September 29, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Membandingkan Matahari dengan bintang raksasa merah

Nakshatras: Pengertian, Bentuk, Manfaat dan Jenisnya Semua

Oleh: Ani Rachman, S.Pd Redaktur SDN No.111/IX Muhajir. Mwaro Jambi, Provinsi Jambi

KOMPAS.com Tata surya berisi berbagai benda langit seperti planet, komet, satelit, dan bintang. Bintang adalah salah satu benda langit paling awal yang kita kenal. Sejak zaman dahulu, para nelayan sering menggunakan bintang sebagai pemandu.

definisi bintang Benda langit memancarkan cahayanya sendiri. Bintang begitu jauh dari Bumi sehingga cahayanya hanya terlihat pada malam hari dan tampak kecil. Bintang membentuk pola tertentu yang disebut rasi bintang.

Bintang juga disebut sebagai bola gas bercahaya. Sebagian besar komponen cahaya adalah hidrogen dan helium. Kedua benda secara gravitasi terikat pada suhu tinggi dan kemudian menghasilkan energi.

Setiap bintang memiliki ukuran dan tingkat energi yang berbeda. Anda dapat mengetahui energi bintang dengan melihat warna cahayanya.

Bintang dengan cahaya putih atau biru lebih panas. Bintang bersuhu rendah atau dingin memiliki warna oranye atau merah.

Baca selengkapnya: Teleskop Bintang: Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya

Kebanyakan orang menggambar bintang dalam bentuk segi lima, yang memiliki lima sudut tajam. Bahkan hewan laut yang terlihat seperti itu disebut bintang laut. Apakah ini benar Bentuk bintang Seperti itu?

Dilihat dari konsep bintang, bintang digambarkan berbentuk bulat. Pada umumnya bintang berbentuk bulat sempurna atau hampir sempurna karena gaya gravitasi bekerja ke segala arah. Namun, ada juga beberapa bintang datar seperti kacang.

Bintang berbentuk datar sebenarnya dimulai dari bintang globular. Karena rotasinya yang sangat cepat, bintang ini kehilangan massanya dan menjadi rata.

Sebuah bintang berbentuk datar yang disebut Achernar. Sebuah bintang datar ditemukan oleh para astronom pada tahun 2002 dengan studi di European Southern Observatory.

READ  10 tanaman berbunga dalam ruangan yang indah dan mudah dirawat

Selain datar, bintang berbentuk kacang polong terjadi ketika dua bintang biner saling bersentuhan dan gas masing-masing bintang bercampur di antara dua inti, menciptakan bentuk seperti kacang.

Baca selengkapnya: Mengapa matahari termasuk dalam bintang?

Manfaat bintang

wikipedia.com/ESO Membandingkan Matahari dengan bintang raksasa merah

Ada empat Manfaat bintang bagi kehidupan manusiasebagai berikut:

Beberapa bintang dipasang di langit, sehingga dapat digunakan sebagai petunjuk arah atau navigasi. Salah satu bintang yang paling banyak digunakan untuk menentukan arah adalah Bintang Utara atau Polaris dan konstelasi Ursa Major.

Keduanya digunakan untuk menentukan arah utara, dan dari sini arah lain dapat ditentukan. Polaris berada di dekat Kutub Utara, sedangkan Ursa Major berada di dekat langit Arktik dengan tujuh bintang yang sangat terang.

Bintang berbentuk seperti beruang (untuk orang Eropa) atau gayung besar (untuk orang Indonesia).

  • Menentukan garis lintang suatu tempat

Untuk menemukan garis lintang, kita dapat mengukur sudut bintang Polaris di atas cakrawala. Ini karena Polaris terletak di dekat Kutub Utara. Metode ini digunakan oleh pelaut Eropa selama Zaman Eksplorasi untuk menentukan lokasi mereka saat berlayar melintasi lautan dan benua yang berbeda.

Baca selengkapnya: Benarkah bintang jatuh bisa mengabulkan keinginan?

  • Tentukan waktu dan bulan

Gerakan Bumi dalam orbitnya mengelilingi Matahari (revolusi Bumi) mengubah konstelasi yang muncul pada waktu yang berbeda dalam setahun. Perubahan ini menyebabkan bulan yang berbeda muncul di konstelasi yang berbeda.

Dengan mengamati pola konstelasi yang terlihat, yaitu zodiak, bulan berjalan dapat dipastikan. Misalnya, rasi bintang Aquarius (laci air) muncul pada 20 Januari – 18 Februari.

  • Penentuan waktu tanam

Perubahan rasi bintang ini digunakan untuk menentukan waktu tanam dengan menentukan musim menggunakan rasi bintang. Saat musim hujan tiba, tanaman padi yang membutuhkan banyak air sebaiknya ditanam.

Deskripsi kristal katai putih Deskripsi kristal katai putih
READ  5 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami Untuk Menurunkan Gula Darah Setiap Hari

Bintang dibagi menjadi beberapa kategori, antara lain:

Seperti namanya, bintang raksasa berukuran sangat besar. Jika dibandingkan dengan Matahari, ukuran bintang raksasa ini 200 kali lebih besar.

Ada dua jenis bintang raksasa yaitu bintang raksasa biru panas dan bintang raksasa merah dingin. Contoh bintang raksasa adalah bintang terang Aldebaran di rasi Taurus.

Bintang supergiant adalah bintang terbesar di alam semesta. Hewan ini memiliki ukuran lebih besar dari bintang besar. Bahkan bintang super raksasa 10 juta kali lebih terang dari Matahari.

Ada dua jenis bintang supergiant yaitu bintang supergiant biru dan bintang supergiant merah. Betelgeuse, bintang paling terang di konstelasi Orion, adalah contoh bintang super raksasa.

Baca selengkapnya: Fakta unik tentang Proxima Centauri, bintang terdekat dengan Matahari

Sebagian besar bintang di alam semesta, termasuk Matahari kita, adalah katai. Seperti manusia, bintang kerdil melewati beberapa tahap selama hidup mereka. Ada banyak jenis bintang katai seperti katai kuning, katai oranye, katai merah dan katai biru.

Matahari adalah bintang katai kuning yang dapat hidup hingga 10 miliar tahun. Sebenarnya, ada tiga jenis bintang katai lainnya yaitu katai coklat, katai putih dan katai hitam.

Katai coklat adalah bintang gagal karena tidak cukup panas untuk menjadi bintang normal. Katai putih adalah bintang yang sangat tua, sedangkan katai hitam adalah bintang mati yang tidak bersinar lagi.

Ketika bintang bermassa tinggi mati, ia meledak sebagai supernova. Setelah ledakan, bintang tersebut menjadi lubang hitam atau bintang neutron. Nah, bintang neutron ini kecil tapi sangat padat.

Bayangkan, sebuah bintang neutron yang hanya berukuran 20 kilometer akan berukuran sama dengan Matahari. Meskipun Matahari kita lebarnya 1,4 juta kilometer.

READ  "Chettiapudi 13", kasus pembusukan yang belum terselesaikan dari sekarang hingga 40 tahun yang lalu. Halaman Semua

Pulsar adalah bintang neutron yang memancarkan getaran radiasi dari kutub magnetnya. Biasanya getaran radiasi berupa gelombang radio. Jika Bumi membutuhkan waktu satu hari untuk berotasi, pulsar membutuhkan waktu kurang dari satu detik untuk berotasi.

Baca selengkapnya: Perbedaan Antara Planet dan Bintang

Bintang magnetik adalah bintang neutron dengan medan magnet yang sangat kuat. Magnet di bintang ini dapat menarik atau menolak benda langit lainnya meskipun tidak bersentuhan.

Magnet terbentuk ketika bintang mati dalam ledakan supernova. Oleh karena itu, supernova biasanya menghasilkan lubang hitam atau bintang neutron. Tapi ada juga supernova yang menghasilkan magnet, meski jarang.

Dapatkan pembaruan berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Jom join group Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.