Februari 5, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Memang! Ojol membawa 3 sepeda sekaligus dan tetap tersenyum meskipun ada masalah

Jakarta

Baru-baru ini, Virus Di media sosial, tukang ojek online atau Ojol Tiga unit membawa sepeda sekaligus. Menariknya, meski terlihat tangguh, ia tetap tersenyum.

Melalui video singkat yang dibagikan oleh akun Instagram tersebut @sibalingojolPengemudi Ojol itu terlihat mengendarai skuter matik Honda Vario 125. Sedangkan tiga sepeda yang dibawanya disimpan di jok belakang dengan bantuan tali.

“Gak ada musuh, sikat sikat sikat” tulis pengelola akun @sipalingojol, detikOto, Sabtu (21/1/2023).

Viral Ojol membawa tiga siklus secara bersamaan. Foto: Instagram @sipalingojol

Terlihat tiga unit sepeda yang dibawa oleh pengemudi Ojole memiliki dimensi yang sangat besar. Ada banyak komponen seperti roda yang dibiarkan terpisah. Nah, memiliki sepeda membuat pengendaranya duduk sedikit lebih ke depan.

Pengemudi Ojol itu tersenyum kepada pengendara lain yang mendaftarkannya, meski terlihat kesulitan membawa benda berukuran besar. Bahkan, ia pun mengacungkan jempol dan memberi isyarat tiga jari untuk menunjukkan nomor sepeda yang dibawanya.

Viral Ojol membawa tiga siklus secara bersamaan.Viral Ojol membawa tiga siklus secara bersamaan. Foto: Instagram @sipalingojol

Pemandangan unik ini mendapat banyak tanggapan dari warganet. Kebanyakan dari mereka mengingatkan pengemudi untuk berhati-hati saat membawa barang bawaan yang berat.

“Oi hati-hati pak… ada kemungkinan motornya goyang,” tulis seorang netizen.

“Hati-hati di jalan, jangan sampai ketahuan bawa uang kecil, keselamatan pengemudi diabaikan,” ujar yang lain.

[Gambas:Instagram]

Aturan yang berkaitan dengan pemuatan sepeda motor

Diketahui bahwa pengendara tidak disarankan untuk membawa barang yang sangat berat dan besar. Karena selain membuat mesin bekerja lebih keras, juga membahayakan Anda dan pengendara lain.

Padahal, sudah ada aturan yang secara tegas mengatur batas muatan sepeda motor yaitu Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan Pasal 10 ayat (4) dan Pasal 11 menyebutkan bahwa beban pada sepeda motor tidak boleh melebihi lebar gagang kemudi.

READ  Transformasi Daihatsu Terios menjadi gaya mobil petualangan cocok untuk BlueSukan

Selain itu, barang kargo juga harus diletakkan di belakang pengendara. Dalam hal ketinggian muatan, barang muatan tidak boleh kurang dari 90 cm atau satu meter dari atas kursi pengemudi. agar tidak mengganggu kontrol motor.

Sangat penting untuk mematuhi peraturan mengenai batas beban pada sepeda motor. Karena pelanggaran itu bisa dipidana. Hal itu tertuang dalam Pasal 307 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009.

Barangsiapa mengemudikan kendaraan bermotor untuk pengangkutan barang umum dan tidak memenuhi ketentuan mengenai tata cara pemuatan, daya angkut, ukuran kendaraan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 169 ayat 1 dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 bulan. Maksimal Rp. 500.000 baik.

Tonton videonya”Pengemudi Ojol ini marah dan tak terima ditegur karena melawan arah
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/lth)