Agustus 17, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Para ilmuwan telah menemukan mikroorganisme yang hidup di tempat-tempat ekstrem seperti Mars

Intensitas itu adalah Lost Hammer Spring di atas Lingkaran Arktik.

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta – Salah satu mata air terdingin dan paling asin di Bumi ini bisa memberikan peta mikroba yang hidup jauh di bawah es di Mars. Air Mancur Dingin terletak di Lost Hammer Spring, tepat di atas Lingkaran Arktik di Nunavut, Kanada.


Air asin mendidihkan es sepanjang 600 meter. Air memiliki salinitas 24 persen. Garam bertindak sebagai antibeku yang memungkinkan air tetap cair bahkan pada suhu di bawah nol. Namun, kondisi oksigen yang sangat rendah, kurang dari 1 part per million (ppm), membuat kondisi di sana sangat aneh.


Faktanya, ini menciptakan lingkungan yang dingin, asin, dan bebas oksigen Musim semi palu yang hilang Salah satu analogi terdekat Bumi dengan Mars. Mars memiliki deposit garam yang luas yang ditinggalkan oleh perairan purba.


Sekarang, tim ilmuwan telah menemukan kehidupan mikroba dalam kondisi ekstrim Lost Hammer Spring. Para ilmuwan telah mampu memilah gen dari sekitar 110 spesies yang hidup di sana. Temuan ini mengungkapkan jejak bagaimana kehidupan bisa bertahan di lingkungan Mars yang keras.


Meskipun mikroba sebelumnya telah ditemukan di Bumi dalam kondisi yang mirip dengan Mars, ini adalah salah satu studi pertama yang menemukan bahwa “ekstramofil” ini aktif di lingkungan yang ramah.


“Butuh bertahun-tahun untuk bekerja dengan sedimen sebelum menemukan komunitas mikroba aktif,” kata Ellis Magnusson, seorang mahasiswa doktoral di McGill University di Montreal dan penulis utama studi baru yang menjelaskan temuan tersebut. Ruang angkasaAhad (26/6/2022).