Februari 6, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Pengertian, Bagian dan Fungsi Inti Sel Tumbuhan

Nukleus adalah inti sel yang mengandung sebagian besar gen. Inti berfungsi sebagai pusat kendali genetik yang dikelilingi oleh dua membran paralel. Pori-pori hadir dalam bentuk pori-pori yang disebut sitoplasma. Nukleus berbentuk oval dan dilindungi oleh selaput inti (nuclear membrane).

Mengutip sebuah buku Biologi: Volume 2, Sitoplasma tersusun atas sitosol. Susunan ini adalah pulp dan organ. Sitosol mengandung kerangka sel yang mengatur pergerakan sel dan kromosom.
Ada empat jenis komponen membran inti yaitu nukleoplasma, kromosom dan nukleolus. Nukleus memainkan peran penting dalam mengatur pertumbuhan sel. terus menerus Aktivitas nuklir Pada sel tumbuhan dan hewan.

Fungsi nukleus

  1. Mengontrol metabolisme dalam sel
  2. Mengatur kapan ekspresi gen dimulai, dimulai, dan diakhiri
  3. Replikasi (replikasi DNA) dan transkripsi (replikasi DNA)
  4. Menyimpan informasi genetik dalam bentuk DNA
  5. Mengontrol pertumbuhan sel

Pembagian Nukleus

Inti (Modul Biologi 2)

1. Nukleolus (nukleus)

Fungsi nukleolus adalah sintesis berbagai molekul RNA (asam ribonukleat). Nukleolus digunakan untuk merakit ribosom.

2. Nukleoplasma (cairan nuklir)

Nukleoplasma terdiri dari protein, enzim, air, ion, dan asam nukleat. Sifat nukleoplasma seperti benang penyerap gel, kromatik atau warna. Nukleoplasma berperan dalam pembelahan sel.

3. Kromatin butiran

Nukleoplasma mengandung sel-sel pembagi yang disebut butiran kromatik. Sel memadat menjadi struktur seperti benang yang disebut kromosom. Fungsi kromosom adalah untuk menyampaikan informasi genetik sambil mensintesis protein.

Struktur sel

Organisme tersusun atas satu sel (uniseluler) dan banyak sel (multiseluler). Setiap sel memiliki fungsi dan struktur yang berbeda. Struktur sel pada tumbuhan dan hewan adalah sebagai berikut:

1. Membran plasma

Membran plasma adalah membran yang membatasi isi sel dan sekitarnya. Membran ini terdiri dari fosfolipid dan protein (lipoprotein). Fungsi membran plasma adalah untuk melindungi dan membungkus isi sel. Selain itu, membran plasma bertindak sebagai saluran masuk dan keluarnya zat.

READ  Deskripsi efek overlay yang membuat aktor Star Trek merasa seperti berada di kuburan saat berada di luar angkasa

2. Inti

Nukleus adalah inti sel yang dilindungi oleh selaput inti (nuclear membrane). Di dalam inti adalah kontrol fungsi sel. Inti terdiri dari nukleus (bayi nukleus), nukleoplasma (cairan inti) dan partikel kromatin.

3. Sitoplasma

Sitoplasma adalah cairan sel di dalam membran plasma tetapi di luar nukleus. Sitoplasma tersusun atas struktur sel (sitoskeleton) dan organel. Fungsi sitoplasma adalah sebagai tempat penyimpanan bahan kimia untuk proses metabolisme. Bahan kimia termasuk enzim, protein dan lipid. Selain itu, sitoplasma memfasilitasi organel dalam sel bergerak.