Juli 25, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Lukisan binatang tertua di dunia ditemukan di Sulawesi Selatan dan konon dibuat 51.200 tahun lalu.

Lukisan binatang tertua di dunia ditemukan di Sulawesi Selatan dan konon dibuat 51.200 tahun lalu.

KOMPAS.comLukisan Hewan tertua di dunia telah ditemukan di sebuah gua di Sulawesi Selatan, Indonesia oleh ilmuwan Australia dan Indonesia.

Lukisan Sayang Hutan dan tiga sosok manusia setidaknya berusia 51.200 tahun, dengan yang tertua berusia 5.000 tahun Lukisan Gua primitif terdahulu juga ada di Sulawesi Selatan.

Penemuan tersebut menunjukkan bahwa manusia modern memiliki kemampuan berpikir kreatif lebih lama dari perkiraan sebelumnya.

Profesor Maxim Aubert, dari Universitas Griffith di Australia, mengatakan kepada BBC News bahwa penemuan ini dapat mengubah gagasan tentang evolusi manusia.

“Lukisan itu menceritakan kisah yang kompleks. Ini adalah bukti paling awal yang kami miliki tentang cerita tersebut. “Hal ini menunjukkan bahwa manusia pada masa itu mempunyai kemampuan berpikir abstrak,” ujarnya.

Baca selengkapnya: Lukisan gua tertua di dunia ditemukan di Indonesia, berusia 51.200 tahun

Akan seperti apa lukisan itu?

Lukisan tersebut memperlihatkan seekor babi dengan mulut terbuka sebagian dan berdiri dengan setidaknya tiga sosok manusia.

Sosok manusia bertubuh besar itu memegang tongkat dengan kedua tangan terentang.

Posisi gambar kedua berada di depan babi hutan. Di sebelah hidung babi ada kepalanya. Ia juga tampak memegang sebatang tongkat, yang salah satu ujungnya mungkin masuk ke tenggorokan babi.

Sosok terakhir yang mirip manusia muncul terbalik, kakinya mengarah ke atas dan ke luar. Salah satu tangannya terulur ke arah babi dan seolah menyentuh kepala babi.

Tim ilmuwan dipimpin oleh Ati Agus Octaviana, pakar seni cadas Indonesia dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRIN) di Jakarta. Mendongeng telah lama menjadi bagian penting dari budaya manusia purba di Indonesia, ujarnya.

READ  Kondisi Bharata E yang menjadi tersangka penembakan Brigadir J dalam kondisi sehat namun belum siap masuk penjara.

Baca selengkapnya: Lukisan gua berusia 51.200 tahun yang ditemukan di Sulawesi mengungkap asal mula seni mendongeng

“Manusia mungkin sudah bercerita sejak 51.200 tahun yang lalu. “Tetapi karena kata-kata tidak menjadi fosil, kita hanya dapat menggunakan metode tidak langsung, seperti menggambarkan pemandangan dalam seni – dan seni Sulawesi kini menjadi bukti tertua dalam arkeologi,” katanya.

Gambar binatang tertua sebelumnya ditemukan di Liang Tedongnge, Kabupaten Kepulauan Pangajene, Sulawesi Selatan.

Lukisan kuno ini menggambarkan tiga ekor babi Sulawesi (Sus celebensis). Diperkirakan berumur 45.500 tahun.

Berita BBC Indonesia Dia menutup lukisan itu pada tahun 2021.

Apa saja lukisan gua yang ada di Sulawesi Selatan?

BRIN melalui BBC Indonesia Lukisan binatang dan tiga sosok manusia ditemukan di Sulawesi Selatan.

Bukti pertama figur batu ditemukan di Gua Blombos di Afrika Selatan. Gambar dengan pola geometris ini berasal dari 75.000 hingga 100.000 tahun yang lalu.

Mengenai lukisan di Gua Kapur Liang Karampung di wilayah Maros-Pangeb, Sulawesi Selatan, menampilkan seni representasi – dan representasi abstrak dunia sekitar orang yang menggambarnya. Dengan demikian, lukisan mewakili sebuah evolusi dalam proses berpikir spesies kita yang mengarah pada seni dan sains.

Menurut editor senior jurnal tersebut, Dr. Henry Gee, pertanyaannya adalah apa yang memicu kebangkitan pikiran manusia ini. AlamMedia mempublikasikan rincian temuan lukisan itu.

“Sesuatu sepertinya telah terjadi 50.000 tahun yang lalu, setelah semua spesies manusia seperti Neanderthal dan Hobbit punah.

“Sangat romantis membayangkan sesuatu terjadi di otak manusia pada suatu saat. Saya pikir mungkin ada contoh seni representasional yang lebih awal.

READ  Gol tunggal Kalhanoglu memenangkan ular

Baca selengkapnya: Desa wisata Paleng di Sulawesi Selatan memiliki taman batu berusia 15 juta tahun dan lukisan kuno.

Bagaimana cara memperkirakan umur sebuah lukisan?

Usia lukisan di Sulawesi Selatan dapat diperkirakan dengan menggunakan metode baru, yaitu pemotongan sebagian kecil lukisan dengan menggunakan laser.

Dengan cara ini, peneliti dapat mempelajari berbagai bagian karya seni secara lebih detail dan menghasilkan tanggal yang lebih akurat.

Seiring dengan semakin meluasnya penggunaan metode baru ini, beberapa lukisan gua di seluruh dunia dapat diberi penanggalan ulang, sehingga seni representasi mungkin muncul lebih lambat dari yang diperkirakan sebelumnya.

Hingga 10 tahun yang lalu, bukti seni gua kuno hanya ditemukan di tempat seperti Spanyol dan Perancis bagian selatan. Hal ini membuat sebagian orang percaya bahwa ledakan kreatif yang melahirkan seni dan sains yang kita kenal sekarang dimulai di Eropa.

Baca selengkapnya: Masyarakat membutuhkan seni, begitu pula bangsa ini: Catatan Pameran Lukisan Lintas Agama

Namun penemuan gambar Sidik jari manusia di Sulawesi Selatan Tahun 2014 mematahkan visi itu.

Kemudian pada bulan November 2018 Gua Lubang Geriji Saleh Di pulau Kalimantan, Indonesia, para ilmuwan telah menemukan karya seni tertua yang menggambarkan binatang, diperkirakan berusia lebih dari 40.000 tahun.

Profesor Adam Broome dari Griffith University mengatakan penemuan seni gua baru-baru ini di Indonesia memberikan pencerahan baru tentang peran penting bercerita dalam sejarah seni.

“Patut dicatat bahwa seni gua tertua yang kami temukan sejauh ini di Sulawesi mengandung adegan-adegan yang dapat dikenali: yaitu lukisan yang menggambarkan interaksi manusia dan hewan, kami dapat menyimpulkan bahwa sang seniman ingin menyampaikan semacam cerita – sebuah cerita,” ujarnya. .

READ  Inilah Jarangnya Hujan Meteor di Rumah-rumah Orang di Lombok


mendengarkan berita penting Dan Berita khusus Kami ada di telepon Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk mengakses pesan saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.