Mei 29, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Mars sering diguncang gempa, dan NASA mencatat 1.313 peristiwa dalam 1.222 hari

Mars sering diguncang gempa, dan NASA mencatat 1.313 peristiwa dalam 1.222 hari

Californiaplanet mars Tempat yang digadang-gadang akan menjadi tempat tinggal manusia di masa depan seringkali terguncang Gempa bumi . Pendarat Insight Mars NASA telah mendeteksi 1.313 gempa bumi sejak mendarat di Mars pada November 2018.

Peristiwa terbaru adalah pendarat Insight Mars NASA pada 4 Mei 2022 atau tepatnya 1.222 hari kemudian, yang mencatat gempa berkekuatan 5 SR. Gempa terbesar sebelumnya, berkekuatan 4,2 skala Richter, dilaporkan pada 25 Agustus 2021.

Gempa berkekuatan 5 sedang dibandingkan dengan gempa berkekuatan 6,0 di Bumi tetapi mendekati batas yang diperkirakan para ilmuwan untuk terjadi di Mars selama misi Insight. Sebelum memberikan rincian tentang lokasi gempa baru ini, sifat sumbernya dan apa yang mungkin terjadi di ruang bawah tanah Mars, tim ilmiah harus mempelajari lebih lanjut gempa baru ini.

Baca lebih banyak; Pesawat ruang angkasa NASA memeriksa jejak tata surya kuno

“Sejak seismometer dipasang pada Desember 2018, kami menunggu yang ‘lebih besar’.

InSight dikirim ke Mars pada seismometer sensitivitas tinggi yang disediakan oleh French Centre National d’√Čtudes Spatiales (CNES) untuk mempelajari interior Mars. Ketika gelombang seismik melewati atau memantulkan benda-benda di kerak, mantel, dan pusat Mars, mereka berubah dengan cara yang dapat dipelajari oleh para seismolog untuk menentukan kedalaman dan komposisi lapisan-lapisan ini.

Mempelajari struktur Mars akan membantu para ilmuwan lebih memahami pembentukan semua dunia berbatu, termasuk Bumi dan bulan-bulannya. “Para ilmuwan akan menganalisis data ini untuk mempelajari hal-hal baru tentang Mars di tahun-tahun mendatang,” tambah Bonert.

Baca lebih banyak; Mars memiliki gunung berapi yang kuat dengan ketinggian sekitar 6,8 km

Gempa besar terjadi ketika Insight mengalami masalah dengan panel suryanya, yang menyediakan energi selama perjalanannya ke Mars. Karena saat ini adalah musim dingin untuk lokasi Insight di Mars, jumlah sinar matahari berkurang karena ada lebih banyak debu di udara.

READ  Inilah perbedaan antara meteorit, meteorit, dan asteroid

Pada 7 Mei 2022, pendarat turun di bawah batas daya yang tersedia dan tersandung ke mode aman, di mana pesawat ruang angkasa menghentikan semua operasi kecuali yang paling penting. Reaksi ini dirancang untuk melindungi pendarat dan dapat terjadi lagi karena daya yang tersedia perlahan-lahan berkurang.

NASA memperpanjang misi hingga Desember 2022, setelah menyelesaikan misi utamanya pada akhir 2020 dan mencapai tujuan ilmiah. Informasi lebih lanjut tentang Mars diharapkan.

(wib)