Penyebaran Virus Corona di Indonesia Terus Meluas

Portal Teater – Penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia terus meluas sejak pertama kali teridentifikasi melalui dua pasien di Depok, Jawa Barat, awal Maret lalu.

Kini, sudah 22 provinsi yang terpapar virus mematikan ini. Tiga provinsi diantaranya, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten, adalah yang paling menderita.

Di Jakarta sendiri tercatat ada 353 kasus dengan 29 orang meninggal dan 23 sembuh. Lalu disusul Jawa Barat dengan 59 kasus, 9 orang diantaranya meninggal dan 5 orang lainnya sembuh. Sementara di Banten ada 56 kasus dengan 3 orang meninggal.

Selain itu, Covid-19 juga memukul warga di Yogyakarta, Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau, Jambi, Riau, Lampung, Sulawesi Utara, Sumatera Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, dan Papua.

Laporan resmi pemerintah pada Senin (23/3) mengatakan, jumlah pasien positif terinfeksi Covid-19 pun terus meningkat menjadi 597 kasus, dengan yang meninggal menjadi 49 orang, sementara 30 pasien lainnya dinyatakan sembuh.

“Jumlah kasus bertambah 65 dari data kemarin. Sehingga total kasus hari ini menjadi 579 orang,” kata Juru Bicara Achmad Yurianto, Senin (23/3).

Sebaran pasien yang meninggal dunia, tercatat di DKI Jakarta (29 orang), Jawa Barat (9 orang), Jawa Tengah (3 orang), Banten (3 orang), Bali (2 orang), Jawa Timur (1 orang), Sumatera Utara (1 orang), Sulawesi Selatan (1 orang).

Hingga pagi ini, Selasa (24/3), belum ada laporan resmi mengenai perkembangan jumlah kasus terinfeksi Covid-19. Artinya, belum ada korban baru dari virus baru ini.

Presiden Joko Widodo saat mengecek RS Darurat Corona di Wisma Atlet. -Dok. Kementerian PUPR
Presiden Joko Widodo saat mengecek RS Darurat Corona di Wisma Atlet. -Dok. Kementerian PUPR

Kasus Global

Penyebaran Covid-19 secara global pun terus meningkat. Kini sudah lebih dari 160 negara telah melaporkan temuan kasus positif virus yang mengancam nyawa ini.

Laporan John Hopkins University, Selasa (24/3), menyebutkan, jumlah total kasus infeksi virus corona di dunia telah mencapai 378.287 kasus.

Dari jumlah tersebut, 16.497 pasien atau sebesar 4,36 persen dari total kasus dinyatakan meninggal dunia. Sementara, 100.958 pasien diantaranya atau sekitar 26,69 persen dari total kasus dinyatakan sembuh.

China menjadi negara yang paling terpukul oleh kasus ini sejak pertama kali ditemukan di Wuhan, salah satu provinsi di negeri itu. Ada 81.496 kasus yang dilaporkan dengan 72.819 pasien sembuh dan 3.274 lainnya meninggal.

Italia adalah salah satu negara di Eropa yang paling menderita, di mana sampai saat ini tercatat ada 59.000 kasus, dengan 5.476 orang meninggal.

Sejak 12 Maret lalu otoritas telah menetapkan kebijakan lockdwon. Setelah berakhir pada 25 Maret, pemerintah Italia pun telah memperpanjang masa lockdown.

Penderitaan akibat virus ini pun dialami hampir seluruh negara di dunia. Negara yang menyusul Italia adalah Amerika Serikat dan Spanyol.

Pejabat kesehatan AS melaporkan, ada lebih dari 100 kematian yang berhubungan dengan virus corona dalam satu hari untuk pertama kalinya sejak wabah terjadi.

Jumlah ini menambah total kematian di seluruh wilayah AS menjadi 533 orang. Kematian terbanyak terjadi di New York, yaitu 158 kasus.

Pada Senin (23/3) sejumlah 313.000 tes corona telah dilakukan dan lebih dari 41.000 orang dinyatakan positif.

Hari ini, Selasa (24/3), total jumlah kasus di AS telah mencapai 43.214 kasus, dengan 552 kematian, dan belum ada pasien yang dinyatakan sembuh.

Di Spanyol otoritas telah mengeluarkan kebijakan lockdown hingga 11 April mendatang menyusul terpaparnya negara itu dari virus corona. Laporan resmi menyebutkan, ada 33.089 kasus infeksi corona di Spanyol dengan 2.182 orang meninggal.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pun telah memerintahkan penutupan wilayah atau lockdown untuk mengendalikan penyebaran virus corona.

Boris mengimbau seluruh penduduk untuk tinggal di rumah dalam rangka menekan pertumbuhan Covid-19 dan melindungi sistem layanan kesehatan.

Demikian halnya di Jepang, India, Selandia Baru, Singapura dan Malaysia, serta masih banyak negara lainnya, telah menetapkan kebijakan lockdown.*

Baca Juga

Pasien Positif Corona Diprediksi Melonjak Setelah “Rapid Test”

Portal Teater - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Doni Monardo mengatakan kepada Kompas TV, Rabu (25/3), bahwa jumlah pasien positif virus corona...

31 Film Hollywood Terdampak Virus Corona

Portal Teater - Hollywood sebagai simbol bisnis hiburan terbesar dunia sepenuhnya merasakan efek pandemi virus corona (Covid-19) yang kini sedang melanda dunia. Setidaknya ada 31...

Transmisi Virus Corona Tak Terbendung, AS Terbanyak

Portal Teater - Transmisi virus corona terus meluas. Ini menunjukkan bahwa penyebaran corona makin tak terbendung di tengah ketidaksiapan dan kelambanan negara-negara untuk mencegahnya....

Terkini

Tujuh Program Studiohanafi Ditunda Karena Corona

Portal Teater - Meluasnya penyebaran virus corona, di mana saat ini tercatat sudah 27 provinsi di Indonesia terpapar dan mungkin akan menghantam seluruh penduduk,...

Merayakan Hari Teater Dunia Di Tengah Corona

Portal Teater - Keprihatinan yang mendalam saya sampaikan kepada seluruh rekan teater Indonesia yang sejak Februari 2020 harus membatalkan atau mengundurkan waktu pertunjukkan. Hal itu...

Cegah Covid-19 Baru, China Batasi Akses Wisatawan Asing

Portal Teater - Untuk mencegah penyebaran virus corona baru, otoritas China sementara waktu akan menutup perbatasannya untuk sebagian besar wisatawan asing. Penutupan akses tersebut...

Transmisi Virus Corona Tak Terbendung, AS Terbanyak

Portal Teater - Transmisi virus corona terus meluas. Ini menunjukkan bahwa penyebaran corona makin tak terbendung di tengah ketidaksiapan dan kelambanan negara-negara untuk mencegahnya....

Dewan Kesenian Inggris Luncurkan Rp2,9T Untuk Sokong Industri Seni

Portal Teater - Dewan Kesenian Inggris atau Arts Council England (ACE) telah meluncurkan paket tanggap darurat senilai £160 juta atau setara Rp2,9 triliun (kurs...