang menggunakan AWD umumnya menggunakan bahan bakar lebih banyak daripada mobil lain.

“Pengemudi tidak bisa memilih hanya menyalurkan tenaga roda dua atau roda empat karena sistem ini bersifat permanen untuk roda empat,” kata Pambang.

Umumnya mobil yang menggunakan sistem penggerak ini adalah mobil jenis SUV.

Baca selengkapnya: LSUV paling laris tahun 2021 adalah Toyota Rush bekas Rp 90 jutaan.

2. 4WD

Seperti AWD, sistem penggerak 4WD beroperasi pada keempat roda mobil secara bersamaan. Namun, pengguna bisa mengatur roda yang digunakan sebagai penggerak. Sesuai dengan kebutuhan waktu.

READ  Alur pembuatan sim motor CI dan CII ada disini

Distribusi tenaga ban pada mobil dengan sistem penggerak 4WD dapat diatur antara 4×4 (semua roda) atau 4×2 (dua roda).

Mobil Dengan sistem penggerak ini, pengemudi bisa memilih untuk menyalurkan tenaga ke roda dua atau langsung ke roda empat secara bersamaan,” kata Pambang.

Misalnya, pengguna dapat mengatur baik roda depan maupun roda belakang untuk dikendarai, seperti FWD dan RWD. Pengguna mobil dapat mengatur keempat roda untuk beroperasi secara bersamaan, mirip dengan AWD.

Karena distribusi dayanya yang dapat disesuaikan, mobil yang menggunakan sistem penggerak 4WD biasanya digunakan untuk menavigasi medan kasar atau off-road.

Dapatkan pembaruan pesan pilihan Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Jom join team telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, Kemudian bergabung. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.