Pekerja Teater Manfaatkan Media Daring untuk Tetap Bekerja

Portal Teater – Para pelaku teater memilih bekerja dari rumah di tengah pandemi virus corona (Covid-19) yang terus meluas. Tidak hanya di Indonesia, sejumlah pekerja teater di beberapa negara melakukan hal serupa untuk tetap berinteraksi dengan penontonnya.

Teater Garasi/Garasi Performance Institute dalam sebuah pengumuman resminya, Rabu (18/3), mengatakan, akan tetap menjalankan beberapa programnya di tengah pandemi corona. Salah satunya adalah program Kelas Akting bersama Gunawan Maryanto.

Gunawan adalah penyair, sutradara, dan aktor. Ia terlibat dalam berbagai pertunjukan teater eksperimental Teater Garasi. Beberapa nomor keterlibatannya sebagai aktor, antara lain: Istirahatlah Kata-kata (2017) dan Hiruk Pikuk Si Al Kisah (2019).

Gunawan pernah mendapatkan penghargaan, seperti Umar Ismail Award 2017 dan Aktor Pilihan Majalah Tempo 2017 dan 2019.

Program Kelas Akting bersama Gunawan Maryanto di Teater Garasi. -Dok. Teater Garasi
Program Kelas Akting bersama Gunawan Maryanto di Teater Garasi. -Dok. Teater Garasi

Program Kelas Akting dijalankan sepanjang Maret-April 2020, sekali seminggu pada tiap hari Senin (pukul 16.00-21.00 WIB). Progam ini menjadi platform pelatihan bagi pemain teater, film, pertunjukan dan seni lintas medium.

Selain membuka kelas online, grup teater profesional berbasis Yogyakarta itu juga menyapa penontonnya dengan menayangkan beberapa dokumentasi karya pertunjukan melalui kanal Youtube. Video-video tersebut dapat dilihat di Facebook Teater Garasi.

Hal serupa dilakukan Teater Nusantara di bawah sutradara Ayak MH. Grup teater berbasis Jakarta Barat itu menjaga konsistensi berkaryanya dengan mementaskan monolog “Jalan Mendaki Sepi”.

Menurut sebuah publikasi di media sosialnya, pementasan monolog ini menampilkan aktor Teguh Pryono dan akan ditayangkan pada Rabu (25/3) pukul 19.30 WIB melalui kanal streaming Facebook.

Karya yang disutradarai Ayak MH ini berkisah tentang sepilihan sikap atas apa yang terjadi pada masa depan segala peristiwa. Sebuah keadaan yang memungkinkan manusia menemukan jati dirinya dalam ujian semesta.

Pentas Monolog Teguh Karya "Jalan Mendaki Sepi" oleh Teater Nusantara. -Dok. Teater Nusantara
Pentas Monolog Teguh Karya “Jalan Mendaki Sepi” oleh Teater Nusantara. -Dok. Teater Nusantara

Dua di Luar Negeri

Di luar negeri, The National Theatre of Scotland (NTS) dan rumah produksi Home di Manchester, Inggris, adalah salah dua rumah produksi teater di Eropa yang memanfaatkan media daring untuk tetap bekerja di tengah pandemi corona.

Para aktor NTS seperti Brian Cox, Alan Cumming, Adura Onashile dan Cora Bissett akan membintangi sebuah karya seni digital pendek untuk NTS’s Scenes for Survival season. Karya itu dihasilkan mereka ketika menjalani masa lockdown.

Direncanakan, produksi digital tersebut diluncurkan berkaitan dengan program BBC Scotland and BBC Arts Culture in Quarantine Project.

Direktur Artistik NTS Jackie Wylie mengatakan, sistem kerja tersebut harus dilakukan untuk menawarkan konektivitas dengan penonton dan memberi hiburan di tengah ancaman virus yang mematikan saat ini.

“Kami ingin menyatukan pemirsa secara online meskipun kami terisolasi secara kolektif,” katanya seperti dilansir republika.co.id dari The Guardian, Selasa (24/3).

NTS juga memberi kesempatan bagi para penulis, seperti Jenni Fagan, Val McDermid dan Ian Rankin untuk ikut berkontribusi dengan menawarkan cerita baru yang segar agar bisa ditonton secara daring.

The National Theatre of Scotland meluncurkan Rockvilla - ruang mesin untuk Teater Skotlandia di tepi kanal Forth dan Clyde di Glasgow, yang dirancang oleh Hoskins Architects pada 2017 lalu. -Dok. scottishcanals.co.uk.
The National Theatre of Scotland meluncurkan Rockvilla – ruang mesin untuk Teater Skotlandia di tepi kanal Forth dan Clyde di Glasgow, yang dirancang oleh Hoskins Architects pada 2017 lalu. -Dok. scottishcanals.co.uk.

Sumber Daya Terbatas

Sementara itu, rumah produksi Home juga telah merancang program baru bertajuk “Homemakers” yang dibuat oleh para seniman melalui interaksi jarak jauh.

Proyek ini akan menampilkan karya-karya berupa karya streaming, game online, video, audio atau teks yang dibuat oleh para seniman seperti Bryony Kimmings, Javaad Alipoor, Ad Infinitum dan Plaster Cast Theatre.

Direktur Utama Home Jude Christian mengatakan, proyek ini terus berjalan karena para pekerja teater memiliki sumber daya terbatas di tengah wabah global ini.

Karena itu, mau tidak mau, rumah produksi harus tetap berjalan dan berkolaborasi dengan kolega di seluruh industri teater untuk memperluas proyek.

Laporan resmi per Rabu (25/3) menyebutkan, virus corona sudah tersebar di 168 negara dan merenggut sekitar 18.612 nyawa anak manusia. Total kasus corona di dunia tercatat ada 417.582 kasus, dengan 107.247 pasien diantaranya sembuh.

Di Indonesia, virus yang datang bagai ledakan asteroid ini merenggut 55 nyawa, dari 686 kasus positif corona. Sebanyak 30 pasien diantaranya sembuh.*

Baca Juga

Teater di Ruang Digital

Portal Teater - Bencana bukan alam sedang menghinggapi sebagian besar negara di dunia dan Indonesia termasuk kebagian. Wabah yang disebut Covid-19 sedang bergentayangan dan belum...

Membaca “Ditunggu Dogot”: Berkhidmat dan Mengakrabi Penonton

Portal Teater - Dua aktor kawakan, Slamet Rahardjo dan Nano Riantiarno, membacakan naskah “Ditunggu Dogot” ditemani penulis naskah Sapardi Djoko Damono dan Yola Yulfianti (sutradara). Pembacaan...

GM akan Bicara tentang Manifesto Seni Indonesia

Portal Teater - Untuk terus bertumbuh selama krisis terbesar abad ini, pandemi virus corona, Goethe-Institut Indonesien lagi-lagi menyajikan rangkaian acara budaya daring melalui kanal-kanal...

Terkini

Rudolf Puspa: Kiat Terus Berkiprah

Portal Teater - Sebuah catatan sekaligus menjawab pertanyaan seorang ibu, guru Bahasa Indonesia di sebuah SMA di Jakarta, membuat saya segera membuka tembang lama...

“Mati Konyol”: Paradoks, Retrospeksi, Kegamangan

Portal Teater - Pintu rekreatif tulisan ini dibuka dengan pertanyaan dari seorang awam, tentang apa uraian dramaturgi, dramaturg, dan drama. Bagaimana ciri, konvensi, guna,...

Menolak Mati Konyol di Era Konyol

Portal Teater - Uang, teknologi, status sosial, jabatan, pangkat, citra, dan popularitas, barangkali adalah serangkaian idiom yang menghiasi wajah kehidupan manusia hari ini. Menjadi...

Buntut Corona, FDPS 2020 Disajikan dalam Format Digital

Portal Teater - Festival Drama Pendek SLTA (FDPS) 2020 yang digagas Kelompok Pojok direncanakan diadakan pada April kemarin. Buntut pandemi virus corona merebak di Indonesia...

Seni Berkekuatan Daya Getar

Portal Teater - Seni adalah kekuatan yang memiliki daya getar. Bertahun-tahun aku dibimbing pelukis Nashar untuk mempelajari kesenian tanpa ingat waktu, lapar dan kemiskinan. Aku...