Mendata Pekerja Seni Terdampak Corona

Portal TeaterPemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kebudayaan membuka pendataan bagi pekerja dan pelaku seni di ibukota yang terdampak secara ekonomi akibat virus Corona (Covid-19).

Kepala Dinas Kebudayaan Iwan Henry Wardhana dalam sebuah pernyataan di akun media sosial resmi pemerintah (@disbuddki) mengatakan, pendataan ini merupakan upaya untuk menopang kerja kesenian agar terus bertumbuh di masa krisis.

Iwan menjelaskan, pendataan meliputi penundaan pertunjukan, penutupan galeri dan atau yang bekerja di rumah namun tidak memiliki pemasukan.

Adapun pendataan dibuka sejak akhir pekan lalu dan akan ditutup pada Selasa, 7 April 2020. Pendataan dilakukan dengan mengisi tautan bit.ly/SeniBudayaCovid19.

Menurut Iwan, wabah global Corona memiliki dampak yang yang luas dan besar terhadap segala sektor kehidupan manusia. Salah satunya sektor perekonomian.

Karena itu, Pemprov DKI Jakarta berniat mencari solusi atau bantuan kepada pemerintah atau mitra swasta/perorangan untuk menyokong kinerja para pekerja seni di Jakarta yang terdampak langsung pandemi global ini.

“Silahkan isi formulir ini dengan data yang jujur, benar dan lengkap. Data akan sampaikan kepada Gubernur DKI Jakarta cq. Kepala Biro Kerjasama Daerah,” kata Iwan, melansir @disbuddki, Sabtu (4/4).

Pendataan pekerja seni terdampak virus Corona. -Dok. @disbuddki.
Pendataan pekerja seni terdampak virus Corona. -Dok. @disbuddki.

Belum Memiliki Data

Beberapa pekan lalu, ketika wabah ini mulai merebak di ibukota, Portal Teater sempat menghubungi salah satu pejabat pada Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

Ketika mengkonfimasi mengenai perkiraan kerugian akibat penutupan sekitar 29 tempat wisata budaya di Jakarta, Pemprov DKI Jakarta belum mendapatkan data yang pasti karena belum memiliki informasi yang lengkap.

Dengan pendataan online ini, diharapkan dapat menyasar lebih luas para pekerja dan pelaku seni agar dapat melaporkan secara transparan kerugian akibat penundaan atau pembatalan acara serta penutupan pusat-pusat kesenian di ibukota.

Pendataan ini pada prinsipnya tidak hanya terjadi di Jakarta, tetapi dapat dilakukan di provinsi atau daerah lain yang juga terdampak meski dengan tingkat kerugian yang berbeda.

Data Koalisi Seni

Koalisi Seni per Jumat, 3 April 2020, mencatat bahwa ada ratusan acara seni di Indonesia yang mengalami kerugian akibat wabah Corona. Rinciannya sebagai berikut:

  • 21 proses produksi, rilis, dan festival film
  • 98 konser, tur, dan festival musik
  • 1 acara sastra
  • 18 pameran dan museum seni rupa
  • 9 pertunjukan tari
  • 34 pentas teater, pantomim, wayang, boneka, dan dongeng

Pada Senin (6/4), Koalisi Seni menggagas Urun Rembuk dengan menghadirkan para pemangku kepentingan seni dan budaya untuk membicarakan bagaimana kebijakan dan solusi yang dapat dicari bersama untuk menopang kehilangan pendapatan pekerja seni.

Urun Rembuk ini dimulai pada pukul 14.00-16.00 WIB dengan tiga pembicara: Hafez Gumay (Koordinator Advokasi Kebijakan Koalisi Seni), Hilmar Farid (Dirjen Kebudayaan), dan Farah Wardani (Direktur Jakarta Biennale).

Sebagai upaya membantu kerja pemerintah, Koalisi Seni juga membuka pendataan terkait acara seni dan budaya yang terdampak Corona. Pendataannya tanpa batas waktu di link bit.ly/acarabatal.

Dengan kerjasama yang makin baik antara pemerintah dan lembaga swasta, diharapkan menciptakan satu sistem data yang terintegrasi tentang kondisi kesenian di Indonesia. Terutama kondisi pekerja dan pelaku seni di tengah krisis.*

Baca Juga

Silang-Sengkarut “New Normal”

Portal Teater - Sejak beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo telah mendengungkan wacana pemberlakukan "new normal", atau yang menurut ahli Bahasa Indonesia sebut sebagai...

Pasien Meninggal di AS Tembus 100 Ribu Orang

Portal Teater - Kematian akibat virus corona di Amerika Serikat telah mencapai 100 ribu orang pada Kamis (28/5). Ini terjadi hanya lebih dari empat bulan...

Tes Corona Indonesia Terkendala Biaya

Portal Teater - Jumlah pengujian spesimen virus corona di Indonesia terkendala biaya yang cukup mahal jika dibandingkan negara lain. Rata-rata per tes dibandrol seharga...

Terkini

Silang-Sengkarut “New Normal”

Portal Teater - Sejak beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo telah mendengungkan wacana pemberlakukan "new normal", atau yang menurut ahli Bahasa Indonesia sebut sebagai...

“Dini Ditu” Teater Kalangan: Menjahit Publik di Ruang Digital

Portal Teater - Kehadiran pandemi virus corona barangkali tak pernah dipikirkan atau diramalkan, meski ada teori konspirasi yang menyeruak belakangan bahwa Bill Gates telah...

Teater di Ruang Digital

Portal Teater - Bencana bukan alam sedang menghinggapi sebagian besar negara di dunia dan Indonesia termasuk kebagian. Wabah yang disebut Covid-19 sedang bergentayangan dan belum...

Rencana Reaktivasi Pembelajaran Ditolak

Portal Teater - Dunia pendidikan menjadi salah sektor yang ikut terpukul oleh pandemi virus corona. Di Indonesia, seluruh kegiatan pembelajaran dihentikan dan dilakukan secara...

Update Corona 29 Mei: Kasus Baru Turun Tipis, Total 25.216 Positif

Portal Teater - Kasus baru virus corona turun tipis pada Jumat (29/5) sebanyak 678 kasus dari sebelumnya 687 kasus. Dengan demikian, menurut juru bicara Achmad...