Januari 30, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Spesies laba-laba baru (Curious minuano) dari Brasil.  Spesies laba-laba ke-50.000 yang terdaftar di Katalog Laba-laba Dunia (WSC).

Pelajari tentang laba-laba, hewan yang bisa melepaskan jaring dari tubuhnya

KOMPAS.com – Laba-laba adalah hewan buku (pergelangan kaki), yang termasuk dalam ordo Aranaida atau Aranae. Hewan yang dapat menghilangkan jaring dari tubuhnya sering dianggap hama oleh banyak orang.

Hewan Arachnida seperti laba-laba, kalajengking dan serangga hanya memiliki dua segmen tubuh. Berbeda dengan serangga yang memiliki tiga segmen tubuh. Perbedaan lainnya adalah arakhnida memiliki empat pasang kaki, sedangkan serangga hanya memiliki tiga pasang.

Dilaporkan dari Ensiklopedia Britannica, versi 16 Mei 2022, dua divisi tubuh laba-laba, yaitu cephalothorax (prosoma) dan perut (opisthosoma). Kaki mereka melekat pada cephalothorax, yang berisi perut dan otak.

Perut laba-laba berisi usus, jantung, organ reproduksi, dan kelenjar sutra. Pada laba-laba jantan dan betina yang belum dewasa, pedipalpus seperti kaki digunakan untuk mencari makanan dan juga berfungsi sebagai organ indera.

Baca selengkapnya: Bagaimana laba-laba membuat jaring dari tubuhnya?

Segmen pedipalpal (coxa) yang melekat pada cephalothorax biasanya dimodifikasi untuk membentuk struktur makan.

Ukuran tubuh laba-laba

Panjang tubuh laba-laba 0,5-90 cm. Laba-laba terbesar adalah mycalomorph berbulu, biasa disebut sebagai tarantula, yang ditemukan di iklim hangat dan berlimpah di Amerika Serikat.

Laba-laba pemakan burung Goliath (Mygalomorphs)Theraposa leblondii Atau D. pirang), ditemukan di beberapa bagian Amazon, dan kaki merah muda Goliath (D. apofisis) di Venezuela selatan. Banyak keluarga laba-laba yang sangat kecil ditemukan di daerah tropis.

Laba-laba betina biasanya jauh lebih besar daripada jantan, suatu kondisi yang dikenal sebagai dimorfisme ukuran seksual pada hewan. Banyak laba-laba penenun betina sudah seperti keluarga Tetragnathidae Dan Aranidae, menunjukkan dimorfisme ukuran ekstrim. Setidaknya dua kali lebih besar dari jantan dari spesies yang sama.

READ  Kapal berteriak pada penumpang, dikira hiu raksasa ini McLaughlin

Perbedaan ekstrim dalam ukuran tubuh muncul melalui proses seleksi yang mendukung kesuburan pada wanita dan “jembatan” pada pria yang mendukung penggerak. Menjembatani adalah teknik yang digunakan oleh laba-laba untuk konstruksi web.

Baca selengkapnya: Apakah laba-laba tidur? Jelaskan ilmu

Damian Hagopian/Museum Sejarah Alam, Bern Spesies laba-laba baru (Curious minuano) dari Brasil. Spesies laba-laba ke-50.000 yang terdaftar di Katalog Laba-laba Dunia (WSC).

Laba-laba menghasilkan benang sutra yang dibawa angin dan akhirnya menempel pada benda, menciptakan jembatan.