September 29, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Misteri harta tak ternilai yang disembunyikan oleh para biarawan


Terinaflon

Tersembunyi di pulau terpencil di Irlandia Harta karun Harta karun yang tak ternilai disembunyikan oleh para biksu. Bagaimana ceritanya?

Pulau Terrinaflan di Tipperary, Irlandia, menyimpan rahasia yang tidak banyak diketahui orang. Rahasianya adalah tentang penimbunan Harta karun Jarang banyak orang yang mencarinya.

Derinaflan bukan pulau biasa. Perkebunan pribadi kecil seluas 44 hektar ini berada di pinggiran kota terbesar di Irlandia, tidak dikelilingi oleh laut atau danau.

Tidak seperti biasanya, tanah itu muncul dari rawa-rawa di lahan gambut cokelat yang luas di wilayah Tipperary. Kehadirannya seperti epik hijau yang menakjubkan. Namun, menurut kamus, daratan itu tergolong pulau.

Di sinilah biksu Hermetik paling awal di Irlandia mundur pada abad ke-6. Karena sebagian besar Eropa diguncang oleh kekacauan pasca-Romawi pada Abad Kegelapan, para santo dan cendekiawan ini melawan balik.

Memasuki masa keemasan skolastik dan pencapaian seni yang luar biasa ditandai dengan emigrasi biksu seperti Derinaflan. Tapi yang benar-benar menarik dari terinaflon adalah Harta karun Berharga, sering ditinggalkan di sini oleh para biksu.

Ditemukan beberapa dekade yang lalu, penemuan ini mengubah hukum Irlandia dan merupakan salah satu penemuan arkeologi paling menarik dalam sejarah seni Irlandia.

Secara kontroversial, tanah mistik yang kurang dikenal ini menjadi terkenal dengan arkeologi internasional pada tahun 1980, ketika seorang pria dan putranya dari kota Clonmel, 25 km jauhnya, menemukan cangkir dan piring yang dihias dengan rumit. Mereka menemukan benda itu menggunakan detektor logam sederhana.

“Piala itu sebenarnya adalah piala yang digunakan dalam Misa Kudus abad ke-9. Dan ‘piring’ yang ditemukan adalah tongkat estafet abad ke-8, yang digunakan untuk menyimpan roti selama Ekaristi gereja abad pertengahan Irlandia,” kata Nessa O’Connor, Kurator. dan arkeolog di Museum Nasional Irlandia.

READ  Pro dan kontra Lesty Kejora sebagai wanita tercantik di dunia, pihak penyelenggara memberikan penjelasan
Foto piala abad ke-8: Museum Nasional Irlandia

“Benda-benda ini adalah benda-benda elit dengan pengerjaan kualitas tertinggi, dibuat pada titik tertinggi di gereja awal Irlandia,” katanya.

“Cangkir dan tongkat perak didekorasi dengan indah oleh pandai emas Celtic kuno,” jelas O’Connor.

Kepang emas murni yang disebut “filigrees” membentuk hiasan seukuran surat yang rumit di sekitar tepi tongkat dengan gaya khas Irlandia. Patena adalah satu-satunya contoh yang masih hidup dari monumen abad pertengahan awal di Eropa Barat.

Filter dan dukungan anggur (untuk pentungan) melengkapi koleksi Seni Insular. Insular adalah gaya seni umum di Irlandia dan Inggris dari 600 hingga 900 M, sangat dipengaruhi oleh perluasan tradisi monastik Irlandia).

“Komposisinya unik. Ini adalah altarpiece yang lengkap,” kata O’Connor.

Berikutnya: Tradisi mengubur barang berharga adalah hal biasa bagi para biksu