Liputan Media: Teater Arsip 2019, Wayang Beber & Sensory Ethnography

NETRALNEWS – Teater Arsip 2019 mengangkat judul program “Di Balik Setiap Pintu” menghadirkan Wayang Beber dan Sensory Ethnography saat pelajar asal Hongaria belajar tentang Budaya Jawa di Jogjakarta dan Solo.

Program Teater Arsip 2019 kali ini diselenggarakan pada 11-17 Maret 2019 dan bertempat di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat.

Kurator Péter Szilàgyi mengatakan, “Di Balik Setiap Pintu” berangkat dari rangkaian riset artistik yang panjang . Riset tersebut melibatkan kerja lintas-budaya dan dilakukan terhadap berbagai sumber.

Metode riset yang dimaksud menggunakan seluruh panca indra sebagai cara mengenali aksi-reaksi dalam mengolah data menjadi infomasi. Itulah yang oleh Peter disebut sebagai antropologi inderawi.

“Metode riset sensory ethnography dilakukan melalui pendekatan kehidupan sehari-hari. Riset tersebut dipresentasikan dalam sebuah film mixmedia documenter. Film itu berfokus pada pengalaman ragawi siswa-siswi asal Hongaria yang datang ke Indonesia dan belajar tentang Budaya Jawa di Jogjakarta dan Solo,” kata Péter saat konferensi pers di TIM, Senin (11/3/2019).

Turut hadir dalam konferensi pers, Perwakilan dari Kedutaan Besar Hongaria Katalin Boszormenyi Nagy dan Ketua Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), Irawan Karseno. Hadir pula, Direktur Riset dan Pengembangan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Wawan Rusiawan.

Dijelaskan Péter, “Di Balik Setiap Pintu” mewakili rangkaian kegiatan yang berlangsung selama sepekan. Diantaranya ada Pameran “Di Balik Setiap Pintu” dan Pertunjukan“Wayang Beber Metropolitan” dan pemutaran Film ”Di Balik Setiap Pintu dan Sensory Ethnography”. Ada pula Pertunjukan Musik oleh AirMataHAri Project, Pertunjukan Musik dan Tari “Tools”, serta Melukis Wayang Beber Bersama.

Segenap rangkaian kegiatan itu akan mengawal agenda utama program Teater Arsip 2019, yakni workshop yang menghadirkan 30 peserta lintas-keilmuan.

Selama enam hari (12-17 Maret) para peserta workshop akan mendalami tema “Sensory Ethnography”. Para peserta akan difasilitasi oleh Bambang Mbesur Suryono, Dani lswardana, Dea Widyaevan, Misbach Dieng Bilok, Péter Szilágyi, Vivien Sarkany, Yola Yulfianti.

“Di Balik Setiap Pintu” sejatinya juga merupakan karya kurasi atas proses dan hasil riset Péter, Dani Iswardana, dan Vivien Sarkany. Komite Teater DKJ menghadirkannya sebagai program Teater Arsip 2019 yang berbasis pemetaan atas Wayang Beber dengan Sensory Ethnography.

Pada kesempatan yang sama, salah satu peserta workshop Rully Nugraha (25) mengaku tertarik mengikuti worksop mengenai Sensory Etnography. Bagi Rully, Sensory Etnography menjadi salah satu ilmu yang baru baginya, yang biasanya dia ketahui masuk ke dalam ilmu sosial.

“Saya berharap, program ini dapat menambah wawasan serta menambah teman-teman baru. Saya juga berharap bisa menambah jaringan berkesenian di Jakarta,” harap pria asal Padang pada NNC.

* MARTINA ROSA DWI LESTARI

Baca Juga

Teater Karantina #1: Wabah Athena, Galen dan Oedipus Kode

Portal Teater - Lukisan Michiel Sweerts, "Wabah di Kota Tua" (Plague in an Ancient City) banyak dikutip dan dipercayai mengambarkan wabah besar yang pernah...

Kartu Pra-Kerja untuk Karyawan PHK

Portal Teater - Pemerintah memutuskan untuk memprioritaskan pemberian dana bantuan sosial dari Program Kartu Pra-Kerja kepada masyarakat yang menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) lantaran...

Jokowi: Glenn Fredly Lebih Dari Seorang Musisi

Portal Teater - Presiden Joko Widodo menyampaikan kabar duka atas berpulangnya musisi gaek Glenn Fredly pada Rabu (8/4) malam. Glenn diketahui meninggal karena penyakit...

Terkini

PSBB untuk Jakarta Berlaku Selama Dua Minggu

Portal Teater - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama dua minggu ke depan, mulai 10-23 April 2020. Penetapan PSBB...

Kemenparekraf Talangi Pekerja Pariwisata dan Seni

Portal Teater - Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berencana memberikan stimulus fiskal bagi pekerja di bidang pariwisata dan seni. Pendataan akan diperketat agar tidak...

Temuan Kasus Baru Melonjak Drastis

Portal Teater - Temuan kasus baru pasien terkonfirmasi virus Corona (Covid-19) di Indonesia melonjak drastis pada Kamis (9/4). Otoritas melaporkan, ada 337 kasus baru...

500 Juta Penduduk Dunia akan Jatuh Miskin Karena Corona

Portal Teater - Oxfam, sebuah organisasi nirlaba dari Inggris yang fokus pada penanggulangan bencana dan advokasi, mengatakan pada Kamis (9/4) bahwa dampak dari penyebaran...

Festival Teater Nasional 2020 Ditunda

Portal Teater - Teater Gema mengumumkan secara resmi penundaan pelaksanaan Festival Teater Nasional tahun 2020. Kabar penangguhan disampaikan melalui publikasi di akun media sosialnya,...