Februari 7, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Pengertian RAM (Random Access Memory) dan fungsinya dalam sistem

RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu perangkat keras pada komputer yang memegang peranan penting dalam kinerja sistem. Bagi yang mempelajari ilmu komputer perlu mengetahui tentang pengertian dan fungsi dari RAM.

Bagi anda yang pernah split PC desktop pasti sudah mengetahui apa itu RAM, dimana dan bagaimana cara kerjanya. Tapi, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang fungsionalitas RAM, Anda bisa menanyakan ulasan berikut ini.

Apa itu RAM

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yang artinya ketika sebuah perangkat keras pada komputer berjalan sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) maka akan dieksekusi dengan cepat ketika komputer sedang berjalan untuk menjalankan suatu perintah. Oleh karena itu, semakin banyak RAM yang dimiliki sistem, semakin cepat sistem akan mengeksekusi perintah.

Misalnya, Anda memiliki Komputer Buka software/program desktop dan Photoshop dengan RAM 2GB. Butuh PC 5-10 detik untuk masuk ke program Photoshop. Tapi, ketika Anda menambahkan RAM 4GB, proses login ke program hanya membutuhkan waktu 2-3 detik.

Hal lain bisa sangat berpengaruh ketika Anda menjalankan program lain atau bermain game. Loading akan memakan waktu lebih lama bila Anda menggunakan lebih sedikit RAM.

RAM memiliki banyak konfigurasi, yaitu:

  1. Penyimpanan input adalah penyimpanan/penempatan input data dan perintah
  2. Penyimpanan Program, fungsinya untuk menjalankan algoritma program
  3. Repositori kerja yang menyimpan data yang akan diproses dan hasil prosesnya
  4. Publish storage adalah fungsi yang memungkinkan hasil akhir data ditampilkan pada perangkat output.

Fungsi dan jenis RAM di komputer

Padahal hanya dari pengertiannya saja kita sudah mengetahui bahwa fungsi RAM adalah sebagai tempat penyimpanan sementara ketika program sedang berjalan di sistem. Semakin tinggi kapasitas RAM, semakin cepat proses pemrograman.

  • Pembacaan Data – Proses membuka kunci data yang tersimpan di hard disk cepat
  • Cache – RAM sebagai cache saat program sedang berjalan
  • Tingkatkan kinerja grafis

Fungsi RAM sama seperti pada komputer dan handphone, tempat penyimpanan data sementara saat program sedang berjalan. Anda harus akrab dengan 3 jenis RAM termasuk Dynamic RAM, Synchronous Dynamic RAM, Double Rate RAM, Rampus Dynamic RAM dan EDO RAM.

Nah itulah ulasan mengenai pengertian RAM komputer beserta penjelasan fungsi RAM. Semoga bermanfaat.

READ  Sangat mudah dan bisa di coba, cara download foto instagram di hp dan pc