Juli 2, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Mana yang lebih dingin, Kutub Utara atau Kutub Selatan? Semua halaman

KOMPAS.com – Dua Kutub bumi, kutub Utara Dan Di Kutub Selatan Harus menjadi tempat paling keren di planet ini. Meskipun ini mungkin tampak serupa, ternyata ada yang lebih Dingin Dibandingkan dengan yang lain.

Pendinginan Kutub Utara dan Kutub Selatan disebabkan karena posisi planet di atas dan di bawahnya, sehingga tidak menerima cahaya langsung dari Matahari.

Di kedua tempat, matahari selalu rendah di cakrawala, bahkan di pertengahan musim panas.

Di musim dingin, matahari berada di bawah cakrawala dan tidak muncul selama beberapa bulan pada suatu waktu.

Permukaan putih es dan es di kutub sangat reflektif.

Baca selengkapnya: Pemanasan kutub bumi, Antartika, dan Kutub Utara mengalami suhu tinggi

Sebagian besar energi yang berasal dari sinar matahari yang mencapai daerah kutub bumi dipantulkan kembali ke angkasa, menjaga udara di atas permukaan relatif dingin.

Meskipun faktor-faktor ini menyebabkan kedua kutub mendingin, Kutub Selatan, Antartika Jauh lebih dingin daripada Kutub Utara.

Menurut Institut Oseanografi Woods Hole, suhu tahunan rata-rata di Kutub Utara minus 40 derajat Fahrenheit (-40 derajat Celcius) di musim dingin dan 32 derajat Fahrenheit di musim panas.

Sebaliknya, Kutub Selatan rata-rata sangat dingin dengan minus 76 derajat Fahrenheit (-60 derajat Celcius) di musim dingin dan minus 18 derajat Fahrenheit (-28,2 derajat Celcius) di musim panas.

Kutub Selatan Antartika dingin

Alasan utama mengapa Kutub Selatan lebih dingin daripada Kutub Utara adalah karena perbedaan utama antara lautan dan benua.

Baca selengkapnya: 5 hewan yang hidup di Arktik, bukan hanya beruang

Shutterstock / nwdph Deskripsi Adelie Penguin di Antartika. Spesies penguin langka yang hanya hidup di Kutub Selatan Antartika.

“Kutub Utara adalah lautan dan Kutub Selatan adalah benua,” kata Robin Bell, ilmuwan kutub di Pusat Survei Geologi Lamont-Doherty Universitas Columbia. Ilmu langsungSelasa (7/6/2022).

READ  Kelompok Milisi Sadis Rusia dan Ukraina, Komandannya Suka Kumpulkan Kuping Musuh

Arktik Tanah yang dikelilingi oleh tanah, tanah yang dikelilingi oleh lautan Antartika.

Air mendingin dan menghangat lebih lambat daripada daratan, menghasilkan puncak suhu yang lebih rendah.

Meskipun Samudra Arktik tertutup oleh es, suhu airnya yang relatif hangat memiliki efek moderat pada iklim di sana, membantu menjaga Arktik lebih hangat daripada Antartika.

Selain itu, Antartika merupakan benua tertinggi dengan ketinggian rata-rata 7.500 kaki (2.300 m).

Baca selengkapnya: Studi ini mengungkapkan polusi nanoplastik pertama kali terdeteksi di kutub bumi

Itu saling berhubungan dan karena ada lebih banyak ruang di bumi, itu akan menjadi lebih dingin.

Kutub mana yang memiliki es paling banyak?

Di kedua kutub, es bervariasi sepanjang tahun, tumbuh di musim dingin yang panjang dan gelap, dan mencair di musim panas yang cerah dan panas.

Sebagian besar variasi es di Kutub Utara dan Kutub Selatan ini disebabkan oleh es laut yang mengambang, tumbuh, dan mencair di lautan.

Karena Arktik hampir seluruhnya terkurung daratan, es laut yang terbentuk di sana tidak seperti es laut di Antartika.

Dengan demikian, es laut Arktik yang mengambang lebih mungkin untuk menyatu, biasanya setebal 2-3 meter dibandingkan dengan es laut Arktik. Es laut AntartikaJaraknya sekitar 1-2 meter.

Baca selengkapnya: Perubahan iklim menyebabkan lapisan es terakhir di Kutub Utara mencair

Rata-rata, es laut Arktik mencakup minimal 2,5 juta mil persegi (6,5 juta km persegi) dan maksimum 6 juta mil persegi (15,6 juta km persegi).

Sebagai perbandingan, rata-rata lapisan es Antartika memiliki luas minimum 3,1 juta kilometer persegi dan luas maksimum yang besar sebesar 7,2 juta mil persegi (18,8 juta kilometer persegi).

READ  10 Fakta Mengejutkan Tentang Negara Islam Diktator Turkmenistan!

Secara keseluruhan, Antartika membentuk 90 persen dari lapisan es dunia.

“Jumlah dan massa es di Bumi sedikit berubah di musim panas karena ukuran dan massanya begitu besar,” kata Cecilia Pitts, ilmuwan iklim kutub di University of Washington di Seattle.

Studi tentang lapisan es kutub telah menunjukkan bahwa ketebalan dan volume es laut musim panas Arktik telah menurun secara dramatis selama 30 tahun terakhir.

Baca selengkapnya: Beruang kutub mengejar dan berburu rusa akibat mencairnya es laut Arktik

Ini konsisten dengan pengamatan pemanasan Arktik.

“Es Arktik dan Greenland menurun dengan cepat, terutama karena pemanasan global,” kata Pitts.

“Runtuhnya es laut Arktik yang meluas dapat menyebabkan lebih banyak pemanasan, yang pada gilirannya meningkatkan pemanasan yang memulai hilangnya es,” lanjutnya.

Sebaliknya, hilangnya es laut di sekitar Antartika dan hilangnya es glasial di Antartika telah berubah selama 40 tahun terakhir.

“Dinamika iklim Antartika sangat kompleks karena angin dan sirkulasi laut adalah faktor terpenting di sana,” kata Pitts.

Baca selengkapnya: Pemanasan Arktik dan pencairan es laut Arktik mempengaruhi atmosfer

Dapatkan pembaruan pesan pilihan Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Jom join team telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, Kemudian bergabung. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.