Desember 5, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Mumi hamil pertama ditemukan, wajah berhasil diidentifikasi





Foto: dok. Hugh Morrison

Jakarta

Mumi dari Mesir kuno ini dikenal sebagai mumi hamil pertama. Mumi itu ditemukan pada abad ke-18 dan pada abad ke-19 mumi yang dijuluki ‘Nyonya Misterius’ itu dibawa ke Polandia untuk dipelajari lebih lanjut.

Pada tahun 2021, para ahli dari Proyek Museum Warsawa menemukan bahwa mumi itu hamil dan janinnya diawetkan seperti acar.

Penyelidikan mengungkapkan bahwa wanita itu berusia 20 hingga 30 tahun. Ketika dia meninggal sekitar dua ribu tahun yang lalu, wanita itu hamil sekitar 26-30 minggu.

Wajah mumi sekarang telah direkonstruksi. Menggunakan teknologi 2D dan 3D, para ilmuwan mengungkap wajah mumi yang sedang hamil.

Mumi wanita misteriusFoto Ibu Hamil: Cermin

“Tulang dan tengkorak kita, khususnya, memberikan banyak informasi tentang wajah seseorang,” kata Chantal Milani, antropolog forensik Italia dan anggota Proyek Mummy Warsawa.

“Meskipun tidak dapat dianggap sebagai potret yang sempurna, tengkorak, seperti banyak bagian lain dari anatominya, adalah unik dan menunjukkan berbagai bentuk dan proporsi wajah,” tambah antropolog itu.

Mereka mengatakan: “Rekonstruksi wajah digunakan terutama dalam forensik untuk membantu mengidentifikasi tubuh ketika alat identifikasi umum seperti identifikasi sidik jari atau analisis DNA tidak tersedia.”

Menurut Chandel, merekonstruksi wajah seseorang dari tengkorak sering dianggap sebagai upaya terakhir dalam mencoba menentukan siapa mereka. Ini juga dapat digunakan dalam konteks arkeologi dan sejarah untuk menunjukkan bagaimana orang-orang kuno atau orang-orang terkenal di masa lalu.

Tonton videonya”Top 5: Atta bandana disita polisi hingga Raja Charles III melempar telur
[Gambas:Video 20detik]
(siapa siapa)