Juli 4, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Gerhana Matahari © pixabay.com

Pengertian gerhana matahari dan jenis-jenisnya

Brilio.net – Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang menarik perhatian manusia. Tentu saja, setiap kali peristiwa ini terjadi, banyak orang di bumi ingin melihatnya.

Pengertian gerhana matahari

Kredit foto: pixabay.com

Gerhana matahari adalah suatu keadaan di mana sinar matahari terhalang untuk mencapai bumi karena bulan berada di antara matahari dan bumi.

Saat bulan mati, bayangan kerucut ini menutupi permukaan bumi, menggelapkan atau menggelapkan sisi bumi yang tertutup bayangan bulan.

Anda mungkin menyukai ini

Gerhana matahari adalah fenomena alam yang umum, tetapi pesonanya tidak pernah hilang.

Gerhana Matahari © pixabay.comFoto: pixabay.com

Secara sederhana, gerhana matahari Ketika matahari, bulan dan bumi berada dalam satu garis lurus, sinar matahari terhalang oleh bulan dan tidak sampai ke bumi.

Tersumbatnya sinar matahari ini menyebabkan adanya bayangan bulan yang menutupi beberapa bagian bumi. Gerhana terjadi di daerah yang tertutup bayangan bulan.

Bulan membutuhkan 29,5 hari untuk mengorbit Bumi. Setiap 29,5 hari Bulan kembali ke posisi semula, yaitu Matahari, Bulan dan Bumi sejajar. Namun, tidak selalu garis lurus. Ini karena orbit Bulan miring 5 derajat di atas orbit Bumi.

Jadi ketika Matahari, Bulan dan Bumi sejajar, Bulan akan lebih tinggi atau sedikit di bawah garis Matahari dan Bumi. Inilah sebabnya mengapa tidak ada gerhana matahari setiap 29,5 hari (1 bulan). Selama gerhana matahari, bulan menghasilkan tiga jenis bayangan. Nuansa ini disebut umbra, penumbra dan antumbra.

(brl / ola)

READ  Belum Siap, Rilis Penerus Teleskop Hubble NASA Ditunda