Mei 29, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Kalau pakai platform yang sama, inilah perbedaan Suzuki XL7 dan Ertiga

Jakarta, KOMPAS.com – Dua mobil Suzuki, XL7 dan Ertiga, sukses memimpin perjalanan tim. Merapa Trans-Jawa 2022. 0 km (km) dari plasa tol Jakarta-Sikampek ke Propolingo di Jawa Timur.

XL7 dan Ertiga sama-sama menggunakan platform yang sama, meski sebenarnya kedua mobil ini berada di segmen yang berbeda. XL7 Low Sport Utility Vehicle (LSUV) berada di segmen Erdiha Low Multipurpose Vehicle (LMPV).

Kedua mobil menggunakan sasis yang disebut hard tect. Teknologi ini memungkinkan bobot rangka mobil menjadi sekitar 10 persen lebih ringan dari sasis standar dengan dimensi yang sama.

Baca selengkapnya: Peringatan keselamatan saat mengemudi di malam hari

Namun demikian, ada perbedaan antara keduanya dari sudut pandang teknis.

Dony Saputra 4W Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales melaporkan bahwa kedua mobil ini memiliki 211 bagian yang berbeda.

“Misalnya, meski tidak kasat mata, tapi desain tangki bahan bakarnya berbeda,” kata Tony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kompas.com/ApridaMegaNanda XL7 (kiri) – Ertika (kanan)

Selain itu, didesain sebagai low SUV karena tangguh dan mengakomodir berbagai kebutuhan, XL7 juga mendapat ubahan di bagian kaki-kaki.

Catatan, ground clearance Ertica hingga 180mm untuk spesifikasi teknisnya. Ketika XL7 tinggi, itu akan mencapai 200mm.

Perbedaan profil ban juga mempengaruhi ground clearance kedua mobil. Dari data spek, XL7 memiliki ban berukuran 195/60 R16, sedangkan Ertika 185/65 R15.

Selain itu, tambah Tony, BMC (body control module) dan ECU kedua mobil tersebut sangat berbeda.

Dari segi fitur, Suzuki XL7 Sudah dilengkapi dengan smart e-mirror atau cermin pintar, yang dilengkapi dengan kamera mirip dashcam dengan memori penyimpanan.

Interior XL7 (kiri) dan Ertiga (kanan)Kompas.com/ApridaMegaNanda Interior XL7 (kiri) dan Ertiga (kanan)

Tak hanya itu, XL 7 juga menyertakan pendingin minuman di tengah cup holder. Jadi, menambah nilai tersendiri jika Anda melakukan perjalanan jauh.

READ  5 Fakta Terbaru Kasus Video Mirip Kissel, Mengejutkan!

Baca selengkapnya: D-2 LeBron mulai menggunakan ganjil-ganda pada klimaks polisi Pokோர்mon

Secara dimensi, kedua mobil ini berbeda. SUV XL7 memiliki panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm, dan tinggi 1.710 mm. Ertiga memiliki panjang 4.395 mm x lebar 1.735 mm dan tinggi 1.690 mm.

Namun, untuk urusan dapur pacu, kedua mobil ini memiliki mesin yang sama. Itu berarti mesin K15B 1.462 cc menghasilkan 102 hp dan torsi 138 Nm.

Dapatkan pembaruan pesan pilihan Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Jom join team telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, Kemudian bergabung. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.