Agustus 11, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Perbedaan RAM dan ROM tertera pada halaman Spesifikasi HP dan Laptop

KOMPAS.com – Saat membeli sebuh telepon genggam Atau Laptop Tentunya calon pembeli harus memperhatikan spesifikasinya. Kualitas kamera, baterai, dan ingat. Salah satu hal yang paling menjadi fokus pelanggan biasanya adalah kapasitas memori.

Jenis memori pada spesifikasi laptop dan HP terbagi menjadi dua, yaitu memori utama (main memory).RAM) dan disebut media penyimpanan Roma. Terkadang bagi sebagian pengguna, RAM dan ROM masih menjadi pertanyaan.

Meski terlihat mirip, RAM dan ROM memiliki fungsi dan peran yang berbeda di ponsel. Berikut adalah penjelasan tentang semua yang perlu Anda ketahui tentang kedua jenis memori ini secara lengkap KompasTekno.

Baca selengkapnya: Jika RAM virtual diketahui, apakah itu benar-benar dapat meningkatkan kinerja ponsel?

Memori Akses Acak (RAM)

RAM adalah penyimpanan memori sementara saat menggunakan laptop atau ponsel. RAM berguna sebagai memori utama untuk menyimpan data dari program yang sedang dijalankan.

Data yang tidak lagi berjalan akan dibersihkan dari memori utama dan ruang dapat digunakan untuk aplikasi lain.

Jika memori penuh, aplikasi harus menggunakan ruang memori secara bergantian, menyebabkan kinerja ponsel melambat atau pengguna melakukan panggilan “lambat”, terutama saat beralih aplikasi.

Oleh karena itu, semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak pula data program yang dapat ditampung, sehingga meningkatkan kinerja ponsel atau laptop saat menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan.

RAM itu sendiri memiliki properti tidak stabil Artinya data di dalamnya tidak bisa disimpan secara permanen. Data akan terhapus jika listrik padam karena baterai habis atau perangkat dimatikan.

Baca selengkapnya: Inilah perbedaan antara RAM, ROM dan memori penyimpanan data

Memori Hanya Baca (ROM)

Pikiran Co Roma

ROM adalah komponen memori yang berguna untuk menyimpan program di laptop dan komputer Terampil. ROM ini berguna untuk menyimpan berbagai item mengajukan. Suka itu mengajukan Musik, gambar, dan video.

READ  Cara Mengimpor Bookmark dari Chrome ke Firefox

Berbeda dengan RAM, ROM menyimpan data di ponsel atau laptop saat perangkat dimatikan. ROM biasanya berupa chip memori flash eMMC/UFS yang tertanam pada motherboard secara terpisah dari Soc.

ROM memiliki peran yang serupa Keras/SSD pada komputer yang menyimpan data program dan dokumen pengguna. ROM biasanya mengacu pada partisi khusus pada media internal (akar) penyelesaian firmware Sistem operasi perangkat dan dilindungi agar tidak ditulis secara bebas.

Namun, bagian ROM pada media internal dapat ditulis ulang dengan mem-flash-nya, diisi dengan sistem operasi yang dimodifikasi. Istilah ROM sering digunakan untuk jenis penyimpanan yang diprogram tanpa menulis ke data lain, sehingga hanya dapat dibaca (Baca saja)

Baca selengkapnya: Xiaomi sedang mengembangkan MIUI Go untuk ponsel dengan RAM terbatas

Spesifikasi RAM dan penyimpanan biasanya ditulis bersama. RAM biasanya memiliki jumlah yang kecil. Misalnya, “8GB / 128GB” berarti ponsel atau laptop memiliki RAM 8GB dan penyimpanan 128GB.

Dapatkan pembaruan Berita Ujian Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Gabung grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.