Februari 7, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Kode rahasia seorang kaisar Romawi berusia 500 tahun telah dipecahkan, dan isinya mencengangkan

Memuat…

Para ilmuwan telah berhasil memecahkan kode surat rahasia berusia 500 tahun dari seorang kaisar Romawi. Foto/BBC

Paris – ke Ilmuwan Perancis Dia mampu menguraikan kode rahasia surat yang ditandatangani pada tahun 1547 oleh penguasa paling kuat di Eropa saat itu. Surat itu mengungkapkan bahwa dia hidup dalam ketakutan akan upaya pembunuhan oleh seorang tentara bayaran Italia.

Dikirim oleh Kaisar Romawi Suci Charles V kepada duta besarnya di istana kerajaan Prancis – seorang pria bernama Jean de Saint-Marius – surat ini memberikan wawasan tentang hasrat para penguasa Eropa pada saat ketidakstabilan berbahaya yang disebabkan oleh perang agama dan persaingan. Kepentingan strategis.

Surat itu terdiri dari tiga halaman – sekitar 70 baris – sebagian besar ditulis menggunakan 120 sandi, tetapi juga tiga bagian dalam bahasa Prancis kontemporer biasa.

“Hal pertama adalah mengklasifikasikan simbol dan mencari pola. Tapi itu bukan hanya kode yang mewakili huruf – itu jauh lebih kompleks,” kata ahli kriptografi Cecile Pierrot.

“Hanya menghubungkannya ke komputer dan menyuruh komputer melakukannya akan memakan waktu lebih lama dari sejarah alam semesta!” Lebih lanjut dia menginformasikan BBCMinggu (27/11/2022).

Pierrot dan timnya belum menerbitkan terjemahan resmi lengkap mereka, yang dicadangkan untuk makalah akademis. Namun sorotan dari surat itu akan dirilis minggu ini.

Baca: Mengerikan, para ilmuwan menghidupkan kembali virus berusia 48.500 tahun

Dalam surat tersebut, Charles V mengungkapkan keprihatinannya untuk menjaga perdamaian dengan Prancis agar dia dapat memusatkan pasukannya melawan pemberontakan di Jerman oleh aliansi Protestan melawan Liga Schmalkaldic.

Kaisar Romawi Charles V Foto: BBC

Dia memberi tahu duta besar untuk tidak bereaksi di istana Prancis, terutama atas kematian Raja Henry.

READ  Selamat Natal bagi seorang Muslim Kristen?