September 27, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Para ilmuwan telah menemukan dua planet yang berpotensi layak huni yang lebih besar dari Bumi

Para ilmuwan telah menemukan dua planet yang berpotensi layak huni yang lebih besar dari Bumi

Teks: Septiana Noor Malinda
Foto: ESO/P.Holarek

Baru-baru ini, tim ilmuwan internasional yang dipimpin oleh astrofisikawan Leticia Delres menemukan dua planet yang berpotensi layak huni. Para astronom dari University of Birmingham juga melaporkan berita ini. Kedua planet itu sangat besar, sekitar 100 tahun cahaya dari Bumi.

Planet yang dianggap mampu menopang berbagai aspek kehidupan diberi nama TOI-4306b dan LP 890-9c.

Planet TOI-4306b diidentifikasi oleh NASA Transiting Exoplanet Survey (TESS). Misi tersebut bertujuan untuk mencari exoplanet atau planet di luar tata surya yang dekat dengan bintang terang di dekatnya.

TOI-4306b mirip dengan Bumi tetapi 30% lebih besar. Waktu orbit yang dibutuhkan TOI-4306b untuk mengorbit bintang di sekitarnya adalah 2,7 hari. Hingga saat ini, TOI-4306b masih dipelajari oleh para peneliti menggunakan teleskop SPECULOOS.

Lalu ada LP 890-9c, yang 40% lebih besar dari Bumi dan memiliki periode orbit yang panjang 8,5 hari. Itu dekat dengan bintang atau 10 kali lebih kecil dari Merkurius dengan Matahari dengan radiasi bintang yang lebih sedikit. Sejauh ini, LP 890-9c adalah planet paling layak huni kedua.

Atmosfernya yang luas dan ukurannya, yang 6,5 kali lebih kecil dari Matahari, memungkinkannya memiliki cairan di permukaan planet pada setengah suhu bintang.

Sejauh ini, LP 890-9c dinilai sebagai planet yang paling layak huni. Namun, LP 890-9c belum dipelajari menggunakan Teleskop James Webb. Dengan penemuan ini, kemungkinan tempat tinggal di planet lain di luar Bumi semakin besar, tetapi apakah ini yang kita butuhkan?jurnal papan tulis, logo

READ  Spesies dinosaurus baru ditemukan, hidung besar