November 27, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Jangan disesatkan! Berikut cara menginjak pedal rem mobil matic yang benar

Jakarta

Mobil matic jelas berbeda dengan mobil manual. Pertukarannya jelas tidak sama dan cara kerjanya kurang penting. Bisa dibilang perbedaan teknis terbesar kedua tipe mobil ini adalah penggunaan pedalnya.

Mengendarai mobil matic lebih mudah daripada mobil manual. Jika mobil manual memiliki tiga pedal seperti kasing, rem dan kopling, maka pada mobil matic hanya akan ada dua pedal. Dua pedal gas dan rem.

Meski begitu, memilikinya masih di luar jangkauan rata-rata orang. Mengutip laman Daihatsu Indonesia, kebiasaan menggunakan dua kaki untuk mengoperasikan pedal rem mobil matic akan merusak kampas rem.

Menginjak pedal rem saat pedal case ada akan merusak transmisi mobil karena kopling masih berputar, tetapi gerakannya terhalang.

Selain itu, menginjak pedal rem dapat membahayakan pengemudi. Pengemudi bisa kehilangan ‘feel’ saat menekan pedal rem dan gas secara bersamaan.

Secara terpisah, Director of Training (SDCI) Indonesia Sony Susmana, Defensive Safety Consultant, menyarankan agar Anda menggunakan kaki kanan untuk mengoperasikan pedal rem dan gas saat mengemudikan mobil matic.

Transmisi mobil otomatis Foto: Getty Images / iStockPhoto / Bahroni

Kaki kiri, biasanya pada mobil matic dimana kaki bertumpu pada kaki kiri tanpa pedal kopling. Namun, menurut Sony, kaki kiri pengemudi mobil matic ini tidak benar-benar diistirahatkan.

Sony baru-baru ini menjelaskan bahwa “tumit kaki kanan berada di tanah dan di depan pedal rem, terlepas dari sistem transmisinya, Anda tidak secara otomatis menggunakan kaki kiri.”

Meski begitu, memilikinya masih di luar jangkauan rata-rata mobil. Namun biasanya praktik ini dilakukan oleh para ahli.

“Pembalap/pebalap mahir melakukannya di tikungan tumpul. Ini namanya pengereman kaki kiri. Tidak disarankan untuk pemula,” kata Sony.

READ  Siapkan NIK KTP, 3 Hibah Pemerintah terbitan Juli 2021 ada disini

Tonton videonya”Apakah mobil matic yang diparkir di lampu merah harus berada pada posisi ‘N’?
[Gambas:Video 20detik]
(Kering / Timah)