Nantikan Pameran Ekskursi Arsitektur UI “Orang Laut” di Museum Nasional

Portal Teater – Pada periode Juni-Juli 2019 Tim Ekskursi Arsitektur Universitas Indonesia telah melakukan pendokumentasian arsitektur vernakular suku asli di Lingga, Kepulauan Riau, dan suku Duano di Indragiri Hilir, Riau.

Hasil penemuan arsitektur kedua suku tersebut pertama kali telah dipamerkan pada Pameran Internal Ekskursi Arsitektur UI bertajuk “Orang Laut” pada 11-19 November 2019 di Perpustakaan Pusat UI, Depok, Jawa Barat.

Bermaksud memberikan ruang apresiasi yang lebih luas bagi publik, Museum Nasional Indonesia bekerjasama dengan Tim Ekskursi Arsitektur UI menggelar pameran dalam tajuk yang sama pada 17-31 Januari 2020 di Jakarta.

Untuk diketahui, Ekskursi Arsitektur UI adalah program kerja tahunan dari Ikatan Mahasiswa Arsitektur Fakultas Teknik UI.

Kegiatan ini berbentuk kepanitiaan mandiri oleh mahasiswa untuk melakukan pendokumentasian arsitektur vernakular di seluruh Indonesia.

Ekskursi Arsitektur UI setiap tahun membentuk tim ekspedisi yang biasa disebut Tim Besar untuk menggali dan mendata kekayaan arsitektur vernakular dari daerah yang disasar.

Deretan Rumah Suku Duano di Riau. -Dok. kenalinegerimu.id/Assyifa Fauzia Refianti (2019)
Deretan Rumah Suku Duano di Riau. -Dok. kenalinegerimu.id/Assyifa Fauzia Refianti (2019)

Keunikan Suku Asli Lingga dan Duano

Lantas, apa yang unik dan menarik dengan kedua suku di dua daerah tersebut?

Mengutip publikasi Jurnal Tim Besar Ekskursi UI, kedua suku asli ini hidup di daerah pesisir, bahkan rumah-rumah mereka dibuat di atas air laut. Umumnya mata pencaharian mereka nelayan.

Bagi masyarakat suku Lingga, mereka sudah terbiasa hidup dengan kondisi geografis di atas laut beserta kondisi historis hidup yang terombang-ambing di atas sampan.

Hal itu cukup memberikan pengaruh bagi rumah menetap yang saat ini mereka diami.

Dahulu, saat masih nomaden di atas sampan berkajang, mereka terbiasa hidup diterpa angin dan disibak air laut saat melakukan berbagai kegiatan di atas sampan, terutama kegiatan naluriah seperti makan, tidur, hingga buang air.

Mereka juga melakukan kegiatan lainnya untuk mendukung kehidupan berkeluarga, seperti mencari bahan makanan, memasak, dan mencuci.

Dengan itu, banyak kegiatan yang akhirnya menghasilkan residu untuk dibuang ke laut lepas. Karena memang tidak ada lagi tempat lain selain laut yang mengelilingi hidup mereka.

Bagi mereka, segala hal dapat dilakukan tanpa ruang spesifik selama ada celah untuk meneruskannya ke laut.

Anak-anak sedang bermain di atas Kapal Pong-pong yang diikat di pelataran rumah. -Dok. kenalinegerimu.id.
Anak-anak sedang bermain di atas Kapal Pong-pong yang diikat di pelataran rumah. -Dok. kenalinegerimu.id.

Demikian halnya dengan corak hidup masyarakat suku Duano di Indragiri Hilir.

Air laut di Indragiri Hilir berwarna keruh dan pertemuannya dengan lumpur menghasilkan tekstur yang kental seperti susu.

Namun betapa eksotisnya pantai gambut di Indragiri Hilir karena jalur air yang membelah Desa Belaras.

Karena air keruh itu ternyata dapat berganti warna sesuai dengan kondisi alam yang terjadi di sekitarnya.*

Baca Juga

Juni Nanti, Museum Nasional Pamerkan 1.500 Koleksi Museum Delft

Portal Teater - Museum Nasional Indonesia berencana memamerkan 1.500 benda-benda budaya koleksi eks Museum Nusantara Delft, Belanda, pada Juni mendatang. Mengutip historia.id, pameran benda-benda hasil...

Memaknai Medium dalam Konteks Praktik Seni Kontemporer Lintas/Nir-Medium

Portal Teater - Seni kontemporer hari-hari ini acap kali bergerak sedemikian bebas dari satu bentuk ke bentuk lain, dari satu praktik ke praktik lain, dari...

“Anak Garuda”, Sebuah Inspirasi Merawat Mimpi

Portal Teater - "Anak Garuda", sebuh film yang diproduksi Butterfly Pictures telah resmi tayang perdana di seluruh bioskop di tanah air pada Kamis (16/1)...

Terkini

Buku Pematung Ternama Dolorosa Sinaga Diluncurkan Akhir Bulan Ini

Portal Teater - Buku pematung kenamaan Indonesia Dolorosa Sinaga segera diluncurkan akhir bulan ini di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta. Buku yang mengulas karya patung...

Di Antara Metode Penciptaan dan Praktik Kerja Berbasis Riset

Portal Teater - Pada 17-18 Januari 2020, Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya (STKW) menggelar Ujian Komposisi Koreografi dan Kreativitas Tari Jenjang 3 Jurusan Seni...

TEKO UI akan Pentas Teater Musikal Skala Besar di GKJ

Portal Teater - Teater Psikologi Universitas Indonesia (TEKO UI) akan mempersembahkan pentas teater musikal dengan skala besar selama dua hari, pada 13-14 Februari 2020...

“Anak Garuda”, Sebuah Inspirasi Merawat Mimpi

Portal Teater - "Anak Garuda", sebuh film yang diproduksi Butterfly Pictures telah resmi tayang perdana di seluruh bioskop di tanah air pada Kamis (16/1)...

Pematung Dolorosa Sinaga Jadi Direktur Artistik Jakarta Biennale 2020

Portal Teater - Pameran seni kontemporer Jakarta Biennale kembali menyapa warga kota Jakarta tahun ini. Diadakan tiap dua tahun sekali untuk "membaca" identitas kota...