Pekan Komponis Indonesia Jadi Inkubasi Komponis Muda Berbakat

Portal TeaterPekan Komponis Indonesia kembali diselenggarakan pada 3-6 November 2019 di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Pertama kali diadakan tahun 1979, event ini menjadi platform inkubasi yang akan mencetak bibit-bibit komponis muda berbakat Indonesia.

Ketua Komite Musik Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) Anto Hoed mengatakan, Pekan Komponis Indonesia merupakan wadah di mana para komponis muda dapat mengembangkan diri dan kualitas musiknya.

Lebih dari itu, program ini diharapkan menjadikan karya komponis Indonesia dapat menjadi referensi dan memengaruhi karya komponis luar negeri.

“Lewat hasil kurasi tahun ini, Komite Musik tentu berharap komponis-komponis muda Indonesia dapat melangkah lebih jauh dari tahun sebelumnya,” katanya dalam sebuah siaran pers.

Anto menaruh ekspektasi besar terhadap penyelenggaraan event ini. Ia berharap ada banyak kejutan karya yang lebih berkualitas tinggi dan fenomenal dalam gelaran ini.

Dengan itu, dapat membawa komponis muda Indonesia terbang lebih tinggi dan dapat menjadi bahan kontemplasi komponis-komponis dari luar Indonesia.

“Di kemudian hari akan menjadi tumpuan masa depan musik Indonesia,” imbuhnya.

Diikuti 11 Komponis Muda

Pekan Komponis Indonesia tahun ini menghadirkan 11 komponis. Tak hanya komponis muda terpilih, wahana ini juga memfasilitasi komponis senior, dan juga beberapa komponis dari luar negeri.

Kehadiran para komponis dari luar negeri diharapkan menjadi momentum untuk saling bertemu dan bertukar pikiran dalam mengembangkan karya-karya serta membangun jaringan musik yang lebih luas di panggung internasional.

Komponis yang terlibat dalam Pekan Komponis Indonesia 2019, antara lain: Aldy Maulana (Yogyakarta), Boyan LV (Cina), Candra Bangun Setyawa (Jombang), Gempur Sentosa (Bandung), Hamidun Syaputra (Padang), Hilmi Ridha Mahardika (Bandung), Ida Bagus Hery Yoga Permadi (Yogyakarta), Irene Tanuwidjaja (Jakarta), Nursalim Yadi Anugerah (Pontianak), Yan Yiguo (Cina), dan Yayi Wira Pamungkas (Yogyakarta).

Tak hanya menyajikan pertunjukan dari karya-karya komponis, gelaran ini juga menghadirkan Master Class, Diskusi Karya, serta Pameran Alat Musik Baru.

Wadah-wadah ini diharapkan membuka kesempatan bagi para komponis muda, pelaku seni, dan publik untuk saling terhubung dalam sebuah forum dialog diskusi, serta berekspresi melalui karya-karya mereka di panggung.

Dengan menampilkan karya-karya komponis kreatif, kegiatan ini bermaksud merespon kekinian perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama upaya pencarian musik atau bunyi baru.

*Daniel Deha

Baca Juga

Sambut Imlek, Mahasiswa UNJ Pentaskan Seni dan Budaya Tionghoa

Portal Teater - Menyambut perayaan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Sabtu (25/1) akhir pekan ini, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Fakultas Bahasa...

Tandai HUT Ke-30, Teater Gema Gelar Wicara “Filosofi Hidup Berteater”

Portal Teater - Teater Gema baru saja merayakan 30 tahun berdirinya pada Senin (13/1) lalu. Menandai perayaan tersebut, salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)...

ORArT ORET Semarang Gandeng SCMC Gelar Konser Edisi Ke-2 “Barokan Maneh”

Portal Teater - Komunitas ORArT ORET Semarang kembali menjalin kerjasama dengan  Semarang Classical Music Community (SCMC), menggelar konser musik klasik pada Jumat (24/1) di...

Terkini

Buka Lembaran 2020, Kineforum DKJ Putar Lima Film Keluarga

Portal Teater - Kineforum, salah satu sayap program Komite Film Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) membuka lembaran tahun ini dengan mempersembahkan "FAMILIAL", sebuah program untuk...

ORArT ORET Semarang Gandeng SCMC Gelar Konser Edisi Ke-2 “Barokan Maneh”

Portal Teater - Komunitas ORArT ORET Semarang kembali menjalin kerjasama dengan  Semarang Classical Music Community (SCMC), menggelar konser musik klasik pada Jumat (24/1) di...

Tolak Komersialisasi TIM, Para Seniman Gelar Diskusi “Genosida Kebudayaan”

Portal Teater - Menolak komersialisasi Taman Ismail Marzuki Jakarta, sejumlah seniman yang tergabung dalam Forum Seniman Peduli TIM menggelar diskusi publik di Pusat Dokumentasi...

Pemerintah Alokasikan Rp1 Triliun Dana Perwalian Kebudayaan 2020

Portal Teater - Pemerintah mengalokasikan Dana Perwalian Kebudayaan bagi pegiat seni budaya dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 sebesar Rp1 triliun. Alokasi...

Tur Keliling ASEAN, Kreuser/Cailleau Singgah di Jakarta dan Surakarta

Portal Teater - Selama bulan Januari dan Februari 2020, komponis Jerman Timo Kreuser dan pembuat film Prancis Guillaume Cailleau melakukan tur keliling Asia Tenggara...