Februari 6, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Pesawat ruang angkasa Orion siap untuk kembali ke Bumi dari orbit bulan

Pesawat ruang angkasa Orion siap untuk kembali ke Bumi dari orbit bulan

Memuat…

Pesawat ruang angkasa Orion dari misi Artemis 1 NASA memulai keberangkatannya dari orbit bulan. Foto/NASA

Florida – Pesawat ruang angkasa Orion dari misi Artemis 1 NASA mulai mengorbit bulan . Pesawat luar angkasa Orion dijadwalkan mengalami pembakaran mesin selama 105 detik pada Kamis (12/1/2022).

Kehabisan mesin menandai dimulainya keberangkatan kapsul Orion dari orbit bulan dan langkah pertama dalam perjalanan panjangnya kembali ke Bumi. Orion diluncurkan dengan roket Space Launch System (SLS) pada 16 November 2022, memulai misi Artemis 1 NASA yang sangat dinantikan.

Seperti namanya, Artemis 1 adalah penerbangan pertama dalam program Artemis NASA, yang bertujuan untuk mendirikan pangkalan manusia di dekat kutub selatan Bulan. Misi Artemis 1 diluncurkan untuk membuktikan bahwa SLS dan Orion siap membawa astronot ke luar angkasa.

Baca juga; Potret pesawat ruang angkasa Orion dari permukaan bulan, terlihat di sini

Jika semua berjalan lancar dengan misi Artemis 1, misi Artemis 2 akan mengirim astronot mengelilingi bulan pada tahun 2024 dan Artemis 3 akan mendaratkan astronot di permukaan bulan setahun kemudian. Sejauh ini bagus, SLS melakukan tugasnya meluncurkan muatan tanpa hambatan, dan Orion mengorbit bulan.

Salah satu tonggak terpenting adalah penyisipan ke dalam Deep Retrograde Orbit (TRO) di sekitar Bulan, yang dicapai pesawat ruang angkasa pada 25 November melalui pembakaran mesin. Pada Rabu 30 November 2022, tim Artemis 1 mengadakan rapat untuk memutuskan apakah Orion siap keluar dari TRO atau tidak, dan keputusan sudah bulat.

“Semua anggota tim manajemen misi kami berkomitmen untuk membawa Orion kembali ke Bumi,” kata manajer misi Artemis Mike Sarafin seperti dikutip Space saat konferensi pers Rabu (30/11/2022) malam. Jadi waktu Orion di TRO berakhir pada Kamis, 1 Desember 2022.

Kapsul Orion akan melakukan perjalanan ruang angkasa singkat sebelum mendarat di Bumi pada 11 Desember 2022. Orion dijadwalkan menggunakan parasut untuk mendarat di Samudera Pasifik lepas pantai California.

READ  Rumah minimalis dengan atap miring membuat tampilan luarnya semakin sempurna

Baca juga; Pada 270.000 mil dari Bumi, posisi Orion adalah jarak terjauh yang pernah tercatat.

NASA dan Angkatan Laut AS sedang mempersiapkan kembalinya Orion. Para kru juga melakukan operasi pemulihan yang menyelesaikan misi Artemis 1.

(wib)