Februari 5, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Isu reklame Puan yang bertebaran di kawasan bencana Semeru dinilai tidak etis karena pihak tidak memasangnya.

KOMPAS.com – Baliho pimpinan DPR RI Buan Maharani bertebaran di jalan menuju lokasi bencana erupsi Chemeru di Jakarta. Lumajang, Jawa Timur.

Papan reklame bertuliskan “Air matamu, air mataku, kegembiraanmu, kegembiraanku. Saatnya bangun dan menatap masa depan.”

Foto Bhuvan dapat dilihat di latar belakang dengan gambar pengungsi dari letusan Gunung Chemaru.

Sebuah baliho dengan wajah Buan muncul di akhir pekan sebelum Ratu Buan tiba di lokasi bencana pada Senin (20/12/2021) untuk menawarkan bantuan.

Baca selengkapnya: Reklame Puan Maharani di Kawasan Bencana Ledakan Chemro Dianggap Tidak Etis, PDI-P: Kami Tidak Mengerti

Dianggap tidak etis

Komarudin, salah satu relawan erupsi Gunung Chemaru, mengatakan, di lokasi bencana terdapat banyak papan reklame di jalan kecamatan Basirian dan Contebro.

Gomer menilai reklame di lokasi bencana tidak etis.

Informasi, inspirasi dan Intelijen Dari Surel Anda.
Registrasi Surel

Saat dihubungi Kompas.com pada Selasa (21/12/2021), dia mengatakan, “Saya tidak tahu kapan reklame itu tiba-tiba dipasang pada pagi hari.”

Menurutnya, baliho yang dipasang tidak boleh menunjukkan kepribadian Ratu Buan. Namun juga menunjukkan semacam kepedulian terhadap mereka yang terkena dampak erupsi Gunung Semaru.

“Misalnya baliho milik NU dan Zakat menampilkan bendera yang menunjukkan jalan atau arah keluar saja,” jelasnya.

Baca selengkapnya: Mengenai baliho di Lumajang, para relawan mengatakan ada pihak yang ingin nyaman dengan Selvi.

Klaim tidak ditetapkan oleh pihak

Dokumen / DPR Ketua DPR Buan Maharani pada Senin (20/12/2021) bekerja untuk Kabupaten Lumajang di Jawa Timur meninjau lokasi evakuasi warga yang terkena dampak letusan Gunung Chemaru.

Sementara itu, DPC PDI-P mengatakan baliho tersebut tidak dibuat dan dipasang oleh partai dan dipasang oleh relawan Bhuan Maharani.

READ  Viral Gajah Terekam Nyeberang di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

“Kami tidak mengerti, kami sudah memasang papan reklame selamat datang untuk Bu Nyonya sebagai anggota DPR RI,” kata Bukasan, sekretaris DBC PTI-P Lumajang, Kamis. Kompas.com Melalui telepon pada Selasa (21/12/2021).

Partainya melakukan lebih buruk dari yang diharapkan dari jajak pendapat, yang melihat mereka mendapatkan sekitar dua pertiga dari dukungan.

Baca selengkapnya: Kritik reklame Bhuan Maharani di daerah bencana, Formapi: Pencitraan, Ternyata Tidak Berfungsi

Jumlah papan reklame ucapan tidak banyak dan dikatakan hanya ada di distrik Pronozyvo.

Ia menduga reklame Bhuvan yang bertebaran di lokasi bencana mungkin merupakan ulah para relawan dan teman-teman Bhuan Maharani.

Dugaan itu bermula dari fakta bahwa papan reklame itu memiliki lambang sukarelawan Poon Maharani.

“Kalau partai hanya menyambut baliho, yang lain saya tidak mengerti, saya kira relawan,” tambahnya.

Menurut Fukushan, Ratu Bhuvan memiliki relawan sendiri dan tidak disponsori oleh PDI-P.

“Kami tidak tahu apakah Mbak Puan sudah memiliki komunitas di luar struktur partai karena bukan dalam rangka berinteraksi dengan komunitas juang Mbak Puan,” jelasnya.

Baca selengkapnya: Kritik reklame Bhuvan di lokasi bencana erupsi Chemro, Formapi: Jangan pakai politik koboi

Banyaknya reklame tidak mempengaruhi PDI-P

Pemimpin DPR RI Buan Maharani berfoto bersama beberapa pendukungnya di pelataran Makam Pung Karno Kota Plidor, Senin (20/12/2021) malam.KOMPAS.COM/ASIP HASANI Pemimpin DPR RI Buan Maharani berfoto bersama beberapa pendukungnya di pelataran Makam Pung Karno Kota Plidor, Senin (20/12/2021) malam.

Buchanan memperkirakan banyak reklame Bhuvan di lokasi bencana tidak berdampak pada PTI Lumajang.

Menurutnya, Ibu Maharani berkunjung ke lokasi bencana untuk memberikan berbagai bantuan kepada para korban bencana alam.

Termasuk pembagian kartu BPJS ketenagakerjaan untuk relawan.

Buan juga mengunjungi dapur umum dan memberikan pengobatan trauma dan bantuan makanan.

Baca selengkapnya: Billboard Bhuan Maharani bertebaran di lokasi bencana erupsi Chemur, relawan : banyak

READ  Kirim AS Roma kalahkan EUCL 2022, Jose Mourinho jadi pelatih tersukses dengan 5 trofi Piala Eropa

Selain itu, menurut Fukushan, saat berkunjung ke lokasi bencana, Permaisuri Buan berjanji akan mengawasi perbaikan infrastruktur yang rusak.

Karena itu, dia menilai anggaran untuk reklame tidak sebanding dengan bantuan yang diberikan Buan.

“Kalau Ibu Puan datang tanpa apa-apa, pasti ada pengaruhnya,” ujarnya.

Ada pihak yang ingin membuat Ms.

Presiden DPR RI Buan Maharani pada Senin (20/12/2021) mengunjungi lokasi letusan Gunung Semeru KOMPAS.COM/Dokumentasi Tim Ketua DPR RI Presiden DPR RI Buan Maharani mengunjungi lokasi letusan Gunung Semeru pada Senin (20/12/2021)

Andyando, Koordinator Presidium Pusat Poros Prabo Buan, menilai Buan tidak mendirikan baliho bergambar Ketua DPR Buan Maharani di sekitar lokasi letusan gunung Chemaru di Jawa Timur.

Menurutnya, baliho tersebut didirikan oleh pihak-pihak yang membuat patung Bhuvana. Antiando mengatakan pimpinan DPP PTI-P harus dikenal di sekitar daerah bencana.

Saat dihubungi Kompas.com, Selasa (21/12/2021), Andianto mengatakan, “Saya sangat mengenal Mbak Puan, jadi sepertinya tidak mungkin memasang reklame Mbak Puan.”

Mengaku mengenal Bhuvana, putri Megawati Sokornoputri itu datang ke Lumajang dan meyakini dirinya tulus dan ikhlas membantu warga yang terkena dampak letusan gunung tersebut.

Baca selengkapnya: Buan: Perpindahan yang jauh akan menyulitkan warga Semeru untuk mencari nafkah

Selain itu, dia meyakini perempuan di Lumajang itu menyemangati warga di sana dengan datang langsung ke Lumajang.

Berdasarkan penilaian tersebut, Antiando menilai pihak yang memasang reklame tersebut kurang memahami dan mengenal dekat Ratu Buan.

Di sisi lain, Andianto mencatat, pemasangan reklame tersebut jelas tidak simpatik kepada para korban erupsi dan memiliki tujuan khusus untuk merongrong Bhuvan di Pilpres 2024.

Pihak internal mungkin setia kepada Meghawadi di depan, tapi tidak di belakang. Atau bisa juga partai-partai yang datang dari luar partai,” ujarnya.

READ  Komnas HAM mengungkapkan rekaman CCTV yang menunjukkan Brigadir J dan Parada E pada saat kejadian

Oleh

Dapatkan pembaruan pesan pilihan Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Jom join team telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, Kemudian bergabung. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.