Java Jazz Festival Makin Menarik Minat Wisatawan

Portal Teater – Helatan Java Jazz Festival (JFF) 2020 berlangsung meriah sepanjang 28 Februari-1 Maret akhir pekan lalu. Para penggemar musik jazz datang dari berbagai daerah dan negara untuk menikmati suguhan spesial para musisi kondang di JIExpo Kemayoran Jakarta.

Diselenggarakan Bank Nasional Indonesia (BNI), festival musik paling bergengsi di Asia ini akhirnya tidak lagi menjadi ikon musik Indonesia semata-mata, tapi turut menggerak industri pariwisata di ibukota, dan Indonesia secara keseluruhan.

“Melalui Java Jazz, Indonesia membuktikan diri masih diminati oleh pengunjung. Karena, bukan cuma musisi tanah air yang hadir, ada juga penonton dari luar (negeri),” ujar Wishnutama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Jakarta, pekan lalu.

Pertama kali digelar pada 2005, Java Jazz menampilkan 125 grup dan 1.405 artis tampil pada 146 pertunjukan. Kala itu JFF dihadiri oleh 47.500 pengunjung selama tiga hari.

Tahun ini, JFF dipadati 120 ribu penonton dengan 143 pertunjukan. Dua penampil dilaporkan membatalkan pertunjukan. Sebuah peningkatan jumlah penonton yang terbilang signifikan selama 15 tahun terakhir.

52 Musisi

JFF 2020 diikuti 52 musisi dari puluhan negara di dunia. Sekiranya sekitar 30 musisi dari mancanegara yang turut tampil festival musik terbesar di bumi Selatan ini. Penyanyi kondang seperti The Jackson dan Omar Apollo tampil menjadi bintang tamu.

Omar Apollo merupakan salah satu talenta muda yang sedang aktif dan banyak main di berbagai negara. Sementara The Jackson merupakan grup band legendaris kelas dunia.

Selain kedua artis tersebut, ada pula beberapa musisi internasional lain, seperti Ari Lennox, Bruno Major, Ezra Collective, Mike Stern ft. Jeff Lorber Fusion Trio, dan New York Voices.

Sementara musisi lokal yang turut memeriahkan event ini sebanyak 22 orang, antara lain Ardito Pramono, Cantika GAC, Rebecca Rejiman, Nima Ilayla, Rizky Febian, Marcell, Marion Jola, dan Nadin Amizah yang berkolaborasi dengan Dwiki Dharmawan.

Di hari terakhir event musik internasional ini, dimeriahkan dengan penampilan seluruh musisi baik dari dalam maupun luar negeri sekaligus.

Aksi lincah panggung Omar Apollo berhasil membuat histeris para penonton JFF 2020. Special Show yang dibawakan oleh penyanyi asal Indiana Amerika Serikat itu sekaligus menjadi puncak acara event musik internasional JJF 2020.

Sederet musisi tanah air juga tampil pada puncak JFF 2020. Ada 7 Bintang Feat Deddy Dhukun, Fariz RM, Mus Mujiono, Trie Utami, Yuni Shara, Ita Purnamasari, Memes, serta Dwiki Dharmawan feat Nadin Amizah, Pamungkas, dan Humania Revival.

Selain itu, ada “The Loud Minority”, Yamaha Music Project feat Andien, Marcell, Shanty, Sri Hanuraga Trio feat Dira “Indonesian Vol.2”, Dewa Budjana feat Tohpati, dan Adhitia Sofyan.

Sementara musisi luar negeri yang tampil pada hari terakhir JJF 2020 adalah Cosmo’s Midnight, Omar Apollo, dan Brass Against.

Penampilan para musisi pada Java Jazz Festival 2020 di JIExpo Kemayoran Jakarta. -Dok. -Dok. carnifest.com
Penampilan para musisi pada Java Jazz Festival 2020 di JIExpo Kemayoran Jakarta. -Dok. carnifest.com

Tahun Ke-16

Helatan JFF sudah memasuki tahun ke-16 sejak digagas pertama kali oleh pengusaha Indonesia Peter F. Gontha 2005 lalu. Event tahunan ini biasanya diadakan setiap Maret.

Tahun ini, JFF mengusung tema “Redeem Yourself Through Music”. Tema ini merefleksikan kondisi manusia yang membutuhkan sesuatu untuk melarikan diri dari kejenuhan atau kebosanan. Salah satunya melalui musik.

President Director JFF Production Dewi Gontha beberapa waktu lalu mengungkapkan, maksud dari tema besar ini adalah untuk mengajak pencinta musik kembali menemukan dirinya ketika menghadapi banyak masalah dalam hidup.

“Kita yang enggak mengerti politik pasti gerah mendengar banyaknya tema itu yang diangkat tahun 2019. Politik dan berbagai perbedaannya tuh selalu dibahas mulu gitu,” ungkapnya.

Kesuksesan penyelenggaraan JJF ke-16 kalinya menjadi bukti bahwa Indonesia mampu secara konsisten menghadirkan event tingkat dunia.

Harapannya, animo yang luar biasa ini akan meningkat tiap tahunnya. Sampai bertemu di Java Jazz Festival 2021. (dari berbagai sumber)*

Baca Juga

Satu Juta Penduduk Dunia Terinfeksi Virus Corona

Portal Teater - Virus Corona (Covid-19) telah memukul dunia di mana lebih dari satu juta penduduk terinfeksi patogen ini. Data ini menjadi tonggak pencapaian...

Kasus Corona Masih Fluktuatif, Ratusan Bioskop di China Kembali Ditutup

Portal Teater - Menyusul kembali meningginya penemuan pasien terkonfirmasi virus Corona akhir pekan lalu, otoritas China meminta pelaku industri bioskop untuk menutup kembali lebih...

Jelajahi Pameran dan Koleksi Seni Museum MACAN Lewat Tur Digital

Portal Teater - Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) Jakarta membuka program tur digital untuk mengajak publik menjelajahi pameran dan koleksi seni...

Terkini

Shahid Nadeem: Teater sebagai Kuil

Portal Teater - Dramawan terkemuka Pakistan Shahid Nadeem dalam pidatonya pada World Theater Day 2020 (27 Maret) mengatakan bahwa penciptaan teater masa kini harus...

Jelajahi Pameran dan Koleksi Seni Museum MACAN Lewat Tur Digital

Portal Teater - Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) Jakarta membuka program tur digital untuk mengajak publik menjelajahi pameran dan koleksi seni...

Satu Juta Penduduk Dunia Terinfeksi Virus Corona

Portal Teater - Virus Corona (Covid-19) telah memukul dunia di mana lebih dari satu juta penduduk terinfeksi patogen ini. Data ini menjadi tonggak pencapaian...

Intelijen AS Sebut China Sembunyikan Data Covid-19

Portal Teater - Intelijen Amerika Serikat dalam sebuah laporan rahasia mengatakan bahwa pemerintah China telah menyembunyikan data penyebaran virus Corona di negara itu, terutama...

Seni (Harus) Tetap Hidup Melawan Pandemi

Portal Teater - Beberapa bulan terakhir adalah masa berat bagi seluruh umat manusia, termasuk para seniman dan pekerja seni. Virus Corona (Covid-19) telah menewaskan...