Juli 18, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

“PHP” Apple untuk Indonesia, temui Jokowi, buka Apple Store pertama di Malaysia

“PHP” Apple untuk Indonesia, temui Jokowi, buka Apple Store pertama di Malaysia

KOMPAS.comapel Fanboys (penggemar berat gadget Apple) di negara tetangga boleh bergembira toko apel Resmi dibuka di Malaysia. Namun hal tersebut berbeda dengan Apple Fanboy di Indonesia yang harus menelan kenyataan pahit.

Bagaimana tidak, pada April lalu, CEO Apple Tim Cook berkunjung ke Indonesia dan bertemu langsung dengan presiden pertama Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk menebar janji investasi bagi Tanah Air.

Baca Juga: Apple Jelaskan Alasan iPhone Lama Tidak Punya Fitur AI

Namun Apple terkesan “PHP” (memberi harapan palsu) dan malah membuka Apple Store di negara tetangga terlebih dahulu. Bahkan, Apple Gadget Store resmi menjadi salah satu wujud kehadiran Apple yang paling dinantikan di Indonesia.

Apple Store ketiga di Asia Tenggara tidak ada di Indonesia

Di kawasan Asia Tenggara, Apple Store hanya tersedia di tiga negara, termasuk yang baru dibuka di Malaysia. Toko Apple Malaysia Ini akan menjadi toko Apple ketiga yang dibuka di kawasan Asia Tenggara.

Sekadar informasi, Apple Store pertama di Malaysia bernama “Apple The Exchange TRX” dibuka Sabtu lalu, 22 Juni 2024 pukul 10.00 waktu setempat.

apel Bagian depan Apple Store The Exchange TRX di Kuala Lumpur, Malaysia terhubung ke atrium utama mal The Exchange TRX.

Apple Store ini terletak di The Exchange TRX Shopping Centre (Mall) di L1.40 The Exchange TRX, Persiaran TRX, Tun Razak Exchange, 55188 Kuala Lumpur.

Jauh sebelum Apple Store Malaysia, Apple sudah lama membuka Apple Store di negara tetangga Indonesia, Singapura dan Thailand. Apple Store Singapore atau Apple Orchard Road dibuka pertama kali pada 27 Mei 2017.

READ  Pesaing Fortuner laku keras, indent sampai 2023

Setelah kurang lebih setahun, Apple Store Thailand atau Apple Iconsiam resmi dibuka pada 7 November 2018. Setelah lebih dari lima tahun, Apple akhirnya membuka Apple Store ketiganya di kawasan Asia Tenggara, yakni di Malaysia, bukan Indonesia.

Apple Store yang sudah lama ditunggu-tunggu di Indonesia

Apple Fanboys di Indonesia mungkin akan sangat kecewa memiliki Apple Store di Malaysia. Kehadiran Apple Store di Indonesia sudah lama ditunggu-tunggu karena akan memberikan manfaat bagi penggunanya.

Contoh yang baik adalah ketika Apple Store dibuka di Indonesia, di mana pengguna dapat mengakses layanan purna jual (Setelah terjual) bahkan lebih mudah. Jika terjadi kerusakan pada produk Apple yang dibeli, pengguna dapat dengan cepat mengklaim garansi.

Lalu, keuntungan lainnya adalah pengguna bisa mendapatkan gadget Apple yang baru dirilis dengan cepat. Jika ada Apple Store di Indonesia, maka jadwal rilis gadget baru di Indonesia akan sama atau setidaknya tidak terlalu jauh dari jadwal rilis global.

Dengan keunggulan tersebut, tak heran jika kehadiran Apple Store sangat ditunggu-tunggu di Indonesia. Saat Tim Cook berkunjung ke Indonesia, banyak netizen yang berharap akan muncul Apple Store di Indonesia di akun resmi X mereka. Menangani @tim_masak.

Tak hanya netizen, pemerintah juga meminta Tim Cook meminta Apple membuka toko Apple di Indonesia.

Saat Tim Cook berkunjung ke Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menjelaskan tanggapan Apple terhadap permintaan pembukaan Apple Store di Indonesia.

READ  Penggunaan ponsel dilarang di SPBU, jadi mengapa Bertamina sangat mendorong pembelian bahan bakar non tunai melalui ponsel?

Saat ditemui di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2024), Budi mengatakan Apple “belum langsung menyetujui” pembukaan Apple Store.

Baca Juga: Sekilas Tentang Apple Store Pertama di Malaysia

Janji Manis Apple di Indonesia

Apple Store sudah ada di Malaysia, Indonesia hanya mendapat “janji manis” Apple yang sebenarnya tidak “manis”. April lalu, saat Tim Cook datang ke Indonesia, Apple berjanji akan berinvestasi di Indonesia.

Pada 17 April 2024, Tim Cook bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Tim Cook menyatakan komitmen Apple untuk berinvestasi di Indonesia.

CEO Apple Tim Cook bertemu Presiden Joko Widodo di Istana MerdekaChris – Biro Pers Sekretariat Presiden CEO Apple Tim Cook bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka

Menteri Perindustrian (Menberin) Agus Kumiwang yang mendampingi Presiden Jokowi saat bertemu dengan Tim Cook mengatakan Apple telah menandatangani kesepakatan investasi baru senilai Rp 1,6 triliun.

Investasi tersebut digunakan untuk membangun infrastruktur pendidikan di lokasi baru di Bali melalui program Apple Developer Academy yang keempat. Sebelumnya Apple Developer Academy telah tersedia di Tangsel, Padam, dan Surabaya.

Meski demikian, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan hingga akhir April lalu, belum ada konfirmasi dari Apple mengenai investasi yang dijanjikan sebelumnya kepada pihaknya.

Meski demikian, Bahlil mengatakan hal tersebut bukan berarti Apple membatalkan janji investasinya di Indonesia. Sebab, komitmen Apple mungkin sudah dikomunikasikan kepada kementerian teknologi lainnya.

Dari pernyataan tersebut, investasi Apple masih sebatas janji. Lebih buruk lagi, itu masih berupa janji, sebuah nilai Apple berinvestasi di Indonesia Ternyata tidak sebesar tetangganya.

Sekadar informasi, selain Indonesia, Tim Cook juga mengunjungi Singapura dan Vietnam pada April lalu. Di kedua negara tersebut, Apple memberikan nilai investasi yang lebih tinggi dibandingkan di Indonesia.

READ  Suzuki Hayabusa generasi terbaru telah resmi diluncurkan dengan tampilan dan mesin baru pada tampilan ini

Di Vietnam, Apple memberikan investasi senilai 400 triliun dong Vietnam (sekitar Rs 255 triliun). Dengan peningkatan investasi di Vietnam, Apple juga telah menciptakan 200.000 lapangan kerja.

Sementara di Singapura, Apple juga menginvestasikan lebih dari US$250 juta (sekitar Rp 4 triliun). Pendanaan tersebut diberikan untuk memperluas kantor Apple di distrik Ang Mo Kio Singapura.

Selain sibuk mengumbar janji-janji manis, Apple belakangan ini gencar berpromosi di Indonesia. Miliki akun YouTube dengan Apple Menangani @AppleIndonesia untuk memposting lebih banyak video yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Baca Juga: Huawei HarmonyOS Lahir Tahun 2021 Karena Sempat Diblokir AS Kini Kalahkan Apple iOS

Pada halaman profil akun tersebut, akun YouTube Apple Indonesia tampak terhubung dengan 15 akun Apple, termasuk akun utama Apple.

Apple juga gencar beriklan di Indonesia menggunakan TikTok, TV, dan YouTube Indonesia.

Dengan komponen Indonesia, Apple ingin lebih dekat dengan pengguna di Indonesia. Namun, terlepas dari segala kesibukan yang dilakukan Apple, Apple Store Indonesia masih sebatas harapan dan belum diketahui sampai kapan hal tersebut akan terealisasi.

Dapatkan berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Ayo bergabung di saluran WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link tersebut https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.


mendengarkan berita penting Dan Berita khusus Kami ada di telepon Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk mengakses pesan saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.