Agustus 11, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Musim dingin di Mars dimulai pada 21 Juli 2022-Gambar-1

Musim dingin di Mars dimulai pada 21 Juli 2022

Beijing, Bolong.id – Berdasarkan pengamatan satelit Cina, Jurong, wilayah Utara selasa Musim dingin masuk pada 21 Juli 2022, dan bagian utara adalah musim terdingin sepanjang tahun.

Mengapa Mars juga memiliki titik balik matahari musim dingin? Seperti apa musim di Mars? Para astronom dari Chinese Academy of Sciences mengungkap rahasianya di sini.

Dilaporkan dari Jaringan Sains dan Teknologi Tiongkok Mars (19/07/2022), Wang Gechao (王科超), direktur ilmiah terkenal dari Observatorium Gunung Ungu dari Akademi Ilmu Pengetahuan China, mengatakan bahwa Mars, seperti Bumi, tidak hanya berputar pada porosnya, tetapi juga berputar mengelilingi matahari yang berputar.

Kemiringan sumbu rotasi Mars adalah 25,19 derajat, yang selama satu putaran orbit menggerakkan titik langsung Matahari antara 25,19 derajat lintang utara dan selatan.

Seperti Bumi, Mars memiliki empat musim yang berganti siang dan malam, dan ketika Matahari bersinar langsung di titik paling selatan Mars, yaitu 25,19 derajat lintang selatan, itu adalah titik balik matahari musim dingin.

Tahun ini, titik balik matahari musim dingin Mars jatuh pada 21 Juli.

Mars memiliki periode orbit 24 jam 37 menit 22,7 detik, menjadikannya planet terdekat dengan Bumi. Tapi tahun Mars jauh lebih lama dari tahun Bumi.

Periode revolusi Mars adalah sekitar 687 hari Bumi, yang berarti bahwa 1 tahun Mars sama dengan sekitar 1,9 tahun Bumi, yang berarti bahwa setiap musim di Mars berlangsung sekitar 6 bulan, kata Wang Gechao. Titik balik matahari musim dingin terakhir Mars terjadi pada 2 September 2020, kali ini pada 21 Juli 2022.

Orbit Mars mengelilingi Matahari berbentuk elips dengan rasio aspek 0,093, jauh lebih datar daripada orbit Bumi, dan panjang musim Mars sangat tidak teratur.

READ  Penumuan Baru, Teleskop Hubble Berhasil Tangkap Gambar Galaxy Spiral Mirip Ular, Bisakah Melenyapkan Nyawa?

Karena titik balik matahari musim dingin Mars lebih dekat ke perihelion, para astronom telah menghitung bahwa musim semi dan musim panas di belahan bumi utara Mars sekitar sepertiga lebih lama daripada musim gugur dan musim dingin.

Suhu empat musim di Mars juga sangat berbeda dengan di Bumi. Wang Gechao mengatakan bahwa jarak dari Mars ke Matahari adalah 1,52 kali jarak antara Matahari dan Bumi, dan hanya 43% energi radiasi matahari yang diterima dari Bumi. Hal ini membuat musim di Mars lebih dingin daripada di Bumi. “Misalnya, pada Mei tahun ini, belahan utara Mars memasuki musim dingin, dan suhu malam hari terendah turun hingga minus 100 derajat Celcius.”

Saat Belahan Bumi Utara Mars memasuki musim dingin, Mars bergerak di sekitar perihelion dan intensitas radiasi matahari lebih besar. Pada saat ini, belahan selatan Mars berada di musim panas, dan perbedaan suhu antara kedua belahan besar. Hal ini dengan mudah menyebabkan badai debu di Mars yang bisa bertahan hingga 3 bulan.

Wang Gechao mengatakan bahwa selama badai hebat, kecepatan angin di Mars dapat mencapai 180 meter per detik, yang 2,6 kali lebih cepat dari kecepatan angin topan Kategori 5 di Bumi. Namun, tekanan atmosfer di permukaan Mars lebih dari 600 Pa, yang kurang dari 1% dari tekanan di permukaan bumi. Oleh karena itu, badai berkecepatan tinggi seperti itu dapat menghasilkan debu di Bumi yang jauh lebih kecil daripada tekanan di permukaan badai debu.