Juli 2, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Kisah pengorbanan tim dayung Indonesia untuk menuai medali SEA Games 2021

Jurnalis Kompas.com M. Hafiz Imaduddin berasal dari Vietnam.

Hanoi, KOMPAS.com – Perjuangan tim renang dayung atau Berenang dayung Indonesia berhasil meraih empat medali, termasuk dua emas Game kelautan 2021 tidak akan mudah.

Tim dayung Indonesia hanya punya waktu dua bulan untuk bersiap Sea Games 2021.

Waktu persiapan Janice Rosalida Suprianto Jumlah perenang dayung di SEA Games 2021 hampir tak tertandingi dan banyak yang sangat ketat.

Terbaru, perenang sirip Indonesia meraih total empat medali pada WIB Sabtu (21/5/2022) malam.

Baca selengkapnya: SEA Games 2021, Kisah Odecta Elvina Raih Emas

Medali SEA Games 2021 untuk tim renang dayung Indonesia dapat meningkat lebih lanjut karena enam nomor lagi belum dipertandingkan.

Lima medali yang diraih tim sirip Indonesia sejauh ini adalah dua emas, satu perak, dan satu perunggu.

Medali emas pertama untuk tim dayung Indonesia diraih oleh Harvey Hubert Marcello di nomor 100m putra oleh Finlandia.

Harvey Hubert Marcello yang tampil di Aquatic Sports Palace, My Tin Stadium, mencatatkan waktu tercepat dalam 43,510 detik.

Harvey Hubert mengalahkan saingan Vietnam Ngoc Huynh Nguyen untuk merebut medali perak.

Perolehan medali emas kedua tim dayung Indonesia ini berasal dari nomor estafet 4x200m nomor permukaan estafet putri.

Baca selengkapnya: Sea Games 2021: Kisah Mustaqim terus bersaing saat lutut berubah di final Perebutan Emas

Kuartet putri meraih empat medali emas pada nomor estafet 4x200m estafet putri, kuartet putri Katherine Eda Rahayu, Vania Elvira Elint, Antini Muthiah dan Janice Rosalida Supriando.

Seperti Harvey Hubert, Janice Rosalida dan lain-lain menjadi juara bersama delegasi Vietnam saat meraih medali emas SEA Games 2021.

READ  Bergabung dengan PSG, Lionel Messi Sudah Naik Jet Pribadi ke Paris: Oxon Bola

Tim dayung Indonesia hanya punya waktu dua bulan untuk bersiap

Kompas.com Setelah Janis Rosalita dkk meraih Medali Emas SEA Games 2021, saya berkesempatan bertemu dengan Mohammed Riyadh, Kepala Divisi Pengembangan dan Prestasi PB Possi.

Mohammed Riyadh langsung berangkat ke Vietnam bersama Janice Rosalita dan yang lainnya karena ia juga pernah menjadi ketua tim renang dayung Indonesia untuk SEA Games 2021.

Mohammad Riyadh dalam keterangannya mengaku sangat bersyukur tim dayung Indonesia mampu mencatatkan rekor meski dengan waktu persiapan yang singkat.

Baca selengkapnya: Kisah di balik perolehan emas Flair: Memecah ketegangan, menciptakan kejutan

“Pengumuman jumlah dayung renang yang masuk SEA Games 2021 datangnya sangat mendadak. Kami baru mengetahui informasinya pada Januari 2022. Setelah mendapat kabar tersebut, kami langsung melakukan seleksi nasional,” kata M. Riyad kepada Kompas.com.

“Kemudian kita akan melakukan latihan nasional di Jakarta mulai 20 Maret 2022 hingga kita berangkat ke Vietnam,” ujarnya. kata Riyad.

“Jika Anda mengacu pada magang nasional dua bulan, sungguh Mustahil (Untuk meraih prestasi di SEA Games),” ujar M. Riyad.

“Namun, semangat para atlet dan staf kepelatihan serta dukungan Bos PB selama diklat sangat membantu,” kata M. Riyadh.

“Target kita di SEA Games 2021 adalah meraih tiga medali emas. Kita bisa menambah satu medali emas lagi agar Indonesia Raya bisa bergema di Vietnam.” tambah Riyadh.

KOMPAS.com/M. Hafiz Imaduddin Kiri ke kanan: M Riyadh (Ketua Pinpress PP Bossi), Janice Rosalida Supriando, Katrina Eda Rahayu, Anthony Muthiah, Vania Elvira Elnt dan Menku Adji Pramukti (Pelatih Tim Pembina Nasional Renang Finn Indonesia) Sabtu (21/5/2022, Vi, Emas SEA Games 2021) Medali di Stadion My Tin, Istana Olahraga Akuatik. Janis Rosalita dan banyak lainnya meraih medali emas renang dayung dari nomor permukaan 4x200m estafet putri di SEA Games 2021.

Menku Adji Pramukti, pelatih Tim Latihan Nasional Tim Renang Dayung Indonesia, juga mengungkapkan rasa bangganya pada SEA Games 2021.

READ  Daftar Pemain Persib Bandung Yang Tak Bisa Main di Laga Lawan Persela, Sang 'Top Passer' Absen

Baca selengkapnya: Perebutan medali SEA Games 2021: Meraih 9 medali emas menjadikan Indonesia peringkat 3

Menku Adji Pramukti sangat senang bahwa kerja keras dan pengorbanan tim dayung Indonesia selama dua bulan pelatihan di Vietnam telah membuahkan hasil.

Menurut Menku Adji, tim dayung Indonesia akan terus berlatih selama Idul Fitri guna menyelesaikan persiapan SEA Games 2021.

“Persiapan dua bulan itu sangat singkat. Namun, waktu seolah-olah akan habis karena setiap hari kita dikejar target latihan,” kata Menku Adji. Kompas.com.

“Saat Idul Fitri kemarin, kami tidak pulang. Tanggung jawab kami berakhir di sana,” kata Mengu Adji.

“Kami sudah siap untuk tidak bersama keluarga saat lebaran kemarin. Ini semua untuk merah putih,” kata Menku Adji.

Janice Rosalida dan banyak lagi ekspresi bahagia setelah memenangkan Medali Emas SEA Games 2021

Catherine Eda Rahayu, Vania Elvira Ellend, Anthony Muthiah dan Janice Rosalida Supriando sangat emosional saat mampu merebut medali emas SEA Games 2021 nomor permukaan 4x200m estafet putri.

Bahkan Anthini Muthiah sempat memeluk M. Riyadh dan menangis saat meninggalkan arena pacuan kuda.

Baca selengkapnya: Hari Terakhir SEA Games 2021: Peluang Emas untuk Bulu Tangkis, Bola Basket, dan Bola Voli

“Kami sangat gugup sebelum balapan dimulai. Lawan kami terus bergabung di tengah pertandingan. Namun, itu justru membuat kami semakin bersemangat,” kata Anthony. Kompas.com.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kami selama ini. Terima kasih kepada para pelatih dan ofisial. Ini medali emas untuk kalian semua,” kata Anthony.

Bagi Anthony, pencapaian ini sangat istimewa karena mampu membawa pulang medali emas dalam debutnya di SEA Games 2021.

Vania Elvira dan Catherine Eda Rahayu menikmati hal yang sama.

READ  Setelah Lionel Messi, PSG Fokus Bawa Paul Pogba ke Gaji Besar: Oxon Bola

Menurut Janis Rosalita, rekor SEA Games 2021 sangat istimewa karena ia akhirnya mampu meraih medali emas pertamanya dari sejumlah event besar di Asia Tenggara.

Sebelumnya, Janice Rosalita pernah meraih medali perak di Sea Games 2011.

Baca selengkapnya: SEA Games 2021, Indonesia menambah dua medali emas dari sniper games

Janice Rosalita meraih medali emas dan perak dari Vietnam tahun ini.

Sebelum meraih medali emas bersama tiga rekannya, Janice Rosalida mampu meraih perak dari nomor tersebut. Berenang dayung 100m permukaan untuk wanita.

“Produk kami baru berumur dua bulan. Sebenarnya ini belum cukup. Namun, kami tetap berusaha keras,” kata Janice Rosalita.

“Alhamdulillah medali emas kami dapat. Saya tidak menyangka tim kami bisa meraih medali emas,” tambah Janice Rosalita.

Dapatkan pembaruan pesan pilihan Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Jom join team telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, Kemudian bergabung. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.