September 28, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Mengapa suhu tubuh wanita lebih dingin daripada pria?

Mengapa suhu tubuh wanita lebih dingin daripada pria?

Wanita lebih sering merasa lebih dingin daripada pria.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ilmuwan menemukan alasan mengapa wanita lebih keren dari pria. Pada umumnya suhu tubuh wanita lebih dingin dan lebih sering merasa kedinginan dibandingkan pria.

Menurut peneliti, ini terkait dengan evolusi. Kondisi fisik inilah yang membedakan kedua jenis kelamin. Eran Levin dari Universitas Tel Aviv Israel lebih jauh menguraikan perbedaan ini.

“Pria dan wanita mempersepsikan suhu secara berbeda. Perbedaan persepsi panas ini dapat menyebabkan seseorang berdebat dengan pasangannya tentang AC, tetapi sebaliknya,” kata Levin.

Dari perspektif evolusi, perbedaan seperti itu berarti bahwa pasangan menjauhkan diri dari satu sama lain. Dengan ini, setiap orang dapat menikmati kedamaian dan ketenangan.

Studi yang diprakarsai oleh Levine dan timnya, diterbitkan dalam jurnal Ekologi Global dan Biogeografi. Hasilnya menunjukkan bahwa fenomena ini tidak hanya terjadi pada manusia. Ciri-ciri serupa ditemukan pada betina dari banyak spesies burung dan mamalia.

Wanita lebih menyukai lingkungan yang lebih hangat daripada pria. Terkadang, preferensi suhu menyebabkan pemisahan antara jenis kelamin.

Lewin menghubungkan fenomena ini dengan banyak sifat yang ditemukan pada hewan dan manusia. Misalnya, wanita lebih cenderung meringkuk bersama untuk mendapatkan kehangatan.

READ  Fajar Alam Semesta Lingkungan - Kastara.IT