September 28, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Intip ‘kuburan’ pesawat di Thailand, ada jet pribadi seharga Rp 1,8 triliun! : Pelayaran ke Laut

SEBUAH Ada sebuah tempat di Thailand yang disebut ‘Makam Pesawat’. Dua jet pribadi senilai Rp1,8 triliun dicopot dan dibiarkan begitu saja. Sementara itu, puluhan pesawat militer tampak terbengkalai hingga berdebu dan berkarat.

Makam penerbangan ini menjadi salah satu tempat wisata teraneh di Asia Tenggara. Ratusan pengunjung membayar rata-rata Rs. 122.000 bersedia membayar.

Sementara sebagian besar bagian dalam pesawat telah dihilangkan, puing-puing berserakan di sekitar pesawat. Meskipun tidak lagi dapat diterbangi, investor memikirkan cara yang tidak konvensional untuk menggunakannya kembali.

Pada satu titik, dua pesawat, yang dioperasikan oleh Orient Thai Airlines, akan menjadi bar luar ruangan. Namun, proyek tersebut gagal ketika seorang pengusaha yang membiayai proyek tersebut bangkrut.

Fotografer Dax Ward, yang telah mengunjungi situs itu sebelumnya, membahas kesepakatan bisnis yang gagal dengan kecelakaan pesawat itu.

(Foto: TripAdvisor)

“Pesawat itu diperkirakan telah diletakkan di sana beberapa tahun lalu oleh seorang investor asing yang ingin membangun bar luar ruangan khusus untuk digunakan sebagai panggung band dan ruang tunggu kru bar,” kata Ward.

“Setahu saya, belum ada rencana untuk pindah lahan padahal harganya sangat mahal,” imbuhnya.

Setelah nomor registrasi pesawat dicat ulang, sulit untuk memahami kapan akan dilantik ke dalam layanan atau pensiun.

Puing-puing dari pesawat pribadi di Thailand

(Foto: TripAdvisor)

“Banyak sekali mainan dan barang-barang pribadi lainnya berserakan, ditinggalkan oleh warga yang tinggal di sana dengan berbagai alasan, hingga hampir terasa seperti lokasi kecelakaan,” jelasnya.

Tiga keluarga Thailand dilaporkan telah pindah ke reruntuhan pesawat yang ditinggalkan dalam beberapa tahun terakhir. Mereka mulai menagih turis yang ingin melihat rumah mereka yang tidak biasa.


Sementara itu, bukan hanya jet pribadi yang ditinggalkan pemiliknya. Lebih dari 4.000 pesawat militer dibiarkan berkarat di tempat barang rongsokan besar di Tuscon, Arizona, AS.

READ  Virus mengikat wanita itu dan mengetuk mulutnya di pesawat, yang dikatakan oleh pramugari

Dikenal sebagai The Boneyard, ‘kuburan’ yang terletak di luar Pangkalan Angkatan Udara Davis-Manthan adalah rumah bagi pesawat yang ditinggalkan.

Puing-puing dari pesawat pribadi di Thailand

(Foto: TripAdvisor)

Situs ini menampung pesawat non-militer yang dilelang oleh Aerospace Maintenance and Reclamation Center (AMARC). Bagian pesawat mungkin rusak, terkelupas atau diproduksi ulang dari logam cair.

Situs tersebut, yang dianggap sebagai ‘kuburan’ pesawat terbesar di dunia, dipilih karena lokasinya. Iklim Arizona yang kering membutuhkan waktu lama untuk mengistirahatkan pesawat.