Kelompok Oerip Yogyakarta Gelar Pameran Lukisan “OEROP”

Portal Teater – Para perupa yang tergabung dalam Kelompok Oerip mulai hari ini menggelar pameran lukisan di Bentara Budaya Yogyakarta. Pameran ini akan dibuka pada pukul 19.00 WIB dan akan berlangsung sepanjang 24-30 Juli 2019.

Para perupa yang tergabung dalam Kelompok Oerip adalah Ipong Purnama Sidhi, Tjahyadi Hartono, Ruslan, Katirin, Jony Ramlan, Januri, daan Gus Her.

Dalam pameran kali ini, mereka mengusung tema “Oerop”, sebuah refleksi estetis seni lukis, yang memaknai secara kritis arti kehidupan manusia, dan mencoba melihat ulang realitas sosial kita hari ini berdasarkan ingatan-ingatan sejarah.

Melalui tema ini, Kelompok Oerip juga ingin melihat dan menghayati kembali arti peristiwa itu melalui isyarat-isyarat simbolis, lalu sambil menakar keterkaitannya dengan konteks kehidupan saat ini.

Dalam tataran refleksi filosofis, tema ini juga ingin menunjukkan adanya kemiripan unik antara “mitos gua” Plato sebagai narasi filosofis simbolik tentang cara manusia mencoba memahami realitas, dengan cara masyarakat Jawa mencoba memaknai kenyataan hidup sejati lewat pitutur pertunjukan wayang.

Kemiripan tersebut adalah bahwa kedua alegori ini ingin memakai “sumber cahaya” untuk menghadirkan bayang-bayang dalam usaha mengungkap makna.

Dalam “mitos gua”, Plato (427-347 SM), berpendirian bahwa untuk memahami realitas secara gamblang, seseorang harus memiliki pengetahuan yang luas dan dalam. Jika tidak, banyak realitas yang hadir yang tidak dipahami secara baik dan tepat.

Plato mengibaratkan orang-orang itu seperti baru keluar dari dalam “gua”, di mana pandanganya tidak jelas dan kabur sehingga tidak bisa membedakan hitam-putih, baik-buruk dan lurus-bengkok kehidupannya. Secara sederhana, orang yang berpengetahuan sempit tidak bisa memanfaatkan potensi yang ada di dalam dirinya dengan baik.

Sementara dalam filsafat Jawa, pertunjukan wayang bukan lagi sebagai hiburan, akan tetapi sebagai gambaran keanekaan hidup manusia, tentang beratnya tanggung jawab yang terdapat dalam dalam pengambilan keputusan, alih-alih tidak memutuskan sesuatu.

Wayang adalah refleksi dari budaya Jawa yang mencerminkan kenyataan kehidupan, nilai dan tujuan kehidupan, moralitas, harapan, dan cita-cita kehidupan orang Jawa.

Cerita wayang dan karakter tokoh-tokoh mencerminkan sebagian dari situasi konkret kenyataan hidup masyarakat Jawa. Lakon dan pelaku-pelaku wayang pun merupakan contoh lakon dan tingkah laku manusia yang ada di dalam masyarakat.

Kedua alegori ini mengingatkan kita kepada seniman impresionis, para pengejar cahaya, pengudak fenomena ‘realitas sesaat’ yang mengandalkan matahari untuk menangkap kenyataan optik.

Akhirnya kita tiba pada pertanyaan yang paling mendasar: dapatkah manusia benar-benar memahami secara persis tentang sesuatu. ‘Tancep kayon’ bukanlah akhir, selama ‘blencong’, Sang Sumber Cahaya masih ‘Oeroep’, manusia masih punya daya dan harapan.

Dalam kerangka refleksi inilah pameran lukisan Kelompok Oerip ini disuguhkan kepada publik Yogyakarta dan Indonesia umumnya.

*Daniel Deha

Baca Juga

Virus Corona dan Problem Kultural

Portal Teater - Virus corona (Covid-19) yang kini melanda dunia, bagi Yuval Noah Harari, salah satu filsuf masakini, merupakan krisis global. Mungkin krisis terbesar...

Shahid Nadeem: Teater sebagai Kuil

Portal Teater - Dramawan terkemuka Pakistan Shahid Nadeem dalam pidatonya pada World Theater Day 2020 (27 Maret) mengatakan bahwa penciptaan teater masa kini harus...

Kasus Corona Masih Fluktuatif, Ratusan Bioskop di China Kembali Ditutup

Portal Teater - Menyusul kembali meningginya penemuan pasien terkonfirmasi virus Corona akhir pekan lalu, otoritas China meminta pelaku industri bioskop untuk menutup kembali lebih...

Terkini

Shahid Nadeem: Teater sebagai Kuil

Portal Teater - Dramawan terkemuka Pakistan Shahid Nadeem dalam pidatonya pada World Theater Day 2020 (27 Maret) mengatakan bahwa penciptaan teater masa kini harus...

Jelajahi Pameran dan Koleksi Seni Museum MACAN Lewat Tur Digital

Portal Teater - Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) Jakarta membuka program tur digital untuk mengajak publik menjelajahi pameran dan koleksi seni...

Satu Juta Penduduk Dunia Terinfeksi Virus Corona

Portal Teater - Virus Corona (Covid-19) telah memukul dunia di mana lebih dari satu juta penduduk terinfeksi patogen ini. Data ini menjadi tonggak pencapaian...

Intelijen AS Sebut China Sembunyikan Data Covid-19

Portal Teater - Intelijen Amerika Serikat dalam sebuah laporan rahasia mengatakan bahwa pemerintah China telah menyembunyikan data penyebaran virus Corona di negara itu, terutama...

Seni (Harus) Tetap Hidup Melawan Pandemi

Portal Teater - Beberapa bulan terakhir adalah masa berat bagi seluruh umat manusia, termasuk para seniman dan pekerja seni. Virus Corona (Covid-19) telah menewaskan...