Jakarta City Philharmonic Makin Diminati Generasi Milenial

Portal Teater – Gelaran Jakarta City Philharmonic (JCP) semakin diminati publik seni ibukota, terutama anak-anak muda. Di beberapa edisi JCP, tampak kursi-kursi gedung pertunjukan di Teater Besar TIM Jakarta selalu dipadati anak-anak muda pencinta musik klasik tersebut.

Hal ini menunjukkan sebuah pergeseran orientasi musik pada diri generasi milenial saat ini. Musik klasik yang khas generasi tua, malah menjadi destinasi musik paling menyentuh bagi kalangan muda.

Itu berarti musik klasik tidak lagi dipandang sebagai musik primitif dari generasi masa lalu, melainkan memiliki sentuhan kekinian yang berkelas dan patut ditonton.

Bagi mereka, musik klasik adalah terapi ampuh di kala kepenatan akan kerja dan tugas kuliah meracau harian dan kebebasan mereka; musik klasik adalah simbol romantisme. Makanya kebanyakan dari mereka datang secara berpasang-pasangan.

Sebelum pentas musik orkes kota itu dimulai, anak-anak muda ini rela mengantri di sepanjang lorong dan lobby gedung pertunjukan untuk melakukan registrasi dan reservasi tiket.

Tingginya antusiasme ini juga dapat membuktikan, kini para golongan muda memburu tiket JCP bukan hanya sekadar ingin merasakan pengalaman dalam menonton sebuah pertunjukan musik klasik. Melainkan juga karena kualitas yang selalu dihadirkan dalam setiap edisi konser JCP.

Usung Tema “Aves”

Pada edisi kali ini, JCP mengusung tema “Aves” yang dalam bahasa Latin berarti “burung” atau “unggas”. Seorang naturalis Swedia, Carl Linnaeus, mengkategorikan 554 spesies burung dan memberinya masing-masing nama binomial.

Untuk kelas “Aves”, Linnaeus mendeskripsikannya sebagai “bagian indah dan ceria yang diciptakan alam, terdiri atas hewan-hewan yang tubuhnya tertutup bulu-bulu; rahang yang panjang dan loncos (paruh), dua sayap dibentuk untuk terbang, serta dua kaki”.

Arti itu mengandung makna estetik yang erat kaitannya dengan peran “Aves” dalam kebudayaan dan keseharian manusia.

Jakarta City Philharmonic berusaha untuk mengelaborasi tema tersebut dengan mengartikan “Aves” sebagai spesies yang tidak terpisahkan dari ekosistem makhluk hidup.

Konser yang diadakan pada Rabu (28/8) Gedung Teater Jakarta TIM ini menghadirkan Budi Utomo Prabowo (pengaba utama) dan Vincent Wiguna selaku pengaba tamu.

EKI Dance Company ikut berkolaborasi dalam pentas JCP edisi ke-23 di Teater Besar TIM Jakarta, Rabu (28/8). -Dok. Eva Tobing/DKJ.
EKI Dance Company ikut berkolaborasi dalam pentas JCP edisi ke-23 di Teater Besar TIM Jakarta, Rabu (28/8). -Dok. Eva Tobing/DKJ.

JCP juga berkolaborasi dengan Ahmad Ramadhan (biola) dan EKI Dance Company yang dipimpin oleh Rusdy Rukmarata (koreografer).

*Daniel Deha

Baca Juga

Pekerja Teater Manfaatkan Media Daring untuk Tetap Bekerja

Portal Teater - Para pelaku teater memilih bekerja dari rumah di tengah pandemi virus corona (Covid-19) yang terus meluas. Tidak hanya di Indonesia, sejumlah...

31 Film Hollywood Terdampak Virus Corona

Portal Teater - Hollywood sebagai simbol bisnis hiburan terbesar dunia sepenuhnya merasakan efek pandemi virus corona (Covid-19) yang kini sedang melanda dunia. Setidaknya ada 31...

Transmisi Virus Corona Tak Terbendung, AS Terbanyak

Portal Teater - Transmisi virus corona terus meluas. Ini menunjukkan bahwa penyebaran corona makin tak terbendung di tengah ketidaksiapan dan kelambanan negara-negara untuk mencegahnya....

Terkini

Tujuh Program Studiohanafi Ditunda Karena Corona

Portal Teater - Meluasnya penyebaran virus corona, di mana saat ini tercatat sudah 27 provinsi di Indonesia terpapar dan mungkin akan menghantam seluruh penduduk,...

Merayakan Hari Teater Dunia Di Tengah Corona

Portal Teater - Keprihatinan yang mendalam saya sampaikan kepada seluruh rekan teater Indonesia yang sejak Februari 2020 harus membatalkan atau mengundurkan waktu pertunjukkan. Hal itu...

Cegah Covid-19 Baru, China Batasi Akses Wisatawan Asing

Portal Teater - Untuk mencegah penyebaran virus corona baru, otoritas China sementara waktu akan menutup perbatasannya untuk sebagian besar wisatawan asing. Penutupan akses tersebut...

Transmisi Virus Corona Tak Terbendung, AS Terbanyak

Portal Teater - Transmisi virus corona terus meluas. Ini menunjukkan bahwa penyebaran corona makin tak terbendung di tengah ketidaksiapan dan kelambanan negara-negara untuk mencegahnya....

Dewan Kesenian Inggris Luncurkan Rp2,9T Untuk Sokong Industri Seni

Portal Teater - Dewan Kesenian Inggris atau Arts Council England (ACE) telah meluncurkan paket tanggap darurat senilai £160 juta atau setara Rp2,9 triliun (kurs...