Februari 5, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Pemilu Malaysia: Senja Karir Politik Mahathir Mohamad

KOMPAS.com, Kuala Lumpur – Pada usia hampir satu abad, Mahathir Mohammad Mereka masih menunjukkan minat dalam politik.

Politisi veteran berusia 97 tahun itu memutuskan untuk kembali bertarung sebagai Anggota Parlemen Malaysia untuk mewakili Daerah Pemilihan (Tabil) Langkawi.

Setelah mengumumkan pengunduran dirinya yang kedua dari politik awal tahun ini setelah menderita masalah jantung, Mahathir membalikkan keputusannya.

Baca selengkapnya: Mahathir Mohamad yang berusia 97 tahun akan kembali bertarung sebagai anggota Parlemen Malaysia

Akankah pemilih Malaysia mempercayai Mahathir lagi?

Prestise politik Mahathir telah memudar

Ini berbeda dari ketika saya bertanggung jawab empat tahun lalu Aliansi Iman Itu adalah kesuksesan yang mengejutkan pemilu malaysia Pada Mei 2018, pamor politik Mahathir memudar kali ini.

Meskipun ia masih dihormati dan dihormati sebagai “dekat” modern, banyak pemilih sering menyalahkannya atas jatuhnya koalisi Pakatan Harapan yang memimpin Malaysia selama 22 bulan.

Pendukung Pakatan Harapan mengkritik penolakan Mahathir untuk menyerahkan kekuasaan. Anwar Ibrahim Sepakat.

Keputusannya yang tiba-tiba untuk mengundurkan diri dipandang sebagai kesalahan politik, memicu krisis politik yang berlangsung lama dan membuka jalan bagi kembalinya partai tersebut. Umno (Organisasi Nasional Melayu Bersatu) ke puncak kekuasaan.

Akibatnya, popularitas Mahathir anjlok, terutama di mata pemilih Tionghoa Malaysia dan perkotaan yang setia kepada Pakatan Harapan.

Mahathir, yang terkenal dengan kebijakan Bhumiputra-nya, berusaha untuk memenangkan kembali hati orang-orang Melayu, yang telah menerima banyak konsesi ketika dia memimpin Malaysia dari tahun 1981 hingga 2003.

Namun, setelah dia memimpin koalisi multi-ras Pakatan, para pemilih Melayu, yang dicurigai mengasingkan mayoritas etnis Malaysia, tidak sepenuhnya mempercayainya.

Orang-orang Melayu mengejek etnis Tionghoa Malaysia yang setara dengan Partai Aksi Demokratik (DAP) yang menyanderanya.

READ  Taktik bocor Jose Mourinho menghancurkan kota manusia

Faktor usia dan regenerasi politik juga menjadi pertimbangan pemilih. Tak sedikit yang mempertanyakan keputusan suami Sidi Hazma.

Para pemilih muda khususnya ingin Mahathir menyerahkan tongkat estafet kepada generasi muda politisi.

Baca selengkapnya: Mahathir: Malaysia Harus Klaim Kepulauan Riau dan Singapura

Lobi Aliansi Jilid Dua dengan Anwar Ibrahim

Foto AFP/Arif Cardono Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad (kanan) dan anggota parlemen oposisi Anwar Ibrahim (kiri) berbicara saat demonstrasi menyerukan pengunduran diri Perdana Menteri Muhyiddin Yassin di Kuala Lumpur, Senin (2/8/2021).

Sebagai politikus yang makan banyak asam selama delapan dekade, Mahathir tentu tahu posisi politiknya saat ini.

Tidak ada jaminan dia akan menang dengan mudah di Langkawi. Bahkan, kemungkinan kegagalan yang memalukan sangat mungkin terjadi.

Jika Pakatan Harapan memutuskan untuk mengajukan calon di pulau wisata, suara anti-Mahathir bisa pecah. Perpecahan suara akan menguntungkan calon UMNO yang popularitasnya terus meningkat.

Mahathir telah menciptakan kendaraan politik baru, Partai Pejuang Tanah Air, untuk memimpin Aliansi Gerakan Nasional.

Namun, Aliansi Nasionalis Melayu dianggap terlalu lemah untuk mengikuti pemilu. Pengamat politik memperkirakan daerah pemilihan Mahathir merupakan satu-satunya daerah pemilihan yang bisa dimenangkan aliansi ini dalam pemilihan umum Malaysia yang akan diselenggarakan pada 19 November 2022.

Tidak heran Mahathir membujuk Anwar untuk kembali ke aliansi. Mahathir ingin menghindari perpecahan suara oposisi.

Baca selengkapnya: Pemilu Malaysia: Anwar, Mahathir, Aliansi Muhyiddin Gagal, Akankah UMNO Berjalan Lancar?

Namun, sejauh ini Anwar menanggapi dengan dingin Mahathir. Pemimpin oposisi tidak terlalu memperhatikan peringatan Mahathir bahwa oposisi yang terpecah hanya akan menguntungkan UMNO.

Secara politik, Anwar menghadapi dilema antara pendukung Pakatan Harapan, yang masih marah terhadap Mahathir, dan oposisi yang terpecah.

READ  Turki memperkenalkan lautan, ketakutan dunia

Mahathir juga melobi Aliansi Nasional Pergatan, yang dipimpin oleh mantan perdana menteri Mukaiddin Yassin. Sejauh ini belum ada pertemuan antara dua politisi yang sebelumnya menjadi mitra partai di Persattu.

Seorang politisi berjuluk Dr. M percaya dia bisa menjadi salah satunya pembuat raja Jika tidak ada koalisi yang mendapat kursi mayoritas di House of Commons. Namun, pertanyaan terbesar sekarang adalah apakah Mahathir dapat memenangkan konstituensi lain di Langkawi.

Baca selengkapnya: Meskipun dipenjara atas tuduhan korupsi, Najib Razak masih menjadi raja politik Malaysia.

Dapatkan pembaruan berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Gabung grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.