Juli 18, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Porsche tersebut bertabrakan dengan truk, yang mungkin tidak akan mati jika ada RUP

Porsche tersebut bertabrakan dengan truk, yang mungkin tidak akan mati jika ada RUP

Jakarta, KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu, sebuah insiden terjadi kecelakaan Porsche ujung belakang Truk Mati Bahu pintu tol Di kota sekitar Kuningan, Jakarta Selatan. Sopir tewas di tempat dalam kecelakaan tersebut.

Terlihat pada foto dan video yang beredar, mobil Porsche tersebut tersangkut di bagian belakang truk. Pilar A dan atap truk ambruk, pengemudi langsung tertimpa bak truk hingga tewas di tempat.

Baca Juga: Porsche Tabrak Bagian Belakang Truk, Seberapa Kuat Pilar A?

Adrianto Sugiarto Wiyono, tim teknis ASEAN New Car Assessment Program (NCAP), mengatakan, kasus tersebut bisa dikurangi jika dipasang Rear Underrun Protection (RUP) pada truk.

Galangan kapal. Polres Metro Jakarta Selatan Porsche tersebut bertabrakan dengan bagian belakang truk di tol dalam kota sekitar Kuningen

Masalahnya banyak pengangkut yang tidak mau menggunakan RUP karena bisa dimanfaatkan 'tupai lompat', kata Ryan saat dihubungi Kompas.com baru-baru ini.

“Jadi tantangan tekniknya adalah membuat RUP yang sulit digunakan oleh tupai pelompat,” kata Ryan.

Baca Juga: Porsche Jatuh di Bahu Tol, Ingat Aturannya

Ryan menambahkan, jika RUP ini dilakukan pada truk, maka tabrakan dapat diukur dengan mengakses kondisi uji tabrak di laboratorium. Namun berbeda hasilnya jika kecepatan kendaraan melebihi 60 kilometer per jam.

Porsche tersebut bertabrakan dengan bagian belakang truk di tol dalam kota sekitar KuningenGalangan kapal. Polres Metro Jakarta Selatan Porsche tersebut bertabrakan dengan bagian belakang truk di tol dalam kota sekitar Kuningen

Padahal, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Direktorat Perhubungan Darat (Dietgenhuptat), sudah mengeluarkan rekomendasi terkait penggunaan RUP. Himbauan ini merupakan kelanjutan dari Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 74 Tahun 2021 tentang Perlengkapan Keselamatan Kendaraan Bermotor.

READ  3 Kontroversi Piala AFF U-19 2022, No 1 Bentrokan Vietnam-Thailand: Okeson Bola

Himbauan Direktorat Angkutan Umum Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa RUP sebaiknya dipasang pada gerbong barang, trailer, dan kereta gandeng dengan JBB 5.000 kg ke atas. Bahkan, catatan tersebut juga dijelaskan dalam surat nasehat.


Mendengarkan berita penting Dan Berita khusus Kami ada di telepon Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk mengakses pesan saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.