Kelompok Monoevres Pentaskan “Aquavitae”, Hasil Eksplorasi Oseanografi

Portal Teater – Kelompok Monoevres asal Prancis dengan bangga mempersembahkan “Aquavitae: The Seadog”, lakon teater boneka dan video imajinatif yang terinspirasi dari eksplorasi oseanografi.

Lakon ini mengangkat isu lingkungan dengan menawarkan mitos Medusa (Gorgon dan Ubur-Ubur) melalui dialog dengan anjing laut dengan menyuguhkan dua plot yang terjadi secara bersamaan, proyeksi visual yang puitik dan efek suara.

Melalui penjelajahan bawah laut, pertunjukan ini dimaksudkan tidak hanya memperkaya perspektif seseorang tentang masalah ekologis dan perubahan iklim.

Tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran sosial tentang bagaimana ancaman yang menghancurkan dapat terjadi pada dunia akuatik dan lingkungannya, termasuk keanekaragaman hayati di bawah laut.

Dengan memilih mitos, teater boneka ini ingin mempertanyakan kenyataan dan membiarkan kita berimajinasi tentang masa depan. Melalui pendekatan artistik nan ilmiah, lakon ini tampak begitu lucu sekaligus menggemaskan.

Lakon ini bakal dipentaskan selama dua hari, yaitu pada Sabtu dan Minggu, 21-22 September 2019, pukul 20:00 WIB (Sabtu) dan pukul 13:00 WIB (Minggu), bertempat di Gedung Teater Salihara, Jakarta Selatan.

Proyek Artistik Marine Midy

Pertunjukan ini dipentaskan sebagai bagian dari rangkaian tur artistik kelompok Monoevres di beberapa kota di Indonesia. Proyek ini dikerjakan bersama dengan Institut Français Indonesia (IFI).

Kelompok ini dipimpin oleh dipimpin Marine Midy yang sekaligus menjadi sutradara pementasan ini. Selain tur, Monoevres juga mengadakan pementasan di beberapa kota di Indonesia.

Hari ini, “Aquavitae” dipentaskan di Ciputra Hall, Surabaya, pukul 16.00 WIB. Tahun lalu, lakon ini pernah dipentaskan di Yogyakarta.

Dalam karyanya ini, Marine berkolaborasi dengan dengan Mara Bijeljac, Julia Kovacs, dan Etienne Exbrayat, rekan-rekan perjalanannya dari Prancis, serta Mo’ong Santoso Pribadi dari Indonesia.

Mo’on sendiri adalah komposer dari Yogyakarta yang memproduksi karya “Limbah Berbunyi”, yaitu Gamelan dari barang-barang recycle.

Marine adalah pemenang program “Résidences sur mesure” dari Institut Français. Ia datang ke Indonesia untuk mencari inspirasi dan membangun proyek kolaborasi di Indonesia, yaitu di Yogyakarta, Sulawesi dan Kepulauan Togean.

Dari perjalanan artistik yang panjang ini lahirlah “Aquavitae”, sebuah pertunjukan unik yang mempertemukan seni pewayangan, video, dan elemen akuatik.

Dalam pencahariannya, Marine menjumpai Medusa, tokoh utama lakon ini. Dengan menempatkan dialog imajiner antara Medusa dengan anjing laut, lakon ini membawa kita ke semesta samudera, untuk bertanya kepada hati nurani kita, tentang perlunya melindungi laut kita.

Dalam mitologi Yunani, Medusa berarti “pelindung” atau “penjaga”. Namun karena tindakan persetubuhannya dengan Poseidon di kuil Athena, ia dikutuk oleh Athena menjadi seorang wanita paling mengerikan dengan rambut ularnya atau biasa dikenal dengan sebutan Gorgon.

Pentas teater boneka ini terselenggara dalam kerangka kerjasama dengan Institut Français Indonesia (IFI). IFI adalah hasil penggabungan Bagian Kerja Sama dan Kebudayaan (SCAC) Kedutaan Besar Prancis dan pusat-pusat kebudayaan Prancis (CCF) di Indonesia.

IFI mendukung kebebasan berekspresi dan keberagaman dalam konteks globalisasi seraya menunjukkan kompetensi dan keahliannya dalam mempromosikan budaya Prancis di seluruh dunia.

Di Indonesia, IFI hadir di 4 kota, yaitu Bandung, Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta. Keempat cabang tersebut menyediakan kursus bahasa Prancis, informasi tentang kegiatan budaya IFI dan biro konsultasi Campus France.

*Daniel Deha

Baca Juga

Corona Meluas, Teater Katak Tunda Pementasan “Zeus and The Olympian God”

Portal Teater - Mencermati transmisi virus corona (Covid-19) yang makin luas di Indonesia, Teater Katak mengumumkan penangguhan seluruh aktivitas produksi pertunjukan "Zeus and The...

Presiden Jokowi Tetapkan Pembatasan Skala Besar

Portal Teater - Setelah melewati pelbagai pertimbangan, Presiden Joko Widodo akhirnya secara resmi menetapkan pembatasan sosial berskala besar untuk menekan laju penyebaran dan pertumbuhan...

Italia Terpuruk Karena Corona, Ini Alasannya!

Portal Teater - Sekelebat Italia berubah menjadi negara paling terpukul oleh virus corona sejak pertama kali ditemukan di Provinsi Hubei, China, Desember 2019 lalu. Saat...

Terkini

Presiden Jokowi Tetapkan Pembatasan Skala Besar

Portal Teater - Setelah melewati pelbagai pertimbangan, Presiden Joko Widodo akhirnya secara resmi menetapkan pembatasan sosial berskala besar untuk menekan laju penyebaran dan pertumbuhan...

Kasus Corona Masih Fluktuatif, Ratusan Bioskop di China Kembali Ditutup

Portal Teater - Menyusul kembali meningginya penemuan pasien terkonfirmasi virus Corona akhir pekan lalu, otoritas China meminta pelaku industri bioskop untuk menutup kembali lebih...

ITI Ajak Insan Teater Berbagi Karya Lewat Media Daring

Portal Teater - Virus corona (Covid-19) merebak seantero dunia. Ratusan negara telah terpapar virus yang datang bagai ledakan asteroid ini. Sementara ratusan ribu umat...

Corona Meluas, Teater Katak Tunda Pementasan “Zeus and The Olympian God”

Portal Teater - Mencermati transmisi virus corona (Covid-19) yang makin luas di Indonesia, Teater Katak mengumumkan penangguhan seluruh aktivitas produksi pertunjukan "Zeus and The...

Tujuh Program Studiohanafi Ditunda Karena Corona

Portal Teater - Meluasnya penyebaran virus corona, di mana saat ini tercatat sudah 27 provinsi di Indonesia terpapar dan mungkin akan menghantam seluruh penduduk,...