Juli 18, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

NMAX Turbo Tak Lagi Pakai Silinder, Masih Bisa Tukar Kiri?

NMAX Turbo Tak Lagi Pakai Silinder, Masih Bisa Tukar Kiri?

Jakarta, KOMPAS.com – Yamaha NMAX Turbo Yang baru diperkenalkan ini memiliki beberapa perubahan signifikan dibandingkan pendahulunya. Salah satu yang paling kentara adalah teknologi baru Yamaha Electric Continuously Variable Transmision (YECVT).

Teknologi YECVT menjalankan fungsinya silinder Pada CVT konvensional hal itu tidak diperlukan lagi. Karena proses penggerakan puli primer digantikan oleh motor penggerak, maka proses pengoperasiannya dapat diatur sesuai keinginan pengendara.

Dengan digantikannya fungsi roller oleh komponen elektronik, cara kerja CVT menjadi lebih fleksibel sehingga akselerasinya lebih cepat.

Baca Juga: Fungsi Overdrive Transmisi Mobil Otomatis Bukan Untuk Rem Mesin

KOMPAS.com/ADITYO WISNU Salah satu ubahan paling kentara pada NMAX Turbo adalah teknologi baru Yamaha Electric Continuously Variable Transmision (YECVT). Fitur ini membuat fungsi roller tidak lagi dibutuhkan pada CVT konvensional

Seperti diketahui roller merupakan komponen bergerak yang berada di dalam pulley depan motor CVT Otomatis. Umumnya tergantung jenis roller motornya berkisar antara 8 gram hingga 18 gram.

Banyak pengguna motor matic yang mengganti roller dengan ukuran yang lebih ringan agar akselerasi motor lebih responsif.

Meski tak lagi menggunakan roller, Yoga Ningrad, pemilik bengkel khusus skuter Yoga Motoshop, mengatakan sistem CVD. NMAX Turbo Itu dapat dimodifikasi lebih lanjut sesuai kebutuhan pengendara.

Baca Juga: Alasan Tak Pakai Gas Case KTM Tech3 Musim Depan

“Bisa dimodifikasi lebih lanjut dengan mengganti pegas torsi, kemudian menggantinya dengan kanvas ganda cartalized atau mangkuk kanvas ganda custom,” kata Yoga. Kompas.com (18/6/2024).

Lalu kalau di bagian depan, pulley-nya bisa dikustomisasi lebih lanjut dengan cara diubah derajatnya. Secara logika dan teoritis, itu mungkin banget. Rasio gigi belakangnya juga bisa diputar. Jadi mau lebih berat atau lebih ringan, bisa pakai yang aftermarket. ,” dia berkata.

READ  Diskon SUV Murah Hasil Agustus, Buruan Rp 10 Juta, XL7 Rp 15 Juta

Senada dengan itu, Toga Fantierso, pemilik bengkel spesialis skutik motor bensin, mengatakan konsep fungsional YECVT mirip dengan katrol belakang yang dipasang di depan.

Baca Juga: Mencuci Endoskopi, Membersihkan AC Mobil Tanpa Melepas Dashboard

Mesin Yamaha NMAX turbo dan CVTKOMPAS.com/ADITYO WISNU Mesin Yamaha NMAX turbo dan CVT

“Cuma kalau puli belakang diganti dengan sabuk, yaitu puli yang menggeser sabuk. Fungsi roller digantikan mekanisme aktuator,” kata Doga. Kompas.com (18/6/2024).

Menurut Toga, meski bobot roller tidak bisa diubah, pengguna NMAX Turbo bisa bermain-main dengan ukuran puli depan untuk mengatur pergerakan sabuk.

“Sabuk tetap menggunakan derajat, kalau anda memahami cara kerja sabuk derajat, misalnya derajat 13 sama dengan derajat 14. WaktuIni berbeda. Hal ini akan mempengaruhi rasionya. “Jadi untuk perbedaan 0,5 derajat, pengaruhnya bisa sangat besar,” kata Doga.

“Saya yakin nanti akan ada yang seperti ECU aftermarket malam itu Itu. Mirip dengan VVA, bisa diubah menjadi 6.000 rpm atau 7.000 rpm. “Menurut saya mudah karena hanya perlu mengatur servonya saja,” ujarnya.


Mendengarkan berita penting Dan Berita khusus Kami ada di telepon Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk mengakses pesan saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.