Komite Teater DKJ: Ada Perkembangan Regenerasi Teater di FLS2N

Portal TeaterFestival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2019 melibatkan hampir 1.500 siswa dari 34 provinsi di Indonesia. Event yang mempertemukan para seniman muda ini menghadirkan aneka mata lomba untuk tiga kategori berbeda, yaitu tingkat SMA, SMK dan PPK (Pembinaan Pendidikan Khusus).

Tiap jenjang atau kategori pendidikan memiliki jenis lomba yang berbeda. Misalnya untuk tingkat SMA, ada perlombaan Baca Puisi, Cipta Puisi, Seni Kriya, Desain Poster, Tari Kreasi Berpasangan, Vokal Solo, Gitar Solo, Film Pendek dan Monolog.

Sementara untuk jenjang SMK, ada perlombaan Menyanyi Solo, Tari Tradisional, Musik Tradisional Daerah, Solo Gitar Klasik, Teater, Fim pendek dan Permainan Tradisional.

Khusus untuk jenjang PPK, diperlombakan beberapa bidang seni, misalnya Menyanyi Solo, Tari, Pantomim, Melukis, Desain Grafis, dan MTQ.

Diprakarsasi Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, FLS2N mula-mula digagas untuk menciptakan iklim pembinaan kesenian berjenjang.

Dalam seni teater, FLS2N dibuat untuk memetakan dan memperkuat matarantai regenerasi teater, yaitu antara teater muda (pelajar) dan profesional (umum).

Rita Matu Mona dan Direktur British Council Indonesia Paul Smtih dalam suatu kesempatan diskusi pada Djakarta Teater Platform 2019. -Dok. pribadi.
Rita Matu Mona dan Direktur British Council Indonesia Paul Smtih dalam suatu kesempatan diskusi pada Djakarta Teater Platform 2019. -Dok. pribadi.

Ada Regenerasi Teater

Di kategori lomba teater tingkat SMK, FLS2N 2019 mengundang salah satu anggota Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta, Rita Matu Mona, sebagai salah satu juri. Tahun lalu, ia juga menjadi juri lomba teater di FLS2N.

Rita, selain aktif di Komite Teater DKJ, terkenal di dunia teater, yaitu bersama Teater Koma (Jakarta) dan bermain teater hingga setidaknya 150 naskah pentas.

Menurutnya, teater SMK pada FLS2N cukup mengalami perkembangan signifikan, di mana dari semua provinsi menampilkan karya-karya terbaik mereka dengan potensinya masing-masing.

“Terjadi perkembangan yang tidak saya duga, itu sangat menggembirakan buat saya. Kebetulan saya di Dewan Kesenian Jakarta berada di Komite Teater. Jadi perkembangan teater di generasi muda dan dunia profesional itu penting untuk saya ketahui. Saya sebenarnya tadi cukup berbunga-bunga, tapi tidak mau saya perlihatkan,” katanya di Auditorium RRI Lampung, Selasa (17/9).

Diketahui, dalam ajang FLS2N jenjang SMK, peserta bidang lomba teater harus mengambil gagasan atau ide cerita yang berlatar belakang budaya, mitologi, atau dongeng dari daerah asal masing-masing.

Hal mana, mereka harus bisa mengambil inspirasi dari lokalitas yang dimiliki daerahnya, sekaligus mengedukasi generasi muda agar mencintai budaya dan keseniannya sendiri. Namun mereka tidak diperkenankan membuat replikasi.

“Mereka harus meng-create lagi, jadi ada penciptaan di dalam hal ini. Walaupun berlatar belakang budaya masing-masing dan kita juga kenal, tetap harus di-create ulang dengan pendekatan masa kini. Nah, gagasan itu sangat penting bagi kami (juri),” ungkapnya.

Rita Matu Mona dalam pentas "Semar Gugat" oleh Teater Koma, Maret 2016. -Dok. republika.co.id
Rita Matu Mona dalam pentas “Semar Gugat” oleh Teater Koma, Maret 2016. -Dok. republika.co.id

Urgensi Kerja Kolaborasi

Sebagai juri teater FLS2N, Rita melihat pentingnya kerja kolaborasi dalam sebuah pementasan teater. Karena di atas panggung, meski hanya dipentaskan tiga orang aktor, namun mereka harus mampu memperlihatkan kepiawaian berkolaborasi.

“Karena di teater itu mereka harus bekerja sama, itu penting untuk pembentukan karakter siswa,” katanya.

Memiliki latar belakang sebagai aktor, Rita mengungkapkan betapa teater mengajarkan dirinya tentang bagaimana menjalin sebuah hubungan dengan orang lain, karena prinsip kerja teater adalah kerja tim.

“Bahwa ketika kita bekerja sama, ego kita harus kita tekan. Jadi kita tidak boleh menjadi bintang sendiri, tapi lawan main kita atau grup kita juga menjadi bintang bersama saling mendukung,” tuturnya.

Kemampuan bekerja sama atau berkolaborasi di panggung teater pun berdampak pada kehidupan di luar panggung, termasuk bagaimana memaknai budaya toleransi.

“Ketika kita lagi berlatih, misalnya lawan main yang antagonis terlalu emosional, lalu kita berdiskusi, itu juga secara psikologis mengajarkan kita. Sehingga ketika kita bekerja sama dengan orang lain kita harus bisa menekan ego kita supaya orang lain juga muncul dan kita bisa bekerja sama dan berkomunikasi secara satu strata,” paparnya.

Bidang lomba teater untuk jenjang SMK di FLS2N 2019 berlangsung di Auditorium RRI di Bandar Lampung selama dua hari, yakni 17-18 September 2019. Setiap provinsi diberi waktu selama maksimal 20 menit untuk memberikan sebuah pertunjukan teater dengan tiga orang pemain dalam satu panggung.

Sumber: CNN Indonesia

*Daniel Deha

Baca Juga

Dewan Kesenian Inggris Luncurkan Rp2,9T Untuk Sokong Industri Seni

Portal Teater - Dewan Kesenian Inggris atau Arts Council England (ACE) telah meluncurkan paket tanggap darurat senilai £160 juta atau setara Rp2,9 triliun (kurs...

Penyebaran Virus Corona di Indonesia Terus Meluas

Portal Teater - Penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia terus meluas sejak pertama kali teridentifikasi melalui dua pasien di Depok, Jawa Barat, awal Maret...

Tujuh Program Studiohanafi Ditunda Karena Corona

Portal Teater - Meluasnya penyebaran virus corona, di mana saat ini tercatat sudah 27 provinsi di Indonesia terpapar dan mungkin akan menghantam seluruh penduduk,...

Terkini

Tujuh Program Studiohanafi Ditunda Karena Corona

Portal Teater - Meluasnya penyebaran virus corona, di mana saat ini tercatat sudah 27 provinsi di Indonesia terpapar dan mungkin akan menghantam seluruh penduduk,...

Merayakan Hari Teater Dunia Di Tengah Corona

Portal Teater - Keprihatinan yang mendalam saya sampaikan kepada seluruh rekan teater Indonesia yang sejak Februari 2020 harus membatalkan atau mengundurkan waktu pertunjukkan. Hal itu...

Cegah Covid-19 Baru, China Batasi Akses Wisatawan Asing

Portal Teater - Untuk mencegah penyebaran virus corona baru, otoritas China sementara waktu akan menutup perbatasannya untuk sebagian besar wisatawan asing. Penutupan akses tersebut...

Transmisi Virus Corona Tak Terbendung, AS Terbanyak

Portal Teater - Transmisi virus corona terus meluas. Ini menunjukkan bahwa penyebaran corona makin tak terbendung di tengah ketidaksiapan dan kelambanan negara-negara untuk mencegahnya....

Dewan Kesenian Inggris Luncurkan Rp2,9T Untuk Sokong Industri Seni

Portal Teater - Dewan Kesenian Inggris atau Arts Council England (ACE) telah meluncurkan paket tanggap darurat senilai £160 juta atau setara Rp2,9 triliun (kurs...