Agustus 17, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Palisade pakai sasis monocoque, Pajero-Fortuner pakai rangka tangga, apa bedanya?

Jakarta

Hyundai Palisade dan Mitsubishi Pajero Sport – Toyota Fortuner menggunakan sasis yang berbeda. Palisade menggunakan sasis tipe monocoque, sedangkan Mitsubishi Pajero Sport – Toyota Fortuner menggunakan sasis tipe ladder frame. Apa perbedaan antara kedua jenis sasis tersebut?

Pakar produk PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menjelaskan Bonar Bagpahan, sasis rangka tangga dan sasis monocoque memiliki keunggulan masing-masing.

Biasanya, sasis rangka tangga menggunakan rangka dan badan terpisah yang kemudian disatukan. Sasis tipe ladder frame membuat mobil terlihat lebih mewah karena ground clearance yang tinggi. Sasis rangka tangga juga dikatakan andal dalam membawa beban berat.

Hyundai Palisade Baru Foto: Dok. Hyundai Motor Indonesia (HMID)

“Kalau soal kelebihan, sasis rangka tangga mampu membawa beban besar. Makanya sasis ini banyak digunakan di truk dan pikap,” kata Bonar beberapa waktu lalu.

Keuntungan kedua adalah bahwa sasis rangka tangga dikatakan memiliki redaman yang lebih baik karena rangka dan bodi terpisah. Sehingga getaran yang ditimbulkan oleh pergerakan suspensi tidak banyak ditransmisikan ke kabin. Secara umum, getaran sasis rangka tangga halus.

Sedangkan untuk sasis monocoque, menurut Bonner, memiliki keunggulan desain yang kompak dan bobot yang ringan karena rangka dan bodi merupakan satu kesatuan.

Mitsubishi Pajero Sport faceliftMitsubishi Pajero Sports Foto: Dok. M.M.K.S.I

“Dibandingkan dengan ladder frame – dibandingkan dengan ukuran yang sama – bodi monocoque lebih ringan. Jika lebih ringan, otomatis mempengaruhi banyak aspek seperti konsumsi bahan bakar, karena mesin tidak perlu mendorong berat. Beban,” katanya. dilanjutkan. telah pergi

Keunggulan dari kedua bodi monocoque tersebut adalah dari segi performa. Dengan bodi yang lebih ringan memberikan efek dalam hal akselerasi yang lebih cepat.

READ  Angsa Pura II menawarkan layanan pre-order antigen quick test di Bandara Chuta mulai 21 Desember, bagaimana caranya? Semua halaman

(ambil/dari)