Agustus 11, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Keindahan Saturnus tidak dapat dihancurkan oleh Pengorbit Bulan NASA, lengkap dengan cincin planetnya

Keindahan Saturnus tidak dapat dihancurkan oleh Pengorbit Bulan NASA, lengkap dengan cincin planetnya

San Francisco, iNews.id – Pesawat ruang angkasa bulan dapat mengamati langit. Pesawat bahkan dapat menangkap lingkungan di sekitar bulan.

Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) NASA telah mengorbit Bulan sejak 2009. Tetapi gambar baru yang dibagikan oleh NASA pada hari Senin (22 November) di pesawat ruang angkasa menunjukkan target yang sangat berbeda: Saturnus, Lengkap dengan cincin planet yang menakjubkan.

LRO difilmkan pada 13 Oktober dengan Lunar Reconnaissance Orbiter Camera (LROC). Pada saat itu, pesawat ruang angkasa itu berada sekitar 56 mil (90 km) dari aspek bulan yang dikenal sebagai Lagos Veris atau Danau Musim Semi, menurut laporan NASA.

Gambar menunjukkan sisi utara cincin karakteristik Saturnus dan lebih banyak bagian dari belahan bumi utara planet daripada selatan. Musim panas berakhir di belahan bumi utara dan musim gugur dimulai pada bulan Maret. Tahun Dunia Cincin berlangsung sekitar 29 tahun Bumi, dengan setiap musim berlangsung lebih dari tujuh tahun Bumi.

Kamera LROC dirancang untuk mempelajari bulan. Jadi NASA harus menggerakkan pesawat ruang angkasa dengan hati-hati untuk menangkap gambar Saturnus yang menakjubkan.

Meskipun gambar Jupiter yang serupa dapat dilihat di beberapa bulan raksasa terbesar, LRO tidak dapat melakukannya di Saturnus. Menurut NASA, ini karena Saturnus lebih redup daripada Jupiter – dan keduanya jauh lebih redup daripada bulan yang dirancang untuk dieksplorasi oleh LROC.

Pengarang: Dini Listiani

Bagikan Artikel:





READ  Cari Peradaban Alien, ilmuwan memindai 60 juta bintang