Kemenparekraf Talangi Pekerja Pariwisata dan Seni

Portal Teater – Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berencana memberikan stimulus fiskal bagi pekerja di bidang pariwisata dan seni. Pendataan akan diperketat agar tidak terjadi duplikasi penerima manfaat dari bantuan tersebut.

Menteri Wishnutama Kusubandio mengatakan pada Kamis (9/4) bahwa bantuan tersebut akan diprioritaskan bagi pekeja di dua sektor yang terdampak langsung oleh virus Corona (Covid-19).

“Baik dari dinas, asosiasi, industri, asosiasi musikus, produser film, hingga seni pertunjukan dan lainnya. Nantinya, pihak yang didata akan memperoleh stimulus hingga bantuan Kartu Prakerja,” katanya, melansir Jurnas.com.

Wishnutama mengatakan, saat ini Kemenparekraf sedang melakukan penyesuaian postur anggaran dalam APBN 2020 untuk penanganan virus corona.

Dari hasil penghematan itu, Kemenparekraf akan mengalihkan dana sebesar Rp500 miliar dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA).

Anggaran tersebut akan dipakai untuk kepentingan pengadaan hotel dan transportasi bagi tenaga medis hingga pemberian bantuan stimulus kepada sektor-sektor terdampak.

Wishnutama menambahkan, pihaknya yang saat ini tengah melakukan pendataan pekerja pariwisata dan industri kreatif yang terimbas, akan bekerjasama dengan kementrian dan lembaga lain agar tidak terjadi pendobelan penerima bansos tersebut.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Seluruh Indonesia sebelumnya menyebutkan bahwa terdapat 1.266 hotel yang terpaksa tutup di 31 provinsi. Dari 1.266 hotel baru 844 hotel dan 74.101 karyawan yang terdata. Masih ada 422 yang belum terdata.

Karena itu, Wishnutama meminta para pelaku parekraf untuk segera melaporkan diri ke Pusat Krisis Terintegrasi sebagai jalur komunikasi dan edukasi bagi masyarakat melalui contact center Covid-19 +628118956767 (WA) atau email info@kemenparekraf.go.id.

Sebab Pusat Krisis Terintegrasi akan melakukan pendataan informasi industri pariwisata dan pelaku ekonomi kreatif yang terdampak Covid-19 di seluruh daerah.

Wishnutama sebelumnya juga meminta asosiasi atau industri pariwisata untuk berkoordinasi terkait perkembangan penanganan Corona di lingkup kementriannya.

Hilmar Farid. -Dok. antaranews.com
Hilmar Farid. -Dok. antaranews.com

Bergotong Royong

Stimulus fiskal untuk pekerja seni dari pos anggaran Kemenparekraf tentu akan meringankan beban Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang langsung mengayomi pekerja seni dan budaya.

Ini menunjukkan bahwa pemerintah sungguh memahami apa artinya semangat gotong royong dalam menopang kedua sektor industri yang saling berkaitan ini.

Sebelumnya, Ditjen Kebudayaan mencoba meraba-raba dari mana pos anggaran yang tepat untuk membantu para pekerja seni yang begitu terdampak dari pandemi global ini.

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid tengah pekan ini akhirnya memutuskan akan memberikan bantuan kepada pekerja seni dari skema bantuan PKH dan Kartu Pra-Kerja.

Di mana para pekerja seni yang berpenghasilan di bawah Rp10 juta, tidak punya pekerjaan lain selain di bidang seni, sudah berkeluarga, serta bukan merupakan peserta PKH akan diikutkan dalam skema PKH.

Jumlahnya pekerja seni yang sudah terdaftar dan masuk ke kategori ini sudah lebih dari 10.000 orang yang mengisi formulir.

Sementara untuk pekerja seni yang penghasilan di bawah Rp10 juta, tidak punya pekerjaan lain selain di bidang seni, belum berkeluarga, serta belum memiliki Kartu Pra-Kerja akan didaftarkan untuk mendapat Kartu Pra-Kerja.

Ditjen Kebudayaan mendapatkan data bahwa sudah ada lebih dari 8.000 orang yang mengisi formulir untuk jalur ini.

Diharapkan, ada kerjasama yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan swasta untuk mendata secara lengkap dan transparan mereka yang terdampak.*

Baca Juga

Update Corona 28 Mei: 6.240 Sembuh, 1.496 Meninggal, Total 24.538 Positif

Portal Teater - Kasus baru pada hari ini bertambah tipis menjadi 687 kasus, naik satu angka dari sebelumnya 686 kasus. Terkonfirmasinya 687 kasus baru ini...

Teater di Ruang Digital

Portal Teater - Bencana bukan alam sedang menghinggapi sebagian besar negara di dunia dan Indonesia termasuk kebagian. Wabah yang disebut Covid-19 sedang bergentayangan dan belum...

Sekali Dayung Dua-Tiga Pulau Terlampaui

Portal Teater - Pukulan misterius virus corona telah memporak-porandakan "sistem politik, ekonomi, dan budaya negara-negara", meminjam istilah yang diperkenalkan Harari beberapa waktu lalu. Tidak ada...

Terkini

Silang-Sengkarut “New Normal”

Portal Teater - Sejak beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo telah mendengungkan wacana pemberlakukan "new normal", atau yang menurut ahli Bahasa Indonesia sebut sebagai...

“Dini Ditu” Teater Kalangan: Menjahit Publik di Ruang Digital

Portal Teater - Kehadiran pandemi virus corona barangkali tak pernah dipikirkan atau diramalkan, meski ada teori konspirasi yang menyeruak belakangan bahwa Bill Gates telah...

Teater di Ruang Digital

Portal Teater - Bencana bukan alam sedang menghinggapi sebagian besar negara di dunia dan Indonesia termasuk kebagian. Wabah yang disebut Covid-19 sedang bergentayangan dan belum...

Rencana Reaktivasi Pembelajaran Ditolak

Portal Teater - Dunia pendidikan menjadi salah sektor yang ikut terpukul oleh pandemi virus corona. Di Indonesia, seluruh kegiatan pembelajaran dihentikan dan dilakukan secara...

Update Corona 29 Mei: Kasus Baru Turun Tipis, Total 25.216 Positif

Portal Teater - Kasus baru virus corona turun tipis pada Jumat (29/5) sebanyak 678 kasus dari sebelumnya 687 kasus. Dengan demikian, menurut juru bicara Achmad...