Desember 9, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Kalau Garuda tutup semua, diam-diam pemerintah siapkan Belida Airlines

KOMPAS.com – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mengonfirmasi rencana pendirian PT lampu air Layanan sebagai National Planned Airline (PAS) bukan PT. Dengan Garuda Indonesia (Persero) Tbk atau GIAA.

Jika restrukturisasi dan negosiasi yang dilakukan Garuda tidak berjalan mulus, maka produksi Pelita Air sebagai maskapai yang direncanakan.

“Kalau macet, kita tutup (Garuda), karena nilai utangnya sangat tinggi sehingga negara tidak mungkin memberikan penyertaan modal,” kata Wakil Menteri BUMN II Karthico Virgotmotjo seperti dikutip. Diantara, Minggu (24/10/2021).

Menurut Diego, seruannya agar progres dan restrukturisasi negosiasi utang Garuda Indonesia dilakukan sepenuhnya. Pemberi Pinjaman, Pemegang Sewa Pesawat itu termasuk tiga konsultan yang ditunjuk Kementerian BUMN untuk pemegang Sukku global.

Baca selengkapnya: Takdir dengan Garuda di ujung tanduk

Namun demikian, negosiasi dengan pemberi pinjaman dan Penyewa Lebih sulit dan membutuhkan waktu lebih lama. Salah satu alasannya, pesawat yang digunakan Garuda Indonesia dimiliki oleh puluhan tenant.

Diego pun memperkirakan opsi menutup Garuda Indonesia tetap terbuka Bantalan bendera.

Informasi, inspirasi dan Intelijen Dari Surel Anda.
Registrasi Surel

Pasalnya, saat ini sudah lumrah suatu negara tidak memiliki maskapai penerbangan yang melayani penerbangan internasional.

Dia membenarkan meski Garuda bisa menyelamatkan Indonesia, hampir tidak mungkin Garuda melayani penerbangan jarak jauh ke Indonesia, misalnya Eropa.

Baca selengkapnya: Kabarnya Garuda akan bangkrut dan pemerintah buka suara

Karena itu, untuk melayani penerbangan internasional, maskapai asing akan bermitra dengan maskapai domestik.

Didukung oleh DPR

Sementara itu, Anggota Komisi VI DPR RI Evita Nursanty mendukung langkah Kementerian BUMN untuk menutup Indonesia jika Garuda gagal bernegosiasi dengan pemberi pinjaman, penyewa maskapai dan Suu Kyi global.

READ  Mesin sepeda motor 2 tak tahan lama, hanya diproduksi setiap hari, dan kunci tidak boleh pelit

Avida mengatakan jika negosiasi sulit dan gagal, Kementerian BUMN tidak punya pilihan selain menyiapkan alternatif selain Belita Air atau maskapai lain.

“Saya menganggap persiapan maskapai lain untuk menggantikan Garuda Indonesia sebagai ekspektasi dari situasi yang lebih serius saat ini,” kata Evida.

Baca selengkapnya: Mengapa PNS selalu menumpang Garu dalam perjalanan dinas?

“Jika kamu tidak bisa bernegosiasi lagi Penyewa, pemberi pinjaman Dan pemegang Succulent global tentunya tidak punya pilihan selain menutupnya, seperti yang sudah disampaikan Kementerian BUMN,” ujarnya.

Seorang anggota Fraksi PTI-B mengatakan DPR telah memastikan bahwa opsi lain tidak mungkin dilakukan dengan penyertaan modal negara (PMN).

Garuda Indonesia Desain topeng di bagasi Garuda Indonesia

Evita berharap para tenant dapat mempertahankan posisi ini untuk memberikan kesempatan kepada Garuda di tengah kondisi tidak ada jalan lain.

Selain itu, baru-baru ini dibuka pariwisata internasional ke Bali, umroh telah dibuka dan ada sinyal positif bagi dunia penerbangan setelah penurunan signifikan kasus Kovit-19 di Indonesia.

Baca selengkapnya: Kerugian Garuda Indonesia Semester I-2021 Rp. Mencapai 13 triliun

Ia melanjutkan, Indonesia tidak boleh kalah karena ditutupnya Garuda Indonesia Bantalan bendera.

Misalnya, di Amerika Serikat (AS) penerbangan dioperasikan sepenuhnya oleh sektor swasta, dan semua pesawat yang terdaftar di Amerika Serikat disebut flag carrier.

Suatu negara dapat mengubah maskapai penerbangan Maskapai Nasional –Hilangkan itu, termasuk bekerja sama dengan maskapai internasional pada jadwal penerbangan internasional.

“Kalau ditanya saya pasti ingin punya Garuda Indonesia, tapi kalau kondisinya seperti tenant dan lender tetap tidak mau bernegosiasi, maka akan ditutup,” kata Evita.

Baca selengkapnya: Garuda Indonesia Tidak Masuk Holding BUMN, Ada Apa?

READ  Servis motor yamaha mio mba rw luar biasa, gak perlu bensin di jalan, sangat menguatkan kaki

jawaban garuda

Sementara itu, Mitra Brandi, VP Corporate Secretary and Investor Relations Garuda, mengatakan pihaknya belum mendapatkan informasi resmi tentang tindak lanjut keinginan Garuda untuk memulihkan kinerja.

Mitra menegaskan pihaknya masih berupaya meningkatkan kinerja perusahaan. Meningkatkan kinerja keuangan dan model bisnis dalam jangka panjang melalui rencana restrukturisasi yang komprehensif.

Pekerja menurunkan kargo dari penerbangan Garuda Indonesia pada Jumat (9/4/2021) di Bandara Internasional Sultan Iskander Muda, Planchestar, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.  Dalam rangka pencegahan penyebaran Covit-19, pemerintah pada 6 Mei 2021 mengeluarkan aturan pembatasan lalu lintas pulang pergi baik jalur darat, udara, laut maupun kereta api.  Antara foto / ampelsa / ada.Antara Foto / Ambelsa Pekerja menurunkan kargo dari penerbangan Garuda Indonesia pada Jumat (9/4/2021) di Bandara Internasional Sultan Iskander Muda, Planchestar, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Dalam rangka pencegahan penyebaran Covit-19, pemerintah pada 6 Mei 2021 mengeluarkan aturan pembatasan lalu lintas pulang pergi baik jalur darat, udara, laut maupun kereta api. Antara foto/ambelsa/ada.

“Upaya tersebut kami gencarkan melalui berbagai langkah untuk mendukung peningkatan kinerja, terutama dari aspek operasional pesawat,” kata Mitra seperti dikutip BEI.

Garuda berharap kinerjanya dapat membantu pemulihan sektor penerbangan. Penyebaran virus Covit-19 dapat ditekan dan vaksin masif telah memungkinkan masyarakat untuk kembali beraktivitas. Juga, situs wisata terkemuka telah dibuka kembali.

Terkait rencana restrukturisasi yang akan dilaksanakan sejalan dengan proses PKPU saat ini, Garuda masih berkoordinasi dengan Kementerian BUMN sebagai mitra pengendali.

Baca selengkapnya: KKN termasuk Garuda Indonesia di era orde baru

Dapatkan pembaruan Pesan pilihan Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Jom join team telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, Kemudian bergabung. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.