Kasus Corona Masih Fluktuatif, Ratusan Bioskop di China Kembali Ditutup

Portal Teater – Menyusul kembali meningginya penemuan pasien terkonfirmasi virus Corona akhir pekan lalu, otoritas China meminta pelaku industri bioskop untuk menutup kembali lebih dari 500 bioskop yang telah dibuka sejak Senin (23/3) lalu, dari sebelumnya ada 486 bioskop yang kembali beroperasi sejak Jumat (20/3).

Melansir data Worldometers, Senin (30/3) siang, jumlah kasus baru di China tercatat sebanyak 31 kasus, memang menurun dari catatan akhir pekan lalu sebanyak 53 orang.

Secara keseluruhan, China menderita 81.470 kasus sejak teridentifikasi pada akhir tahun lalu, dengan 75.700 pasien sembuh dan 3.304 lainnya meninggal dunia.

Penemuan kasus baru di China diketahui berasal dari warga yang baru pulang dari perjalanan internasional di luar negara itu. Sebab, dalam beberapa hari terakhir, pertumbuhan virus corona di China sudah menunjukkan perlambatan.

Namun dalam beberapa hari ke depan grafik pertumbuhan corona di China masih diperkirakan fluktuatif mengingat tidak semua provinsi di China ditetapkan status lockdown yang memungkinkan terbukanya kontak dengan warga positif corona.

Untuk mencegah penyebaran virus corona baru, otoritas China sejak akhir pekan lalu sementara waktu akan menutup perbatasannya untuk sebagian besar wisatawan asing.

Melansir Politico, Kamis (26/3), pembatasan berlaku bagi orang asing yang memegang visa atau izin tinggal, serta mereka yang memegang Kartu Perjalanan Bisnis APEC.

“Penangguhan itu adalah tindakan sementara bahwa China terpaksa mempertimbangkan situasi wabah dan praktik-praktik negara lain,” kata Kementerian Luar Negeri China.

Saham Wanda Film Anjlok hingga 20%. -Dok. Business Insider.
Saham Wanda Film Anjlok hingga 20%. -Dok. Business Insider.

Keputusan Mendadak

Keputusan otoritas China untuk menutup kembali bioskop terbilang mendadak karena sehari sebelumnya 250 bioskop di kawasan Shanghai sudah mendapat izin dari pemerintah kota untuk kembali beroperasi pada Sabtu (28/3).

Melansir CNN Indonesia, Sabtu (28/3), ada lima provinsi di China yang diijinkan kembali mengoperasikan pasar bioskop, yaitu Xinjiang, Shangdong, Sichuan, serta dua provinsi yang berbatasan dengan Hong Kong, Fujian dan Guangdong.

Selama beroperasi darurat, bioskop-bioskop tersebut hanya menayangkan film-film yang sudah tayang sebelumnya dan film-film lokal terlaris. Salah satunya Sheep Without a Shepherd yang berhasil memimpin bioskop lokal pada Senin (23/3).

Sebelumnya, dilaporkan Business Insider bahwa hampir 70.000 bioskop di China tutup karena wabah global corona.

Perilisan sejumlah film dibatalkan, dan liburan Tahun Baru Imlek yang lebih cepat membuat gedung-gedung bioskop nasional sepi penonton.

Ent Group China mengatakan, bioskop-bioskop yang tutup tidak mungkin dibuka kembali pada bulan Maret atau April karena otoritas setempat menyatakan bahwa kontrol akan tetap berlaku untuk industri film secara keseluruhan.

Artinya, selama virus corona belum benar-benar menguap dari China, seluruh kegiatan industri seni, terutama bioskop tidak mungkin digiatkan untuk menghindari adanya kontak fisik dengan warga yang baru kembali dari luar negeri.

Dengan penutupan puluhan ribu bioskop, pasar bioskop China merosot tajam sebesar US$1,91 miliar atau setara Rp30,6 triliun (kurs Rp16.000) selama dua bulan pertama tahun ini setelah terpapar wabah corona sejak akhir tahun lalu.*

Baca Juga

Imajinasi dan Kontradiksi Pembukaan Mall

Portal Teater - Pemerintah akan menerapkan "new normal" mulai 1 Juni mendatang. Penerapan protokol kesehatan ini merupakan pilihan kebijakan di antara pilihan lainnya untuk...

Tes Corona Indonesia Terkendala Biaya

Portal Teater - Jumlah pengujian spesimen virus corona di Indonesia terkendala biaya yang cukup mahal jika dibandingkan negara lain. Rata-rata per tes dibandrol seharga...

Sekali Dayung Dua-Tiga Pulau Terlampaui

Portal Teater - Pukulan misterius virus corona telah memporak-porandakan "sistem politik, ekonomi, dan budaya negara-negara", meminjam istilah yang diperkenalkan Harari beberapa waktu lalu. Tidak ada...

Terkini

Silang-Sengkarut “New Normal”

Portal Teater - Sejak beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo telah mendengungkan wacana pemberlakukan "new normal", atau yang menurut ahli Bahasa Indonesia sebut sebagai...

“Dini Ditu” Teater Kalangan: Menjahit Publik di Ruang Digital

Portal Teater - Kehadiran pandemi virus corona barangkali tak pernah dipikirkan atau diramalkan, meski ada teori konspirasi yang menyeruak belakangan bahwa Bill Gates telah...

Teater di Ruang Digital

Portal Teater - Bencana bukan alam sedang menghinggapi sebagian besar negara di dunia dan Indonesia termasuk kebagian. Wabah yang disebut Covid-19 sedang bergentayangan dan belum...

Rencana Reaktivasi Pembelajaran Ditolak

Portal Teater - Dunia pendidikan menjadi salah sektor yang ikut terpukul oleh pandemi virus corona. Di Indonesia, seluruh kegiatan pembelajaran dihentikan dan dilakukan secara...

Update Corona 29 Mei: Kasus Baru Turun Tipis, Total 25.216 Positif

Portal Teater - Kasus baru virus corona turun tipis pada Jumat (29/5) sebanyak 678 kasus dari sebelumnya 687 kasus. Dengan demikian, menurut juru bicara Achmad...