Komite Musik DKJ Hadirkan 21 Peserta pada “Etno Musik Festival” Perdana

Portal Teater – Komite Musik Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) menggelar Etno Musik Festival pada 8-12 September 2019 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Festival yang direncanakan menjadi program tahunan ini menampilkan ragam acara, antara lain: pertunjukan, showcase, pameran, diskusi dan bazar.

Di gelaran perdananya, Etno Musik Festival menghadirkan 21 kelompok musik tradisi: 18 musik tradisi dari dalam negeri dan 3 kelompok musik tradisi dari luar negeri.

Dari luar negeri, Komite Musik DKJ mengundang kelompok musik tradisi dari China (Musik Dawai “HU”), Malaysia (Musik Melayu) dan Filipina (Musik Tradisi Philipine).

Sementara delapan belas perwakilan musik tradisi Nusantara, antara lain dari Jawa, Sumatra, Papua, Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi dan Kalimantan.

Dari Jawa diikuti oleh: Keroncong Irama Jakarta oleh 8 kelompok, yakni: Irama Jakarta (DKI Jakarta), Ensamble Membran oleh Banten Ensemble Percussion (Banten), Ronggeng Deli (Jakarta), Gambang Kromong (DKI Jakarta), Gamelan (Jawa Tengah), Reak oleh Sanggar Tibelat (Bandung Timur, Jawa Barat), Klothekan oleh Grup Musik Edi Peni (Trenggalek, Jawa Timur), dan Tarawangsa (Sumedang, Ranca Kalong, Jawa Barat).

Sementara dari Sumatra diwakilkan oleh Gondang dan Sarunai (Sumatera Utara) dan Talempong Gandang Agung oleh Kapur IX (Kabupaten LimaPuluh Kota, Sumatera Barat).

Dari Kalimantan ada Ritual Belian Bawo oleh Sanggar Seni Swalas Guna (Kutai Barat, Kalimantan Timur) dan Sape oleh Erlika Firanda dan Zhordhan Pratama Gustin (Tenggarong, Kalimantan Timur).

Dari Sulawesi diikuti oleh tiga kelompok, yakni: PA’TEINDE oleh Kelompok Musik Tradisi MANA (Toraja Utara, Sulawesi Selatan), Maccalong oleh Komunitas Budaya Sossorang (Sulawesi Barat), dan Vae Syukuran Panen, Tindua Ritual Pengobatan, menggunakan Lalove dan Gamuru oleh Pedati (Suku Kaili, Palu, Sulawesi Tengah).

Dari wilayah timur Indonesia, ada Selonding rOrAs Ensamble (Badung, Denpasar-Bali), NdunNdunDake oleh Dewan Kesenian Manggarai Barat (Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur), dan Dijiro dan Tifa (Papua).

Perkuat Literasi dan Jejaring Kerja

Etno Musik Festival akan dibuka pada Minggu (8/9), pukul 19.30 WIB. Pada acara pembukaan tersebut, akan ada pertunjukan kolaborasi yang diberi tajuk “Rampak Nusantara” oleh 16 grup musik tradisi.

Seremoni pembukaan juga akan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Adapun tujuan festival ini adalah untuk membangkitkan kembali ingatan kolektif masyarakat akan kekayaaan musik tradisi yang hidup di seluruh Nusantara, tetapi selama ini hampir tidak pernah disentuh.

Selain itu, festival ini bermaksud memperluas jejaring kerjasama antar kelompok musik tradisi Indonesia dengan pemusik tradisi luar negeri untuk bertukar gagasan penciptaan serta mendapatkan kesempatan tampil di panggung internasional.

Karena itu, event ini membutuhkan dukungan semua pihak, termasuk Pemerintah Daerah (Pemda), untuk menjaring dan memetakan secara baik keberadaan dan potensi musik di daerahnya.

Untuk jadwal pertunjukan, showcase, diskusi, dan pameran dapat dilihat pada link ini: https://portalteater.com/etno-musik-festival-hadir-untuk-merawat-musik-tradisi-nusantara/

*Daniel Deha

Baca Juga

Presiden Jokowi Tetapkan Pembatasan Skala Besar

Portal Teater - Setelah melewati pelbagai pertimbangan, Presiden Joko Widodo akhirnya secara resmi menetapkan pembatasan sosial berskala besar untuk menekan laju penyebaran dan pertumbuhan...

Kasus Corona Masih Fluktuatif, Ratusan Bioskop di China Kembali Ditutup

Portal Teater - Menyusul kembali meningginya penemuan pasien terkonfirmasi virus Corona akhir pekan lalu, otoritas China meminta pelaku industri bioskop untuk menutup kembali lebih...

Intelijen AS Sebut China Sembunyikan Data Covid-19

Portal Teater - Intelijen Amerika Serikat dalam sebuah laporan rahasia mengatakan bahwa pemerintah China telah menyembunyikan data penyebaran virus Corona di negara itu, terutama...

Terkini

Shahid Nadeem: Teater sebagai Kuil

Portal Teater - Dramawan terkemuka Pakistan Shahid Nadeem dalam pidatonya pada World Theater Day 2020 (27 Maret) mengatakan bahwa penciptaan teater masa kini harus...

Jelajahi Pameran dan Koleksi Seni Museum MACAN Lewat Tur Digital

Portal Teater - Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) Jakarta membuka program tur digital untuk mengajak publik menjelajahi pameran dan koleksi seni...

Satu Juta Penduduk Dunia Terinfeksi Virus Corona

Portal Teater - Virus Corona (Covid-19) telah memukul dunia di mana lebih dari satu juta penduduk terinfeksi patogen ini. Data ini menjadi tonggak pencapaian...

Intelijen AS Sebut China Sembunyikan Data Covid-19

Portal Teater - Intelijen Amerika Serikat dalam sebuah laporan rahasia mengatakan bahwa pemerintah China telah menyembunyikan data penyebaran virus Corona di negara itu, terutama...

Seni (Harus) Tetap Hidup Melawan Pandemi

Portal Teater - Beberapa bulan terakhir adalah masa berat bagi seluruh umat manusia, termasuk para seniman dan pekerja seni. Virus Corona (Covid-19) telah menewaskan...