Junior Company Suguhkan “Unboxing Ballet” di Jakarta dan Semarang

Portal Teater – Salah satu perusahaan tari terpenting dalam seni teater Belanda, Junior Company of Dutch National Ballet, akan menyuguhkan pentas perdananya di Indonesia bertajuk “Unboxing Ballet, A Vibrant Evening of Dance”.

Karya ini akan dipentaskan dalam rangka tur keliling Indonesia di dua kota berbeda, yaitu di Jakarta dan Semarang, akhir bulan ini.

Di Semarang, pentas akan diadakan di Gedung Radjawali Semarang Cultural Center (RSCC), Semarang, pada Selasa (28/1), mulai pukul 19.30 WIB.

Sementara di Jakarta, Junior Company akan mementaskan karya yang sama selama dua hari, yaitu pada Jumat (31/1) dan Sabtu (1/2) di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), pukul 19.30 WIB.

Pentas pembuka di GKJ akan menampilkan repertoar salah satu grup ballet Indonesia berbasis Jakarta, Namarina Youth Dance.

Agenda pementasan "Unboxing Ballet" oleh Junior Company di Gedung Kesenian Jakarta. -Dok. nowjakarta.co.id
Agenda pementasan “Unboxing Ballet” oleh Junior Company di Gedung Kesenian Jakarta. -Dok. nowjakarta.co.id

Pertunjukan skala besar tari ballet di Semarang merupakan hasil kerjasama pertama kalinya antara Erasmus Huis dengan Yayasan Budaya Widya Mitra Semarang setelah lebih dari 20 tahun.

Suguhan ini akan menampilkan sederetan koreografi menarik, seperti “Valse –Fantaise”, “Embers”, “Ballet 101”, ‘Fuse’ dan “No Time Before Time”.

Karya-karya itu dikoreografi oleh Ernst Meisner, George Balanchine, Eric Gautier, dan Charlotte Edmonds.

“Jadi jangan sampai menyesal, karena tidak menyaksikan repertoar keren ini. Apalagi pertunjukan ini gratis,” ujar Widjajanti Dharmowijono, Ketua Yayasan Budaya Widya Mitra, dalam sebuah pernyataan tertulis, Minggu (26/1).

The Junior Company of Dutch National Ballet akan mementaskan "Unboxing Ballet" dalam tur keliling Indonesia. Di Semarang grup tari ini akan pentas pada Selasa (28/1) malam.-Dok. Christian Saputro.
The Junior Company of Dutch National Ballet akan mementaskan “Unboxing Ballet” dalam tur keliling Indonesia. Di Semarang grup tari ini akan pentas pada Selasa (28/1) malam.-Dok. Christian Saputro.

Menanti Selama 20 Tahun

Sudah lebih dari 20 tahun Yayasan Budaya Widya Mitra Semarang meminta kerjasama dengan Erasmus Huis, terutama untuk mengirim salah satu grup tari terbaik di Belanda ke Kota Semarang.

Namun permintaan itu selalu ditolak lantaran tidak memadainya gedung pertunjukan berskala besar di Kota Semarang.

Widjajanti menjelaskan, salah satu syarat yang diminta Ersmus Huis adalah gedung yang harus berlantai kayu yang dilapisi karpet vinyl, agar kaki para balerina tidak cedera.

Akhirnya, setelah Nutrifood membangun membuat Concert Hall bernama Radjawali Semarang Cultural Center (RSCC), barulah diadakan pentas-pentas seni berskala besar di kota berpredikat ‘kota terbersih’ Asia Tenggara itu.

Ada dua konser musik dari Belanda yang terlebih dahulu mencicipi venue terbesar di Kota Semarang itu, yaitu The Titan dan Arp Frique.

“Kali ini kami bersama Erasmus Huis dan RSCC akan mempersembahkan pementasan Dutch National Ballet. Dan Widya Mitra masih akan mengadakan banyak even di RSCC,” terang perempuan yang akrab disapa Inge itu.

Dalam pentas keliling kali ini, Junior Company akan menggabungkan tiga pilar dari repertoar Dutch National Ballet, yaitu tradisi balet abad ke-19 yang populer dan klasik, highlight balet abad ke-20, dan kreasi menarik dari para koreografer yang sedang merintis karya baru di seluruh dunia.

Salah satu pementasan Dutch National Ballet. -Dok. operaballet.ni
Salah satu pementasan Dutch National Ballet. -Dok. operaballet.ni

Tentang Ducth National Ballet

Dutch National Ballet adalah sebuah perkumpulan internasional dengan beberapa penari papan atas lebih dari 25 negara.

Perkumpulan ini rutin menggelar pertunjukan di beberapa tempat bertaraf internasional dan beberapa festival.

Karyanya merupakan kombinasi balet klasik, balet highlight abad ke-20, dan balet kontemporer karya koreografer ternama.

Pada tahun 2013, New York Times menempatkan kelompok ini dalam “Top 5 Dance Institution in the World”, sementara Süddeutsche Zeitung menempatkannya dalam “Top 3”.

Pada 2013, Junior Company berkolaborasi dengan Dutch National Ballet Academy untuk menjembatani dunia profesional dan akademi.

Tujuannya untuk menjembatani pelatihan balet tingkat dunia dan praktiknya secara professional. Hingga saat ini, sepertiga dari anggota Dutch National Ballet berasal dari alumni Junior Company.

Keberhasilan Junior Company telah melampaui semua harapan. Saat ini perkumpulan ini telah menerima berbagai undangan untuk tur keliling dunia dengan ratusan tawaran audisi dari beberapa penari setiap tahunnya.*

Kontributor tulisan: Christian Saputro

Baca Juga

Bersiap Hadapi Risiko Terburuk

Portal Teater - Indonesia bersiap menghadapi kemungkinan terburuk menyusul makin melonjaknya jumlah penemuan kasus baru terkonfirmasi positif virus Corona. Sepanjang pekan ini, jumlah pasien masih...

Data adalah Kunci di Masa Krisis

Portal Teater - Data adalah kunci ketika sebuah kelompok bahkan negara mengalami krisis atau bencana. Mengapa penting, karena dengan data, setiap pemangku kepentingan dapat...

PSBB untuk Jakarta, Bagaimana Nasib Daerah Lain?

Portal Teater - Pemerintah resmi menetapkan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta. Keputusan ini dibuat untuk menekan transmisi virus...

Terkini

PSBB untuk Jakarta Berlaku Selama Dua Minggu

Portal Teater - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama dua minggu ke depan, mulai 10-23 April 2020. Penetapan PSBB...

Kemenparekraf Talangi Pekerja Pariwisata dan Seni

Portal Teater - Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berencana memberikan stimulus fiskal bagi pekerja di bidang pariwisata dan seni. Pendataan akan diperketat agar tidak...

Temuan Kasus Baru Melonjak Drastis

Portal Teater - Temuan kasus baru pasien terkonfirmasi virus Corona (Covid-19) di Indonesia melonjak drastis pada Kamis (9/4). Otoritas melaporkan, ada 337 kasus baru...

500 Juta Penduduk Dunia akan Jatuh Miskin Karena Corona

Portal Teater - Oxfam, sebuah organisasi nirlaba dari Inggris yang fokus pada penanggulangan bencana dan advokasi, mengatakan pada Kamis (9/4) bahwa dampak dari penyebaran...

Festival Teater Nasional 2020 Ditunda

Portal Teater - Teater Gema mengumumkan secara resmi penundaan pelaksanaan Festival Teater Nasional tahun 2020. Kabar penangguhan disampaikan melalui publikasi di akun media sosialnya,...