September 25, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Pantas menjadi SUV terlaris di kelasnya…

Jakarta

Ketika kami menguji Hyundai Creta Prime, kami berkata, ‘Ini adalah SUV paling menarik di kelasnya’. Namun saat itu, Honda tidak meluncurkan HR-V terbaru.

Setelah HR-V tiba, penilaian kami berbeda. Pasalnya, Honda meluncurkan ‘Aldi’ yang langsung membingungkan calon pembeli di kelas ini. Lantas, seberapa menarikkah HR-V terbaru?

Honda HR-V SE memiliki dimensi khas SUV medium Foto: Muhammad Hafiz Jemilong / detikOto

Desain klasik

Tim menguji Honda HR-V Detik Otomatis tipe SE. Dari segi desain, model SE mirip dengan dua varian di bawah ini, tetapi berbeda dengan HR-V Turbo RS.

Dari depan, Honda HR-V SE terlihat maskulin dengan model gril baru dengan aksen horizontal. Garis pada gril atas mengarah ke lampu depan di kiri dan kanan. Lampu depan Honda HR-V juga terlihat keren.

Sedangkan jika dilihat dari samping, jajaran desain HR-V terbaru juga cukup mewah. Garis tarik dari kap mesin melewati gagang pintu ke lampu belakang.

Tampilan SUV yang kokoh, spatbor yang kokoh, serta side skirt yang berani menambah daya tarik Honda HR-V.

Di bagian belakang, terlihat lebih keren dari pendahulunya. Lampu belakang dipisahkan secara horizontal dengan logo Honda. Atapnya juga mengalir seperti coupe.

Honda HR-V SEKokpit Honda HR-V SE Foto: Muhammad Hafiz Jemilong / detikOto

Memasuki kabin, HR-V mengusung bahasa desain terbaru Honda. Ada sentuhan cita rasa Civic generasi terbaru pada skema warna dan tata letak kokpit.

Untuk test driver detikOto dengan tinggi 175 cm, duduk di kabin belakang terasa sangat nyaman di ruang kaki, tetapi ruang kepala terbatas. Ini karena atap HR-V sangat rendah.

READ  Alur pembuatan sim motor CI dan CII ada disini

Hal lain yang sangat membingungkan di kabin belakang adalah sandaran tangan yang tidak memiliki stopper. Selain itu, atap HR-V yang lebih lebar kurang praktis untuk dibuka dan ditutup.

Duduk di depan dan menikmati kokpit lebih menyenangkan daripada di belakang. Terlihat berkelas tetapi menggabungkan sentuhan futuristik.

Mobil ini memiliki banyak detail menarik, mulai dari tuas pengatur berbentuk kenop untuk membuka dan menutup ventilasi AC. Lalu ada trim horizontal di atas glove box, pilihan aksen piano black yang menambah kemewahan ruangan.

Honda HR-V SEBagasi Honda HR-V SE terbesar di kelasnya Foto: Muhammad Hafiz Jemilong / detikOto

Dari segi desain, Honda HR-V pasti akan mengalahkan Hyundai Creta. Tampilannya modern, segar dan futuristik.

Namun, dari segi fitur di dalam kabin, HR-V masih tertinggal jauh dari Creta. Creta memiliki beberapa fitur, tetapi HR-V tidak memiliki pengisian nirkabel, kursi berventilasi, dan ionizer.

[Halaman Berikutnya: Mesin dan Konsumsi Bahan Bakar Honda HR-V SE]