Desember 7, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Pesawat ruang angkasa rahasia China akan bertahan 18 hari di orbit

Pesawat ruang angkasa rahasia China akan bertahan 18 hari di orbit

Memuat…

Pesawat ruang angkasa rahasia China telah membuat rekor penerbangan tak berawak selama 18 hari. Foto/Forbes

Beijingpesawat luar angkasa Pesawat luar angkasa tak berawak rahasia China. Pesawat uji yang dapat digunakan kembali diluncurkan dari landasan peluncuran Jiuquan di gurun Gobi. Cina pada 4 Agustus 2022 dengan roket Long March 2F.

Ukuran fairing roket dan penampakan dan pengamatan amatir oleh Angkatan Luar Angkasa AS semuanya menunjukkan kesamaan dengan X-37B Amerika yang dikembangkan oleh Boeing. Bedanya, pesawat luar angkasa China lebih kecil.

Ini tampaknya menjadi penerbangan kedua China dari pesawat ruang angkasa X-37B AS. Pada Senin, 22 Agustus 2022, pesawat ruang angkasa China diluncurkan pada 4 Agustus dan kini telah mengorbit selama 18 hari.

Baca juga; Pesawat ruang angkasa China mengorbit bulan selama seminggu sebelum kembali ke Bumi

Sejauh yang diketahui siapa pun di luar program luar angkasa dan militer China, pesawat ruang angkasa China diyakini telah terbang untuk pertama kalinya pada tahun 2020. Saat itu, pesawat luar angkasa China berhasil mengorbit selama dua hari.

“Seperti misi ulang-alik 2020, setidaknya satu satelit kecil tampaknya telah diluncurkan dengan pesawat ruang angkasa,” kata Space News.

Foto satelit menunjukkan landasan pendaratan yang diduga digunakan oleh Penerbangan 2020 sedang dipersiapkan kembali, tetapi belum ada pendaratan yang dilaporkan. Pesawat berhasil mendarat tanpa terdeteksi atau tidak dilaporkan oleh pengamat orbit.

Baca juga; Dengan berat 5.000 kg, pesawat ruang angkasa China membawa sejumlah peralatan canggih.

Namun, tidak mungkin Angkatan Luar Angkasa AS akan melacak keberadaan pesawat ruang angkasa melalui kameranya. Juga, pesawat ruang angkasa X-37B telah menerbangkan misi rahasia selama lebih dari satu dekade.

READ  Hari ini lautan dunia kehilangan 'ingatan' karena perubahan iklim

Misi penerbangan yang melihat pesawat terbang terus menerus di atas Bumi selama lebih dari dua tahun. Faktanya, saat ini ada di depan kita dalam misi yang telah berlangsung lebih dari 800 hari.

(Internet)